Cara Menanggapi Kritik yang Tepat, Tidak Mudah, Tapi Kamu Pasti Bisa, Dears!


Dears, kritikan adalah cara seseorang menyampaikan uneg-uneg dalam diri mereka kepada orang lain mengenai suatu hal. Cara yang dapat dilakukan dalam memberikan kritik pun beragam, ada yang bicara secara langsung, ada pula yang disampaikan di dalam suatu forum.

Penyampaian yang kurang sopan dan bernada seperti menjelekkan terkadang membuat seseorang malas mendengarkan kritikan yang ditujukan kepadanya, sehingga membuat kesalahpahaman antara si pemberi dan penerima kritik.

Dibalik cara penyampaian kritik yang terkadang kurang tepat, pasti ada maksud tersendiri yang ingin disampaikan. Hanya saja, ini harus disampaikan dengan cara yang tepat dan sopan agar tidak ada pihak yang merasa paling benar.

Adapun kita sebagai penerima kritik, langkah baiknya jika mampu menanggapi dan menerima kritik dengan tepat seperti 5 hal berikut.

Foto : KabarIndonesia.com

1. Dengarkan Apapun yang Disampaikan

Cara terbaik adalah tetap mendengarkan apapun yang disampaikan pemberi kritikan. Jika kamu merasa cara yang dia lakukan mempermalukan dirimu, tetaplah bersikap percaya diri dan tidak mengurangi kebaikan dirimu pada orang tersebut.

2. Tidak Mencampuri Urusan Lainnya

Kebanyakan dari kita yang tidak menerima kritikan dengan sepenuhnya, menjadikan urusan pribadi menjadi kambing hitam untuk saling menyalahkan. Padahal, kedua hal itu jelas berbeda porsi bahasannya dan tentu tidak ada keterkaitan dengan kritikan yang dia berikan kepada kita.

3. Atur Emosi

Tanggapilah kritikan dengan pikiran terbuka dan tidak berfokus pada satu sudut pandang saja, karena hal itu hanya akan membuatmu adu argumen yang sebenarnya tidak perlu kamu lakukan. Kritikan bukan tentang pendapat siapa yang benar dan salah, karena kritikan hanyalah cara seseorang untuk membuatmu tidak melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

4. Minta Pendapat Teman Sejak Awal

Cara ini tidak sepenuhnya harus dilakukan jika kamu tipe orang yang mau menerima segala kritik maupun saran dari orang lain. Namun jika kamu tipe orang yang sensitif dan mudah terbawa emosi dengan perkataan orang lain, sebaiknya kamu minta pendapat dari teman terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa memperbaikinya sejak awal, atau setidaknya telah mengetahui kekuranganmu menurut pandangan dari temanmu.

5. Berterima Kasih dan Meminta Maaf

Kedua hal yang sering dilupakan seseorang dalam kondisi apapun adalah ucapan terima kasih dan permintaan maaf. Ketika menanggapi dan menerima kritikan juga harus mengucapkan kedua hal itu, Dears, karena mereka telah meluangkan waktunya untuk peduli terhadapmu. Minta maaflah kepada mereka karena apa yang kamu sampaikan tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Sebuah kritikan ataupun saran pasti selalu kita dapatkan dari orang lain yang ingin membantu memperbaiki kekurangan diri kita. Meski terkadang kritikan yang disampaikan mempermalukan atau menyakiti perasaan, tetaplah itu sebuah kritikan yang membangun. Jangan sampai ada keinginan melakukan hal yang sama untuk menyakiti orang yang telah memberi kita kritikan sebagai sebuah balas dendam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *