Bruntusan Merajai Wajah? Basmi dengan Cara sederhana Ini, agar Mulus Kembali, Dears!

Wajah terutama dahi, dipenuhi dengan bintik-bintik kecil kemerahan? Bila basah oleh keringat akan terasa perih, gatal, dan juga sangat menganggu? Kemungkinan wajahmu bruntusan, Dears. Selain menimbulkan rasa tak nyaman, bruntusan membuat hasil riasan wajahmu tak maksimal, dan mengurangi rasa PD, bukan.

Bruntusan bisa disebabkan karena banyak hal. Antara lain perubahan hormon, bakteri karena wajah tidak maksimal dibersihkan, produksi minyak yang berlebih, penggunaan skin care yang tidak sesuai, stress, sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau memang pengaruh faktor genetika. Namun, keluhan ini bisa kok diatasi dengan cara yang sederhana, yang penting konsisten. Dijamin nggak akan terasa ribet, kok.

Jaga Kebersihan wajah

Secara berkala lakukan deep cleansing atau double cleansing pada wajahmu. Pilih alat seperti brush atau busa halus untuk deep cleansing, sesuaikan dengan kondisi dan kenyamananmu, Dears. Atau bersihkan wajah melalui dua tahap, double cleansing, menggunakan pembersih wajah berbahan dasar oil atau water. Lalu lanjutkan dengan facewash yang biasa kamu pakai.

Kurangi Make Up

Pict by. Dream

Bila bruntusan sudah semakin parah, kurangi mengaplikasikan make up pada wajah. Sementara waktu, gunakan make up yang simple sambil berusaha mengobati bruntusan. Penggunaan make up yang berlebih atau tidak cocok dengan wajahmu, malah akan semakin memperburuk kondisi bruntusan, ya. Jadi, sabar dulu.

Exfoliate

Pict by, Dokter Sehat

Lakukan chemical exfoliating menggunakan produk yang mengandung salicilyc acid. Bahan ini efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak yang berlebih. Namun, jangan terlalu sering, nanti kulit akan mengalami iritasi kalau over exfoliate, dan pastinya akan menimbulkan masalah baru.

Jangan Sering Ganti Produk Make Up

Pict by, Kompas.com

Usahakan menggunakan produk make up yang sama dalam jangka waktu lama. Jangan terlalu sering berganti, ya, Dears. Kondisi kulit wajah yang lebih sensitif di banding bagian tubuh lain, membuatnya tidak mudah beradaptasi. Akibatnya akan muncul banyak keluhan pada area wajah. Hanya gunakan jenis make up yang tak memiliki efek samping dan teruji, untuk perawatan maupun kecantikan wajahmu.

Gunakan Bahan Alami

Bruntusan juga bisa diatasi dengan bahan alami yang ada di sekitar kita. Contohnya seperti lidah buaya, madu, dan teh hijau. Ketiga bahan alami ini memiliki kandungan zat yang mampu mengatasi bruntusan, lo. Lidah buaya mengandung banyak vitamin E yang terbukti sangat bermanfaat bagi kulit. Lidah buaya juga bersifat menenangkan kulit, jadi ampuh untuk mengurangi rasa gatal dan perih. Cukup oleskan lidah buaya merata pada area wajah secara rutin.

Sedangkan teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ganti konsumsi tehmu dengan jenis teh hijau, rutin mengonsumsinya akan membuat kulit dahi dan wajahmu kembali halus. Bagaimana dengan madu? Tak diragukan lagi, bahan alami ini memiliki manfaat segambreng untuk kesehatan kulit. Sifatnya yang mampu mengembalikan kelembapan kulit dan antiinflamasi, juga ampuh mengatasi bruntusan.

Wajah mulus bukan hal yang mustahil asal kamu rajin, rutin, dan telaten merawatnya. Namun, jangan lupa bila bruntusan sudah hilang tetap jaga kebersihan area wajah agar tak dihinggapi masalah kulit lainnya. Satu lagi Dears, yang terpenting tetap jaga inner beauty agar kecantikanmu semakin terpancar dan menebarkan aura positif.

 

Featured image: Photo on seruni.id
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *