Cempedak, Buah Serbaguna Mirip Nangka yang Dapat Diolah sebagai Lauk, Dears! Sudah Tahu, Belum?

 

Dears, cempedak merupakan buah-buahan dari famili Moraceae. Sekilas sangat mirip dengan buah nangka. Bahkan bentuk luar, tekstur kulit, bau dan bentuk buah dan bijinya pun menyerupai buah nangka. Bedanya, hampir semua bagian buah cempedak dapat di konsumsi, sementara buah nangka tidak demikian.

Meski tersebar di beberapa wilayah seperti Sumatera, bagian Jawa, Maluku bahkan Papua, namun karena banyak di Kalimantan, maka buah ini juga dikenal sebagai salah satu buah khas Borneo. Tidak hanya itu, buah ini juga tersebar di beberapa wilayah Malaysia dan Thailand.

Bagi orang Kalimantan khususnya suku Banjar, cempedak tidak hanya sebagai buah. Bahkan kulitnya dapat dijadikan lauk dengan berbagai olahan. Buahnya yang kuning dapat diolah menjadi berbagai gorengan atau jajanan lainnya. Sementara bijinya bisa direbus untuk kemudian disantap. Tidak kalah menggiurkan, kulit bagian dalam yang melindungi buah dan biji juga dapat diolah. Beberapa menjadikan kulit cempedak sebagai lauk untuk disantap bersama nasi hangat dan sambal terasi. Yang terbuang hanya bagian kulit dengan duri yang tumpul.

Dears, kulit cempedak bisa diolah layaknya lauk pada umumnya seperti ayam atau ikan. Bahkan enak juga di-ungkep dengan bumbu ayam goreng. Beberapa variasi menu oseng juga sangat nikmat. Selain itu, cempedak juga bisa dijadikan camilan meski digoreng biasa. Cempedak muda juga bisa dijadikan campuran untuk sayur bening.

Jika kamu berkunjung ke rumah orang Banjar, salah satu olahan dari buah ini pasti akan kamu dapati. Rasanya sangat nikmat. Buahnya sangat manis. Diolah jadi apapun bisa menjadi masakan yang istimewa. Orang Kalimantan tidak akan kesusahan lauk jika berada pada musim cempedak. Musim cempedak hadir pada akhir tahun hingga saat ini. Diprediksi musim cempedak ini akan berakhir pada bulan Maret. Jadi, masih ada kesempatan ya, Dears, bagi kamu yang ingin mencobanya.

Dari penjelasan di atas sudah sangat jelas bahwa buah cempedak sangat jauh berbeda dengan buah nangka. Bentuk fisik luarnya pun jauh berbeda. Cempedak cenderung panjang dan terlihat lebih kecil di bandingkan nangka.

Bagaimana, Dears, apakah kamu tertarik mengolah cempedak menjadi lauk?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *