Bukan Hanya Indonesia, 6 Negara Ini Ternyata Merayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus juga

17 Agustus, sudah menjadi tanggal sakral yang dinantikan seluruh warga Indonesia. Menjadi tanggal dan hari kemerdekaan, memperingati jasa-jasa pahlawan yang gugur di medan perang.

Tepat 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno bersama pahlawan lainnya berhasil merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Sebagai acara rutin, di Indonesia tepatnya di berbagai pelosok, warga Indonesia memperingati hari kemerdekaan dengan pengibaran bendera merah putih oleh putra dan putri pilihan. Tak lupa, iringan instrumental lagu “Mengheningkan Cipta”, yang membuat suasana semakin syahdu saja.

Hampir di seluruh penjuru Indonesia, kita akan melihat banyak sekali lomba-lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Dari mulai lomba balap karung, makan kerupuk, dll.

Namun, siapa sangka, di bulan Agustus ternyata suka cita hari kemerdekaan bukan hanya milik Indonesia. Negara-negara di bawah ini pun memiliki hari yang sama atau bahkan berdekatan satu sama lain.

Berikut daftar negara yang memiliki hari kemerdekaan mirip dan dekat dengan Indonesia.

1. Malaysia

Foto: Unsplash

Sejak 31 Agustus 1957, Malaysia resmi menetapkan tanggal tersebut sebagai hari kemerdekaannya. Jika di Indonesia peringatan hari kemerdekaan dengan menaikkan Sang Saka Merah Putih, maka di Malaysia justru tepat pada malam hari bendera kenegaraan diturunkan. Tak lupa, pidato yang berisi doa dan lainnya disampaikan oleh Perdana Menterinya.

2. Korea

Foto: Unsplash

Tepat dua hari sebelum Hari Kemerdekaan Indonesia, ternyata Korea lebih dulu melaksanakan euforia kemerdekaan. Tepat 15 Agustus 1945, Jepang melakukan penyerahan tanpa syarat kepada tentara sekutu. Namun, di tahun 1950, Korea mengalami peperangan yang mengakibatkan negara ini terpecah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.

3. India

Foto: Unsplash

Negara tempat lahirnya para aktris Bollywood ini resmi menyatakan kedaulatan pada tanggal 15 Agustus 1945. Setelah mendapatkan kebebasan dari Inggris, Perdana Menteri pertama India, yakni Jawaharlal Nehru, mengibarkan bendera nasional India di jembatan Lahori di Red Fort, Delhi.

4. Pakistan

Foto: Unsplash

Negara ini memiliki lokasi yang sangat berdekatan dengan India. Dengan penduduk mayoritas beragama Islam, negara ini ternyata pada 14 Agustus 1947 resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Inggris.

5. Republik Gabon

Foto: Unsplash

Negara bagian Afrika Barat ini merayakan hari kemerdekaan dengan tanggal yang serupa dengan Indonesia. Tepat 17 Agustus 1960 atau lima belas tahun lebih lama dari tanah air kita, negara ini resmi memproklamirkan kemerdekaannya sebagai jajahan Perancis.

6. Singapura

Foto: Unsplash

Negara dengan ikon patung air mancur singa ini dulunya adalah bagian dari negara Malaysia. Namun, tepat tanggal 9 Agustus, Singapura resmi memisahkan diri. Bahkan negara ini sekarang menjadi negara paling maju, lebih maju dari Malaysia.

Dears, itulah 5 negara yang memiliki hari kemerdekaan di bulan yang sama dengan Indonesia. Bukan tentang bagaimana meriahnya peringatan kemerdekaannya, tapi bagaimana kita memaknai dan memetik hikmah dari perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Kamu setuju, bukan?

 

*Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *