Coba 5 Cara Ini, untuk Bangkit dari Titik Terendah dalam Hidupmu, Dears!

Hidup tidak selamanya berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan kita. Pasti akan ada saat kamu merasa terpuruk dan berada di titik terendah dalam hidup. Siklus kehidupan berjalan seperti roda yang berputar. Ada kalanya kita berada di atas, dan pasti suatu saat merasakan pula posisi di bawah, Dears.

Bila kamu merasa sedang berada di titik terendah dalam hidup, tidak dipungkiri, pasti akan merasakan kesedihan, putus asa, dan mengalami stres. Hal ini bisa memengaruhi kesehatan juga, Dears. Karena stres yang berkepanjangan dapat melemahkan sel-sel yang membantu sistem kekebalan tubuh. Dampaknya, kamu bisa mudah terserang sakit.

Untuk mengatasi masa sulit ini, banyak yang bisa kita lakukan agar tidak berlarut-larut. Coba 5 cara ini, untuk membuatmu kembali bersemangat lagi, Dears.

Luapkan dan Ekspresikan

Photo by Sydney Sims on Unsplash

Keluarkan semua ganjalan dan perasaan tidak enak yang ada di dalam diri dengan cara positif. Kamu bisa menangis, berteriak, bercerita, atau menulis. Tak ada salahnya menangis karena tangisan bisa membuat hatimu sedikit lega. Bila ingin berteriak, cari tempat terbuka yang sepi, seperti pantai, pegunungan, atau studio musik yang kedap suara. Lebih senang bercerita? Pilih orang yang bisa dipercaya, ya. Atau tuliskan saja semua kegalauan ke dalam sebuah kertas.

Pergi Keluar Rumah

kesehatan mental

Saat merasa terpuruk, pergilah mengunjungi tempat-tempat baru. Melihat hal baru atau bertemu orang-orang baru akan memberikan sedikit pencerahan buatmu, Dears. Mengurung diri di dalam rumah atau kamar, bukan pilihan yang tepat. Ini akan membuatmu merasa semakin kesepian dan jauh dari orang lain.

Baca Artikel atau Lihat Video

Saat merasa terpuruk, hindari stalking pada sosmedmu, Dears. Gunakan gadgetmu untuk mencari artikel atau video yang berisikan permasalahan yang sama, dengan yang sedang kamu hadapi. Baca, tonton, lalu ambil segi positifnya. Cara ini biasanya lebih mudah dicerna oleh otak dan pikiran kita, walau sedang galau tingkat dewa.

Move On

sumber: https://creativemarket.com/

Beranilah melangkah dan berusaha keluar dari keterpurukan. Mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan. Namun, harus tetap dicoba. Bila tak berani “bergerak” kita akan tetap berkubang dalam lubang yang semakin lama akan semakin dalam. Hingga akan membuatmu terperosok semakin dalam, Dears. Mulailah dan berusaha menata hati dan hidupmu lagi.

Kembali Pada Tuhan

Satu hal yang penting saat berada pada titik terendah, adalah berdoa. Setiap permasalahan yang kita hadapi adalah cobaan dari yang Kuasa. Jadi, untuk memecahkan dan mengatasinya, mintalah pertolongan kepada Nya. Mungkin saja, apa yang sedang kita alami merupakan teguran karena kita telah jauh dari Tuhan.

Tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi. Saat merasa terpuruk, ingatlah bahwa kita tidak sendiri. Di luar sana, banyak sekali orang yang juga mengalami permasalahan, mungkin malah lebih berat. Belajarlah dari para survivor saat menghadapi kesulitan. Sebongkah berlian harus ditempa dengan proses panjang dan berat sebelum menjadi perhiasan yang indah. Yakinlah, masa ini juga merupakan tempaan agar dirimu menjadi lebih berkilau, Dears.

 

Featured image: Photo by  Bruce Mars on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *