Camilan untuk Anak dan 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilihnya

Dears, anak-anak selalu membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk tumbuh kembangnya, karena setiap orang tua tentunya ingin anak mereka sehat, cerdas, dan ceria. Makanan yang mereka konsumsi berpengaruh besar pada upaya menyehatkan dan mencerdaskan. Selain makanan utama, orang tua perlu memerhatikan makanan tambahan atau camilan bagi anak.

Nah, camilan ini ada baiknya dibuat sendiri daripada membeli instan yang kadang kurang bergizi dan mengandung bahan berbahaya. Akan tetapi, apa pun pilihan camilan untuk anak, baik yang instan, yang membeli di pinggir jalan, maupun buatan sendiri, harus memerhatikan hal-hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Apa sajakah itu? Yuk, simak beberapa hal penting berikut ini, ya, Dears!

1. Pilih yang Kaya Gizi

Camilan buatan sendiri tentu bisa dibuat yang bergizi, seperti mengandung sayuran dan buah-buahan. Tetapi, bila tidak ada waktu bisa membeli biskuit sayuran atau mi yang dipadu dengan bumbu buatan sendiri.

2. Pastikan Ada Label Halal dan Terdaftar di Depkes

Makanan yang terdaftar di Depkes tentu terjamin kandungan gizinya. Sedangkan label halal membuat kita tenang dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Jangan lupa selalu memerhatikan tanggal kedaluwarsanya juga, ya, agar camilan untuk anak yang kita beli aman dikonsumsi.

3. Hindari yang Mengandung Bahan Berbahaya

Amankan anak-anak dari makanan yang mengandung pewarna buatan dan pengawet yang tidak direkomendasikan Depkes. Alternatifnya, bisa dibuatkan makanan dengan tampilan menarik dari bahan alami yang kita punya, Dears.

4. Hindari Camilan yang Terlalu Gurih

Makanan yang terlalu gurih biasanya mengandung MSG (Monosodium Glutamat). Dampak yang sering terlihat akibat terlalu banyak makan makanan yang mengandung MSG adalah migrain (sakit kepala sebelah), sakit perut, mual, hingga kanker. Jadi kamu harus selalu berhati-hati, ya.

5. Utamakan Kebersihan

Bila sekali waktu perlu membeli makanan dari tukang jajan di pinggir jalan atau mal, pastikan bersih bahannya, bungkusnya, maupun cara menyajikannya. Rasa tentu penting, tapi kebersihan lebih utama untuk diperhatikan.

Ini dia, Dears, beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam menyiapkan camilan untuk anak. Jangan ragu mencari banyak informasi dan mencoba menu baru buatan sendiri, ya, agar kesehatan anak kita selalu terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *