inspirasi

Dears, Ini 6 Alasan Kamu Enggak Perlu Bersikap Baik-Baik Saja Saat Rapuh

Dears, tidak semua orang dapat dengan mudah mengekspresikan kesedihan mereka di depan orang lain. Banyak faktor yang mempengaruhi, bisa karena orang tersebut memang pendiam, atau tertutup, bisa juga karena sungkan membuat orang lain cemas, atau mungkin ingin jadi sosok yang selalu terlihat kuat.

Perlu kamu ketahui, Dears, menutupi kesedihan dengan berpura-pura bahagia justru akan berdampak buruk untukmu sendiri lho. Nah, berikut ini beberapa alasan yang perlu kamu pahami bahwa tidak perlu bersikap baik-baik saja jika kamu sedang rapuh. Simak yuk!

1. Menahan kesedihan seorang diri tidak baik untuk psikis dan kesehatanmu

Photo by Roberto Nickson on Unsplash

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research, dijelaskan bahwa emosi yang sering dipendam dapat meningkatkan risiko penyakit kanker dan jantung yang merupakan penyumbang angka kematian tertinggi. Ternyata, Dears, energi yang timbul karena emosi adalah energi negatif yang berdampak buruk untuk kesehatan.

Emosi yang ditekan ternyata mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh,bahkan memperburuk kondisi mental. Jadi, ada baiknya untuk lebih terbuka dan berbagi kesedihan dengan bercerita mengenai apa yang sedang kamu rasakan pada orang yang kamu percaya.

2. Menunjukkan rasa sedih bukan berarti lemah, justru ekspresi yang sesuai perasaan akan membuat kamu akan lebih cepat sembuh

 

Photo by Ben White on Unsplash

Tertawa, sedih dan bahagia adalah rasa yang wajar dan tentunya di rasakan oleh semua orang. Setiap individu pastinya pernah bersedih yang diluapkan dengan menangis, ini wajar dan bukan sama sekali indikator bahwa orang tersebut lemah.

Menangislah saat kamu memang ingin menangis, Dears, entah itu di depan sahabatmu atau pun pasanganmu. Jangan berusaha memperlihatkan rasa bahagia padahal hatimu sedang bersedih, tampilkan ekspresi dari perasaanmu yang sebenarnya karena itu jauh lebih menyembuhkan.

3. Bersikap baik-baik saja membuat kamu seolah menghindar dari masalah, padahal rasa sedih memberi ruang untuk merenungi solusinya

Photo by Baylee Gramling on Unsplash

Saat kamu berusaha untuk terlihat baik-baik saja padahal hatimu rapuh, tentunya kamu akan berusaha mencari hal-hal menyenangkan yang akan membantumu melupakan masalah yang sedang kamu hadapi. Nah, tanpa disadari kamu justru telah menjauh dari inti masalah yang seharusnya dapat kamu pecahkan lebih cepat.

Menghibur diri ketika sedang bersedih memang perlu, namun menggantungkan masalah tanpa solusi dengan terus berpura-pura bahagia justru akan membuat masalahmu tidak kelar-kelar, lho, Dears.

4. Kamu tidak akan tahu dari siapa solusi permasalahanmu bisa ditemukan

 

Photo by Trung Thanh on Unsplash

Dears, masalah yang kamu anggap rumit dan pelik bisa jadi sangat mudah pemecahannya bagi orang lain. Dengan menceritakan masalah dan kesedihan yang sedang kamu alami kepada orang lain, kamu akan mendapat nasehat atau pembelajaran yang dapat membesarkan hatimu. Bisa saja kamu mendapat jalan keluar dari permasalahanmu.

5. Terlalu sering menyembunyikan kesedihan dapat membuat emosimu menjadi tidak terbendung dan meledak di kemudian hari

Photo by. lifestyle.okezone.com

Emosi yang terus dipendam justru akan berakibat fatal, karena akan terus menumpuk tanpa penyelesaian. Jika ada permasalahan yang mengganjal, misalnya perlakuan pasanganmu yang keliru maka belajarlah untuk mengutarakan hal tersebut agar pasanganmu dapat memperbaikinya.

Hal ini penting, karena jika kesalahan tersebut terus berulang dan kamu hanya diam pasti suatu saat emosimu akan meledak dan tak bisa dibendung lagi.

6. Dengan bercerita tentang permasalahanmu kepada teman, mereka akan merasa diakui kehadirannya

Photo by Greg Raines on Unsplash

Menceritakan kesedihanmu kepada teman, tidak selalu membuat mereka merasa terbebani. Meminta pertolongan dan berbagi kesedihan adalah hal yang lumrah dalam hidup dan bukan kamu saja saja, orang lain pun membutuhkan hal yang sama.

Ketika kamu memendam masalah sendirian padahal ada teman-teman di sekelilingmu, justru akan membuat mereka merasa tidak dianggap, lho, Dears. Ceritakan apa yang sedang kamu rasakan pada orang yang dapat membuatmu nyaman, dia pasti akan merasa bahwa kehadirannya lebih berarti.

Teruntuk kamu yang selalu tertutup dan selalu memendam masalah seorang diri, yuk belajar lebih terbuka dan jangan ragu untuk membagikan kesedihanmu, ya, Dears.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *