Cerdas Memilih, Ini 5 Fakta Menarik Pemilu 2019 yang Wajib Kamu Ketahui

Dears, memilih pemimpin negara merupakan salah satu langkah konkrit dalam rangka mewujudkan negara yang adil, aman, makmur dan sentosa. Di Indonesia sendiri, Pemilihan Umum telah dilaksanakan sejak tahun 1955. Saat itu Pemilu diselenggarakan untuk memilih anggota dewan yang akan membantu Presiden Indonesia pertama, Ir. Sukarno, melaksanakan tugas-tugasnya.
.
Tahun 2019 ini Pemilu Indonesia dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019. Meski baru dilakukan hari ini, namun gaung dan kemeriahannya telah berlangsung sejak satu tahun lalu dan semakin memuncak menjelang hari H pencoblosan.
.
Apa saja fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang Pemilihan Umum 2019 di negara tercinta ini? Yuk, kita simak bersama!
.

1. Pemilu Indonesia Merupakan Hak, bukan Kewajiban

Dears, memilih pemimpin negara dan anggota legislatif di Indonesia masih sebatas menjadi hak warganegara, belum menjadi suatu kewajiban. Padahal di beberapa negara dunia, seperti Australia, Brazil dan Argentina, Pemilu merupakan suatu kewajiban. Di Australia misalnya, kamu akan dikenakan denda sebesar 26 AUD atau sekitar Rp 260.000,- apabila tidak menggunakan hak pilihmu sebagai warganegara karena alasan yang tidak dapat diterima. Wah, lumayan juga ya, Dears, jumlah dendanya
.
Meski di Indonesia Pemilu masih sebatas hak dan kamu bebas untuk golput atau tidak memilih, ada baiknya kamu tetap menggunakan hak suaramu untuk menentukan nasib bangsa dan negara tempatmu berpijak, karena satu suara yang kamu berikan akan ada pertanggungjawabannya di akhirat kelak.
.

2. Termasuk Salah Satu Pemilu Terbesar di Dunia

Pemilu 2019 diikuti lebih dari 190 juta pemilih dan berlokasi di lebih dari 800 tempat pemungutan suara. Pesta demokrasi Indonesia ini termasuk salah satu pesta demokrasi terbesar di dunia jika dibandingkan dengan penyelenggaraan Pemilu di negara-negara lainnya.
.
Bukan hanya dari segi jumlah pemilihnya, dari proses pemilihan pun sedikit rumit karena harus memilih beberapa kandidat, mulai dari presiden dan wakilnya, anggota legislatif pusat dan daerah, serta anggota Dewan Perwakilan Daerah untuk menjadi wakil setiap daerah di lingkup pusat.
.

3. Terdapat 5 Kertas Suara Berwarna-warni

Keunikan lain dari Pemilu 2019 ini adalah dibuatnya 5 macam kertas suara dengan warna yang berbeda untuk memilih pemimpin negara dan anggota legislatif pusat maupun daerah.
  • Warna abu-abu: Kertas suara untuk memilih presiden dan wakil presiden.
  • Warna kuning: Kertas suara untuk memilih anggota DPR RI.
  • Warna merah: Kertas suara untuk memilih anggota DPD RI.
  • Warna biru: Kertas suara untuk memilih anggota DPRD provinsi.
  • Warna hijau: Kertas suara untuk memilih DPRD kota/kabupaten.

.

4. Menghabiskan Biaya Lebih dari 24 Triliun

Jika dari data yang dikumpulkan saja tercatat bahwa Pemilu 2019 ini termasuk dalam salah satu Pemilu terbesar di dunia, kamu dapat bayangkan berapa anggaran yang dibutuhkan. Tercatat lebih dari Rp 24,8 triliun anggaran dibutuhkan untuk penyelenggaraan pesta demokrasi kali ini, atau mengalami peningkatan sekitar Rp 700 miliar dari anggaran di tahun 2014 lalu. Wow…..!!
.

5. Diikuti oleh 16 Partai Politik

Sejak pendaftaran partai politik peserta Pemilu dibuka tahun lalu, tercatat sekitar 27 partai politik ikut mendaftar sebagai peserta, Dears.
.
Sayangnya, setelah dilakukan berbagai pemeriksaan dan verifikasi, ditetapkan hanya 16 partai yang lolos sebagai peserta. Dari 16 partai ini, 12 di antaranya adalah partai lama dan 4 adalah partai baru.
.
Meskipun sebelum pelaksanaan Pemilu 2019 ini situasi negara sempat memanas akibat adu komentar dan perdebatan antara para pendukung calon yang maju sebagai kandidat pemilihan, semoga setelah pesta demokrasi ini kita semua sebagai warganegara yang baik dapat kembali bersatu padu dan bahu-membahu ya, Dears.
.
Yuk, wujudkan Indonesia yang kaya, jaya dan raya selamanya agar generasi kita selanjutnya dapat hidup tenteram dan damai dalam harmoni kebersamaan. Kamu setuju, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *