Bukan Hanya Segar, 7 Daun Lalapan Ini Punya Manfaat Super untuk Kesehatan

Dears, apakah kamu gemar makan lalapan? Lalapan adalah suatu hidangan aneka sayur mentah yang biasa disantap dengan sambal. Lalapan sering juga disajikan sebagai pelengkap untuk masakan lain.

Lalapan merupakan sajian khas masyarakat Jawa Barat. Umumnya, mereka yang beretnis Sunda sangat menggemari lalapan dan selalu menyediakannya dalam menu makanan sehari-hari. Makan tanpa lalapan seperti ada yang kurang lengkap, karena lalapan seolah sudah menjadi makanan penggugah selera. Tahukah kamu, ternyata lalapan bukan hanya sekadar sayur mentah yang segar untuk dimakan. Beberapa jenis daun yang digunakan untuk lalapan ini juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kemangi

Kemangi beraroma khas, selain dijadikan lalapan, kemangi sering juga digunakan sebagai campuran membuat pepes. Menurut sebuah penelitian, kemangi mengandung ( E )-beta-caryolhyllene ( BPC ) yang dapat mengobati radang sendi dan usus. Kemangi juga baik untuk penyembuhan sariawan.

Pohpohan

Pohpohan yang memiliki nama latin Pilea melastomoides ini memiliki daun yang bulat meruncing dan bergerigi di tepinya. Daun pohpohan yang wangi, segar dan hangat seperti daun mint ternyata memiliki kandungan zat antioksidan. Selain itu, ada kalsium yang terkandung di daun pohpohan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Pohpohan juga mengandung senyawa fenolik ( tokoferol, flavonoid, asam fenolat ), senyawa nitrogen ( alkaloid, turunan klorofil, asam amino, dan amina ) dan karotenoid seperti asam askorbat, yang dapat mencegah kanker.

Kenikir

Daun kenikir memiliki nutrisi yang tinggi dan mengandung aktioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan juga mencegah penuaan dini. Daun kenikir juga mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kesehatan penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selada

Daun yang berwarna hijau muda ini rasanya sangat segar. Selain untuk lalapan, selada juga biasa digunakan untuk campuran salad dan gado-gado. Selada merupakan daun yang mengandung asam folat, kalium, kalsium, zat besi, vitamin A, C dan K.

Menyantap selada yang banyak memiliki kandungan air sangat baik untuk memberikan kelembaban pada kulit sehingga kulit menjadi segar. Kadar asam folat yang tinggi pada daun selada juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Pegagan

Pegagan merupakan tanaman yang menjalar di atas tanah. Tanaman yang satu ini sudah sangat dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai tanaman yang bermanfaat sebagai obat. Pegagan memiliki senyawa asiatikosida yang bermanfaat untuk menahan pertumbuhan sel kanker. Tanaman ini bermanfaat juga untuk ketahanan tubuh dan membersihkan darah.

Beluntas

Tanaman ini sering digunakan sebagai pagar halaman rumah. Beluntas berdaun tunggal dengan bentuk bulat telur dan ujungnya runcing. Selain bisa disantap sebagai lalapan, beluntas sering juga dijadikan campuran pecel dan urap. Daun beluntas mengandung antiseptik alami yang dapat mengatasi masalah bau badan yang tidak sedap. Beluntas yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin ini berkhasiat juga untuk melancarkan pencernaan, mengobati batuk, menyembuhkan demam dan meningkatkan nafsu makan.

Reundeu

Tanaman yang bernama ilmiah Staurogyne longata ini memiliki daun berwarna hijau kekuningan pada saat muda, dan hijau pucat setelah tua. Daun reundeu berkhasiat mengobati batu ginjal dan kesulitan berkemih. Reundeu yang mengandung berbagai macam mikroflora ini juga sangat ampuh melawan bakteri patogen yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Dears, ternyata dedaunan yang biasa digunakan untuk lalapan ini terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jadi jika selama ini kamu tidak menyukai lalapan, mungkin saja setelah mengetahui khasiat aneka daun untuk lalapan ini kamu tertarik untuk mulai mengonsumsinya. Selamat mencoba ya, semoga kamu menyukainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *