Candi Arjuna dan 4 Hal Unik yang Ada di Sekitarnya, Nomor 4 Bikin Gemas dan Enggak Mau Pulang

Dears, Indonesia merupakan negara yang kaya akan cagar budaya. Salah satu cagar budaya yang sangat fenomenal adalah candi. Kamu pasti tahu bahwa berwisata ke candi merupakan bentuk wisata edukatif untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Nah, Candi Arjuna merupakan salah satu candi yang patut dijadikan destinasi wisata edukatif ini.

Candi Arjuna terletak di dataran tinggi Dieng. Walau tak semegah Candi Borobudur, candi tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Selain dapat mempelajari kisah peradaban Kerajaan Mataram Kuno dan menikmati pesona alam Dieng yang eksotik, kamu juga akan menemukan empat hal unik jika berwisata ke candi ini. Yuk, simak, apa saja hal unik tersebut?

Harus Menggunakan Jarik

Sesampainya di pintu masuk Candi Arjuna, kamu akan menemukan papan informasi yang memerintahkan semua pengunjung menggunakan jarik. Jarik adalah kain panjang bermotif batik yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa. Asal muasal penggunaan jarik dikarenakan para wisatawan harus berpakaian sopan ketika memasuki kompleks candi yang merupakan tempat ibadah. Kamu bisa menggunakan jarik dengan model yang kamu suka. Setelah memakai jarik, penampilanmu akan semakin kece dan tingkat kepercayaan diri pun meningkat saat berswafoto, apalagi dilatarbelakangi pesona mahakarya Candi Arjuna.

Bertemu dengan Anak Gimbal

Anak gimbal merupakan anak yang dianggap spesial di dataran tinggi Dieng. Sesaat memasuki kompleks Candi Arjuna, kamu akan disambut oleh anak-anak tersebut. Kamu bisa mengobrol dan berswafoto dengan mereka yang dengan suka cita menerima kedatanganmu. Biasanya pada akhir perayaan Dieng Culture Festival, dilaksanakan upacara potong rambut anak-anak gimbal di depan Candi Arjuna. So, sangat tepat jika berwisata ke Candi Arjuna disaat festival itu sedang berlangsung.

Berswafoto dengan Buto

Siapa yang tak kenal Buto, raksasa dalam drama pewayangan yang mempunyai wajah menyeramkan. Nah, saat berada di kompleks Candi Arjuna, kamu bisa sesuka hati berswafoto dengan tokoh ini. Seramnya wajah Buto semakin membuatmu terlihat fotogenik.

Berswafoto dengan Teletubbies

Tinky Winky, Dipsy, Laa-Laa, dan Po. Keempat tokoh tersebut akan menyambutmu dengan pelukan hangat saat berada di kompleks Candi Arjuna. Lho, kok ada teletubbies? Yap, tepat di depan Candi Arjuna terdapat padang rumput berbukit sehingga kamu dapat menemui Teletubbies di sana. Duh, mereka akan bikin kamu gemas dan betah berlama-lama, Dears! Rasanya seolah tak ingin pulang.

Seru, yah, berwisata  ke Candi Arjuna. Yakin, setelah berwisata ke Candi Arjuna, dijamin kamu bakalan ingat terus sepanjang hidup. Kenangan ini sungguh elok untuk diabadikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *