Hidup sehat

Dears, Berikut 5 Langkah Sederhana Memulai Hidup Sehat Bagi Generasi Milenial. Cobain, Yuk!

Hai, Dears!

Di zaman modern sekarang ini, kampanye untuk hidup sehat semakin dikumandangkan. Bukan tanpa alasan, seiring berkembangnya zaman tantangan untuk hidup sehat semakin tinggi, mulai dari mager atau malas gerak, tingkat stres yang tinggi, hingga pilihan makanan tidak sehat yang memanjakan mata dan lidah.

Dears, kesehatan merupakan hal yang paling berharga dalam hidup. Ketika kita sehat, banyak hal yang bisa dilakukan, serta kita bisa mendedikasikan diri untuk lebih bermanfaat bagi lingkungan dan orang-orang di sekitar.

Berikut ini 5 langkah sederhana untuk memulai hidup sehat bagi generasi milenial.

1. Jangan Lewatkan Waktu untuk Berolahraga

Luangkan minimal tiga kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga. Olahraga tidak melulu harus ke tempat gym atau jogging. Sudah banyak panduan olahraga ringan yang tersedia di youtube dan bisa dengan mudah dipraktikkan di rumah. Yang penting ada kemauan, dong. Cukup luangkan waktu 15 sampai 30 menit untuk membuat tubuh bergerak secara aktif hingga mengeluarkan keringat. Alternatif lain, kamu bisa melakukan jalan pagi dan naik turun tangga.

2. Kurangi Asupan Gula

Kenapa, sih, kita harus menjaga asupan gula yang masuk ke dalam tubuh? Dears, jika kita lengah, bukan tidak mungkin di usia muda dan produktif kita sudah terkena penyakit diabetes. Jika sudah terkena diabetes, maka akan membuka gerbang penyakit lain, seperti jantung dan stroke. Jangan terlena dengan makanan dan minuman yang dijajakan di zaman sekarang ini yang mengandung ‘gula tersembunyi’. Minuman kemasan, bubble, boba, atau minuman sejenis sangat tinggi gula. Belum lagi kopi, es krim, cake, hingga nasi putih yang tentu saja tidak lepas dari gula. Satu lagi yang perlu kita waspadai, gula itu bisa membuat candu, lho.

3. Cukup Tidur

Bisa jadi bagi generasi milenial, tidur itu menjadi hal yang istimewa dan langka. Kesibukan dan tuntutan pekerjaan kadang membuat seseorang merelakan waktu tidurnya untuk bekerja. Padahal, tidur menjadi sebuah fondasi terbentuknya pikiran dan tubuh yang sehat. Jika fondasi sudah goyah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari rentan terhadap virus dan penyakit, hingga memengaruhi suasana hati. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa sekitar 7 sampai 9 jam setiap hari. Yuk, mulai sekarang perbaiki pola tidur yang salah.

4. Kendalikan Nafsu Makan

Makanlah secukupnya sesuai kebutuhan tubuh. Jika terlalu banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat lambung kelelahan sehingga memengaruhi kerja pencernaan. Apalagi asupan makanan yang masuk bukan makanan dan minuman yang bernutrisi.

5. Hindari Stres

Stres karena pekerjaan, urusan pribadi, sekolah, hingga urusan anak, sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Sepertinya semakin berkembang zaman, tingkat stres semakin tinggi. Ditambah dengan penggunaan media sosial yang terkadang tidak bijak sehingga bisa menambah tingkat stres seseorang. Saat merasa stres, semua sistem dalam tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Oleh sebab itu, berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala sesuatu yang bisa memicu terjadinya stres.

Dears, jangan menunda untuk mulai hidup sehat. Lakukanlah sedini mungkin dan ajak orang-orang yang kita sayangi untuk turut melakukannya. Hidup sehat tidak hanya menciptakan umur yang panjang, tapi juga rasa bahagia dan nyaman di hati.

Selamat mencoba!

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *