Dears, 9 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Sudah Berhasil Menjalani Healthy Relationship

Sudah menjadi suatu hal yang wajar, jika menjalani suatu hubungan tentu akan diwarnai dinamika baik suka maupun duka. Salah satu harapan dari suatu hubungan yaitu, terjalinnya hubungan yang sehat atau yang sering disebut dengan healthy relationship

Nah, berikut ini akan diulas mengenai tanda-tanda jika kamu dan pasangan kamu sudah berhasil menjalankan healthy relationship. Simak ulasannya berikut ini!

1. Menghargai waktu masing-masing

Pict by. www.tribunnews.com

Menjalin hubungan bukan berarti harus menghabiskan waktu selalu berdua. Hubungan yang sehat justru akan memberikan ruang yang banyak untuk kamu dan pasangan mengembangkan diri, melakukan hobi, ataupun sekadar berkumpul dengan teman-teman.

Nah ini yang penting, bahwa hubungan yang sehat atau healthy relationship tidak akan pernah mengekang. Ia percaya pada pasangannnya sehingga akan selalu menghargai waktu pribadi yang dimiliki pasangannya.

2. Menerima kekurangan pasangan

Pict by. asianwiki.com

Hubungan yang sehat tidak akan menuntut sesuatu yang tidak dapat dipenuhi oleh pasangan. Salah satu kunci menjalani healthy relationship adalah dengan saling menghargai, saling terbuka dan mau menerima kekurangan pasangan.

3. Mengapresiasi hal kecil yang dilakukan oleh pasangan

Pict by. merahputih.com

Pada dasarnya, setiap orang pasti ingin dihargai atas apa yang telah dilakukannya. Begitupun dengan healhty relationship, dimana kita sebagai pasangan selalu berusaha memberikan apresiasi terhadap hal kecil yang pasangan kita lakukan demi kita.

Apresiasi ini dapat berupa pujian kecil, kata-kata kekaguman, atau sekadar ucapan terima kasih. Sekecil apapun itu, mengapresiasi pasangan akan membuat hubungan menjadi lebih positif dan menyenangkan.

4. Sama-sama terbuka untuk mengalami perubahan

Pict by. parenting.orami.co.id

Salah satu ciri lain bahwa hubungan yang kamu jalani sudah termasuk healthy relationship yaitu ketika kamu dan pasangan saling mengingatkan dengan cara yang positif dan pikiran terbuka. Dengan begitu, meskipun terjadi suatu perubahan dalam hubungan kalian. Maka kamu dan pasanganmu akan dapat menghadapinya dengan sikap dewasa dan tenang.

5. Tidak mencoba mengendalikan pasangan

 

Pict by. kitamuda.id

Hubungan yang sehat atau healthy relationship sebenarnya adalah bukan bagaimana kamu dapat mengatur pasangan, melainkan bagaimana kamu dan pasanganmu sama-sama berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Saling memahami satu sama lain, bukan merasa paling tahu apa yang baik untuk pasangan sehingga memaksa mereka untuk mengikuti apa yang kamu inginkan.

6. Menjalin komunikasi

Pict by. idntimes.com

Komunikasi adalah satu hal penting yang akan membuat hubungan yang kamu jalani tetap sehat. Daripada kamu menunggu pasangan kamu peka, akan lebih baik jika kamu mengutarakan apa yang kamu rasakan dan yang kamu inginkan.

Perlu kamu ketahui, bahwa hubungan yang gagal biasanya dikarenakan oleh faktor komunikasi yang tersendat.

7. Saling percaya

 

Pict by. kapanlagi.com

Selain komunikasi yang baik, healthy relationship juga membutuhkan adanya rasa saling percaya satu sama lain. Kamu dan pasangan harus memiliki komitmen untuk saling terbuka, jujur dan memberikan kepercayaan satu sama lain.

Dengan adanya hal tersebut, maka hubungan kamu dan pasangan akan kokoh. Sebaliknya jika pondasi tersebut tidak ada, maka tidak betahan lama hubungan yang demikian.

8. Menjadi diri sendiri

 

Pict by. jabar.tribunnews.com

Salah satu hal penting lainnya yaitu, jangan pernah mencoba untuk menjadi orang lain hanya karena ingin disukai, termasuk menjadi apa yang pasangan kamu inginkan. Kalian harus sadar bahwa setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka dari itu kamu dan pasanganmu tidak boleh takut untuk menunjukkan seperti apa diri kalian sebenarnya.

9. Meminta maaf dan memaafkan

Pict by. Keepo.me

Kita terkadang sering dibutakan oleh ego masing-masing, sehingga enggan meminta maaf padahal kita sadar bahwa kita salah. Salah satu indikasi hubungan yang menunjukkan healthy relationship yaitu tidak enggan meminta maaf dan memaafkan.

Memang menciptakan healthy relationship tidak mudah, butuh kedewasaan, komitmen, tanggung jawab serta respect satu sama lain. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya semua butuh proses. Nikmatilah prosesnya, dan terus sayangi pasangan kamu ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *