permainan

Bukan Gadget! 5 Permainan ini Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil

Bermain adalah kegiatan menarik anak-anak yang menjadi rutinitas setiap harinya. Jenis permainan ternyata sangat berpengaruh pada perkembangan motorik hingga kecerdasan anak, loh. Kenyataanya, sekarang banyak permainan edukatif yang sudah tergantikan kecanggihan gadget. Bangun tidur gadget, mau tidur kembali juga tidak bisa lepas. Fakta-fakta pun sudah menjamur dari desa hingga metropolitan, menyerang balita hingga lansia. Bahkan sering kita jumpai di berbagai sarana fasilitas umum, seperti ketika menunggu bus di halte ataupun dalam sebuah antrean sering dielu-elukan sebagai pengusir bosan. Tetapi, terlalu sering bermain gadget juga tidak bagus. Bunda-bunda pintar! Kita harus pandai dan bijak dalam memilih mainan si anak. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Yuk kita kepoin lima permainan yang bisa meningkatkan kecerdasan si kecil!

1. Puzzle

Sumber : Google

 

Puzzle merupakan permainan yang dimainkan dengan tujuan menyusun gambar di mana gambar diacak terlebih dahulu. Jenis permainan ini mudah ditemukan di berbagai toko terdekat loh, Dears. Kita bisa memilih gambar puzzle yang disukai si kecil. Permainan ini membantu anak mengasah otak dan ingatan, problem solving serta logika. Sebagai langkah awal kita bisa memilih jenis puzzle yang sederhana. Seiring berjalannya waktu kita bisa meningkatkan tingkat kesulitan permainan ini. Tingkatan ini biasanya ditentukan dari banyak dan besarnya ukuran potongan bagian puzzle. Selain itu tingkat kesulitan juga harus disesuaikan dengan usia si kecil.

2. Block Brickets

Sumber : Googlee

 

Permainan Block bricked adalah jenis permainan anak yang sangat terkenal di dunia, sebuah permainan yang terdiri dari bongkahan atau kepingin plastik warna-warni. Permainan yang juga dikenal dengan istilah lego ini ternyata membantu meningkatkan daya imajinasi sang anak, sebab kepingan-kepingan ini bisa dibentuk menjadi berbagai benda seperti bentuk kubus, mobil, rumah dan lainnya. Permainan ini juga bisa dijadikan media pengenalan warna pada sang buag hati, loh.

3. Menara Pelangi

Sumber : Google

 

Menara pelangi merupakan permainan sederhana yang sudah berkembang di Indonesia sangat lama. Cara bermain pun cukup sederhana dan menyenangkan yaitu menyusun kepingan/potongan balok yang disusun sesuai dengan bentuk dan warna pelangi. Bahan yang digunakan terbuat dari kayu/triplek agar tidak membahayakan anak ketika memainkannya. Selain warna yang beranekaragam, hal menarik lainnya tentu dari bentuknya yang bervariasi seperti lingkaran, kotak, segitiga dan sejenisnya.

4. Kotak Alfabet

Sumber : Google

 

Permainan ini berupa susunan huruf abjad dan angka 0 hingga 9 yang biasanya terbuat dari kayu. Huruf dan angka pun disajikan ke dalam warna-warni yang menarik. Kotak alfabet bisa dimanfaatkan sebagai media si buah hati belajar mengenal angka dan huruf, mengeja dan berhitung sederhana. Kita bisa memulai meminta si kecil menyusun suatu kata yang sederhana.

5. Origami

Sumber : Google

 

Kertas lipat atau origami adalah seni keterampilan melipat kertas menjadi bentuk-bentuk yang unik dan lucu. Sebenarnya permainan ini bukan permainan asli Indonesia, melainkan adaptasi dari Jepang. Tetapi sudah dimanfaatkan masyarakat Indonesia sejak lama sebagai sarana meningkatkan kreativitas, keterampilan dan emosi untuk si kecil. Kertas origami dapat kita jumpai di toko-toko terdekat, disajikan dalam warna-warna yang menarik ternyata membuat masayarakat Indonesia tertarik. Tidak hanya anak-anak, remaja hingga dewasa pun kerap memainkannya.

Bunda-bunda pintar! Lima permainan di atas sangat bagus dicoba. Selain mudah didapat dan harga terjangkau, kelimanya berpotensi untuk meningkatkan kecederdasan si kecil, loh.

 

Featured image: Photo by  Pixabay on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *