Coba Cara Menyenangkan Ini untuk Redakan Morning Sickness. Lebih Ampuh Daripada Obat Mual

Morning sickness dialami oleh hampir semua ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama. Tidak seperti namanya, morning sickness sering dirasakan sepanjang hari, tidak hanya di pagi hari. Umumnya morning sickness ini berupa rasa mual dan disertai muntah.

Karena merasakan mual ini, biasanya ibu hamil jadi kehilangan nafsu makan. Kalaupun makanan bisa masuk ke perut, akhirnya akan dimuntahkan kembali. Tidak heran, beberapa ibu hamil akan mengalami penurunan berat badan di awal kehamilan.

Tidak hanya berdampak pada fisik ibu hamil yang seolah menjadi lemas karena keseringan muntah, morning sickness ini juga mempengaruhi kondisi psikologis ibu hamil. Emosi yang mendadak labil dan mood buruk menjadi akibat dari keluhan morning sickness ini. Itulah kenapa, masa hamil muda biasa disebut masa paling sulit selama 9 bulan kehamilan.

Tapi semua keluhan morning sickness yang kadang terasa merepotkan itu jangan sampai membuatmu terbebani hingga mengarah ke stress ya, Dears. Simak nih cara menyenangkan untuk meredakan mual agar masa kehamilanmu menjadi membahagiakan.

Alihkan Perhatian

foto:pexels

Mengawali pagi dengan rasa mual setelah bangun tidur, memang seolah membuat suasana menjadi buruk ya, Dears. Belum lagi perut kosong minta diisi, namun setelah melahap makanan justru terpaksa kembali dimuntahkan.

Jangan dulu beranggapan sepanjang harimu akan berlalu dengan sulit. Coba ingat kembali apa yang menjadi kegemaranmu. Membaca komik? Kamu bisa kembali mencari komik lamamu untuk kamu baca kembali.

Kamu suka nonton? Kamu bisa memanfaatkan gadget dan sambungan internet untuk menikmati film favoritmu. Atau kamu suka berkebun? Kamu bisa menyibukkan diri menata tanaman hijaumu di halaman rumah.

Intinya adalah jangan terpaku pada rasa mual yang mengganggumu. Daripada hanya bolak balik dari kamar mandi ke tempat tidur, cobalah untuk melakukan hal menyenangkan yang bisa mengalihkan perhatianmu.

Relaksasi

foto: pexels

Di pagi hari saat belum mulai rutinitas dan udara masih segar, cobalah untuk duduk di atas matras menghadap jendela dengan kaki bersila. Pejamkan matamu dan rasakan udara pagi lewat hembusan nafasmu. Lakukan berulang kali sambil memusatkan pikiran pada pernafasan ya, Dears. Bukan pada rasa mual.

Rasakan sensasi ketenangannya dan temukan dirimu yang lebih segar serta lebih bersemangat. Setelah itu bersiaplah dengan rutinitas harianmu.
Cara ini memang memainkan aspek psikologi. Tapi kamu akan berhasil menaklukkan rasa tidak nyamanmu karena morning sickness jika kamu mampu menguasai pikiran dan mengendalikannya agar tetap tenang dan positif.

Olahraga

foto: pexels

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh olahraga? Bahkan bagi yang merencanakan proses persalinan normal, olahraga ini sangat disarankan lho, Dears. Selain agar badan tetap fit, olahraga juga membantu janin untuk bisa berada di posisi yang tepat.
Bagi kamu yang sedang di usia awal kehamilan, olahraga ini akan membantumu untuk memperoleh energi di tengah-tengah masa morning sickness. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, mulai dari berjalan kaki, senam kehamilan atau yoga. Tentunya dengan gerakan yang sederhana dan masih dalam batas aman.
Kuncinya, kamu harus tetap konsisten melakukan olahraga. Tidak perlu menghabiskan waktu yang lama, asal rutin dilakukan setiap hari. Kamu akan mejadi ibu hamil yang bugar dan penuh semangat.

Memanjakan Diri

foto: pexels

Bagi kebanyakan perempuan, saat memanjakan diri adalah saat yang paling menyenangkan. Hal ini pun masih tetap bisa kamu lakukan selama hamil lho, Dears. Ini merupakan salah satu cara mengurangi gejala morning sickness yang bikin kamu bermalas-malasan.

Kamu bisa mengunjungi salon kecantikan atau tempat spa favoritmu. Lakukan jenis perawatan yang memberikan efek rileks, salah satunya creambath rambut. Akan lebih baik jika tempat perawatan yang kamu pilih menyediakan aroma terapi. Jangan lupa pilih produk perawatan yang aman digunakan untuk ibu hamil ya, Dears. Perasaanmu akan jauh lebih tenang dan bonusnya kamu jadi makin cantik kan?

Memilih Alternatif Makanan Lain

foto: Pexels.com

Saat mengalami morning sickness dan harus berkali-kali memuntahkan makanan, sebenarnya kamu hanya perlu menyantap makanan dalam bentuk lain lho, Dears. Yang sering terjadi, rasa mual itu muncul saat mengonsumsi makanan berat seperti nasi. Padahal ibu hamil butuh makan lebih banyak dari biasanya. Karena itulah kamu perlu mencari tahu makanan lain apa yang kandungannya sama dengan makanan berat, yang nutrisinya bisa memenuhi kebutuhanmu namun tidak menimbulkan mual dan muntah.

Salah satu contoh, kamu bisa mengganti nasi dengan roti dan selai coklat. Rasa manis dari selain coklat lebih bisa diterima oleh perut. Untuk cemilannya, kamu bisa memilih biskuit, crackers, atau buah. Hindari cemilan yang banyak mengandung minyak dan gas. Walaupun tengah hamil muda tetap bisa makan enak kan, Dears.

Rasa mual sebenarnya adalah tanda bahwa janin dalam perut sedang menyesuaikan dengan tubuh ibu sebagai tempatnya berkembang. Rasanya tidak akan makin parah jika kamu bisa memfokuskan pikiranmu untuk hal-hal menyenangkan lainnya di sekitarmu. So Dears, tetap lakukan aktivitas yang menyenangkan, berfikir positif dan jangan lupa bersyukur. Maka masa kehamilanmu akan terasa sangat menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *