Cara Meningkatkan Daya Ingat Bagi Kamu yang Kerap Lupa

Setiap orang pasti pernah mengalami kebiasaan lupa akan sesuatu. Bertambahnya usia merupakan salah satu penyebab pikiran dan ingatan kita tidak berfungsi seperti dulu. Tetapi apakah itu sepenuhnya benar? Adakah cara untuk meningkatkan daya memori?

Faktanya, aspek-aspek tertentu dari fungsi otak dan kemampuan memori tidak selalu terkait dengan bertambahnya usia. Pilihan gaya hidup dan apakah kita menerapkan teknik peningkatan memori dalam kehidupan sehari-hari sangat memengaruhi kesehatan otak secara keseluruhan, termasuk kemampuan untuk mengingat informasi baru dan lama.

Dears, 5 tips dan strategi mengasah pikiran di bawah ini dapat membantu meningkatkan daya ingatmu yang telah berkurang. Simak baik-baik, ya!

1. Tidur yang Cukup

Tidur adalah waktu kunci bagi otak untuk memperkuat hubungan antar neuron, sehingga membantu kita mengingat lebih banyak tugas. Aturlah durasi tidurmu 7-8 jam setiap hari, termasuk tidur siang. Jika sulit tidur cepat, minumlah secangkir susu hangat setengah jam sebelum tidur.

2. Olahraga

Secara harafiah, olahraga meningkatkan denyut jantung dan membuat darah mengalir ke otak , sehingga menjaga daya ingat tetap tajam. Berlari, berenang, bersepeda, dan segala bentuk olahraga selama setidaknya 30 menit sangat membantu memperbesar hippocampus, yang dianggap sebagai ‘pusat memori otak’.

Aktivitas fisik yang membutuhkan koordinasi tangan, mata, atau keterampilan motorik yang kompleks sangat bermanfaat untuk pembangunan otak. Jika kamu tidak punya waktu untuk latihan penuh, cukup lakukan 10 menit berjalan kaki di sekitar rumahmu.

3. Hindari Multitasking

Pasti sulit untuk kamu membaca buku dan mengadakan percakapan pada saat yang sama, bukan? Multitasking akan memperlambat kerja otak, jadi fokuslah untuk berkonsentrasi pada satu tugas yang ada. Otak  sebenarnya membutuhkan sekitar delapan detik untuk menyampaikan sepotong informasi ke memori.

4. Konsumsi Suplemen

Ashwagandha , dikenal karena meningkatkan daya ingat dan membantu mencegah kerusakan sel. Suplemen ini dapat dibeli dalam bentuk bubuk atau tablet. Ashwagandha berfungsi meningkatkan memori otak, perhatian dan konsentrasi, sehingga membantu gejala penyakit Parkinson, Alzheimer dan neurodegeneratif lainnya.

Selain ashwagandha, minyak ikan juga bermanfaat mendorong pertumbuhan neuron dan menurunkan risiko demensia. Minyak ikan mengandung DHA, asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan daya ingatmu.

5. Lakukan Meditasi

Fokuskan pikiran saat kondisi meditasi. Ini juga dapat melatih ingatanmu tetap pada tempatnya dan tidak terbang ke mana-mana.

Itulah hal sederhana yang dapat kamu lakukan jika merasa memorimu bermasalah dan mengalami penurunan daya ingat. Lakukan dengan rutin, ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *