20 Agu, 2019

Cookies yang Terkenal di Iklan Televisi Ternyata Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah Lho

Zaman sekarang produk jajanan banyak dipromosikan lewat media termasuk televisi. Diselipkan di antara acara anak-anak yang memang membidik mereka sebagai target iklannya. Produk jajanan dikemas dengan sangat menarik dan berhasil bikin anak lebih menyukai jajanan daripada makanan pokok. Anak-anak bahkan bisa sehari tanpa makan makanan pokok dan hanya terus menerus jajan.

Dari banyak jenis produk jajanan mulai dari permen, es krim, biskuit, dan snack, kita ambil cookies sebagai satu contoh. Cookies atau kue kering yang selama ini hanya dibuat dan dihidangkan untuk momen tertentu, sekarang mulai banyak yang dipasarkan secara luas. Tentu dengan tampilan yang beda dan rasa yang bervariasi.

Cookies juga salah satu jajanan favorit anak-anak. Saking favoritnya, sebagai orangtua kita kadang kesulitan membatasi keinginan anak untuk jajan. Jajan selain tidak selamanya baik buat kesehatan, juga bisa terhitung boros. Nah, untuk menyiasatinya, kita bisa lho, Dears bikin sendiri cookies di rumah yang mirip dengan cookies yang di iklan televisi itu. Intip yuk caranya.

Chococips Cookies

resep kukis
Foto: pexels.com

Jenis cookies satu ini sudah familiar banget nih di kalangan anak-anak. Kue kering rasa cokelat dengan taburan chocochips manis ini bikin anak-anak nggak tahan buat segera melahapnnya. Daripada keseringan beli, coba deh bikin sendiri dengan referensi resep di bawah ini. Dijamin, rasanya nggak kalah nikmat kok, Dears.

Bahan:

100 gram mentega

200 gram margarin

560 gram tepung terigu

2 sdm tepung maizena

24 gram susu bubuk

90 gram gula halus

Chococips secukupnya

Cara membuat:

  • Campur gula halus, mentega dan kuning telur lalu aduk hingga rata dengan spatula.
  • Siapkan wadah lain untuk mencampur tepung terigu, susu bubuk dan maizena.
  • Campurkan kedua adonan tadi.
  • Bentuk adonan yang sudah tercampur menjadi bulat pipih, tata di atas loyang dan taburi chocochips.
  • Panggang dalam oven hingga matang

Resep diolah dari vemale

Butter Cookies

foto: pexels.com

Cookies yang sarat dengan cita rasa butter ini juga jadi kesukaan anak-anak bahkan orangtua. Selain sebagai cemilan anak, butter cookies juga nikmat untuk teman minum teh atau menjamu tamu. Bikin butter cookies sendiri ternyata nggak susah lho, Dears. Nggak percaya? Nih, resepnya.

Bahan:

227 gram salted butter

134 gram gula

1 sdm ekstrak vanila

280 gram tepung serba guna

Cara membuat:

  • Lelehkan butter asin dan sisihkan.
  • Campurkan butter dan gula ke dalam wadah dan kocok dengan mixer berkecepatan medium ke tinggi hingga membentuk krim yang ringan dan mengembang.
  • Tambahkan ekstrak vanila lalu aduk lagi hingga merata.
  • Untuk membentuknya bisa manual membentuk bulat dengan tangan atau dengan cetakan.
  • Jangan terlalu lama membentuk karena adonan yang mengandung butter bisa meleleh di suhu ruangan

Resep diolah dari hipwee

 


Pilihan Editor:

Pengen Donat Tapi Nggak Mau Repot? Yuk Bikin Donat Tanpa Ulen. Dijamin Gampang dan Empuk!

Geliat Lezat Si Kukis Ulat, Bukannya Geli Malah Bikin Nagih Lagi!

Malas Makan Buah Tapi Ingin Hidup Sehat? Yuk, Coba Infused Water, Dears!


Nastar Full Cokelat

foto & resep: selerasa.com

Yang paling khas saat momen lebaran tiba, jadi hidangan wajib di meja, dialah nastar. Kombinasi bahan utamanya, taburan keju dan isian selai nanasnya, bikin siapa pun nggak bisa berhenti ngunyah.

Itu sih nastar yang sudah biasa. Sekarang nastar menjadi produk snack yang banyak diminati. Apalagi ada variasi baru dari olahan nastar, yaitu nastar full cokelat, baik dari adonan cookiesnya maupun isiannya. Kebayang ‘kan, Dears nikmatnya nastar cokelat ini? Coba bikin sendiri yuk di rumah.

Bahan Utama:

250 gram butter

250 gram margarine

100 gram gula halus

700 gram tepung terigu

4 sendok makan susu bubuk

4 butir telur, ambil bagian kuningnya

Keju parut secukupnya untuk taburan

Bahan Isian:

gram gula pasir

25 gram coklat bubuk

1 sendok teh margarin

50 ml air putih matang

125 gam tepung terigu

50 gram dark cooking chocolate, cincang halus

Cara Membuat Isian

  • Masukan margarine serta air matang dalam wajan, kemudian panaskan.
  • Tambahkan bahan lainnya berupa dark cooking chocolate dan gula pasir, kemudian aduk rata.
  • Tuang tepung terigu bersama susu bubuk dan aduk sampai tercampur secara merata. Masak dengan api kecil sampai mendidih.
  • Setelah adonan selesai, bentuk menjadi bentuk bulat-bulat. Sisihkan.

Cara Membuat Nastar

  • Masukan beberapa bahan dalam satu wadah besar antara lain, margarine, kuning telur, butter, serta gula halus. Kocok dengan mixer, dan gunakan kecepatan rendah.
  • Tambahkan susu bubuk dan tepung terigu, sambil anda aduk terus secara perlahan.
  • Setelah adonan kalis dan terbentuk anda bisa membentuknya bulat kecil dan buat lubang di bagian tengahnya.
  • Isi bagian tengahnya tersebut dengan adonan isian coklat.
  • Setelah nastar selesai diberi isian, kemudian olesi bagian atasnya dengan bahan olesan yang sudah dibuat.
  • Taburkan parutan keju di atasnya dan olesi lagi dengan bahan olesan yang buat.
  • Susun nastar di atas loyang yang sudah diberi margarine, kemudian panggang dalam suhu 140 derajat selama kurang lebih 15 menit saja.
  • Angkat nastar setelah 15 menit, kemudian berikan olesan kuning telur dan panggang kembali dalam suhu dan waktu yang sama.

Voila! Cookies buatanmu sudah jadi, ‘kan? Gimana? Mudah kan, Dears cara bikin cookies seperti di iklan televisi itu? Selain hemat, cookies buatan sendiri juga lebih sehat lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *