wajah beruntusan

Bruntusan Bikin Kesal? Yuk Intip Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tak hanya jerawat, komedo, atau kulit wajah kusam yang kerap buat kesal, namun juga bruntusan yang biasanya muncul di sekitar area dahi dan pipi. Terlebih bagi kamu yang memiliki kulit cenderung sensitif yang mudah bermasalah, baik akibat paparan sinar matahari, debu, dan sisa makeup yang masih menempel di wajah. Meski sudah mencoba berbagai produk skincare, namun belum memberikan hasil yang kentara.

Nah, jika kamu mengalami hal yang sama, tak perlu cemas, Dears. Artikel kali ini akan mengulas mengenai apa saja sih penyebab bruntusan dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Intip yuk, Dears!

1. Apa itu bruntusan, dan yang menjadi penyebab kemunculannya?

Pict by. Grid.ID

Bruntusan merupakan masalah kulit wajah berupa munculnya bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah. Masalah kulit ini menjadi hal yang mengesalkan, ya Dears, karena membuat tidak percaya diri. Selain itu, biasanya bruntusan juga identik dengan rasa gatal dan perih saat muncul keringat.

Ternyata beberapa penyebab bruntusan bisa jadi karena masalah kulit lain yang mendahului. Seperti komedo, jerawat, kutil kulit, milia, eksim (ruam dengan kemerahan), folikulitis yang merupakan peradangan folikel rambut, dan keratosis pilaris atau kulit kasar yang menyerupai kulit ayam.

2. Munculnya bruntusan juga bisa disebabkan oleh kebersihan muka yang kurang terjaga

Pict by. Grid.ID

Penyebab lain kemunculan bruntusan pada wajah bisa jadi disebabkan oleh faktor kebersihan wajah yang kurang terjaga. Jadi, langkah pertama yang perlu kamu ambil adalah dengan membersihkan kulit wajah dengan benar, sehingga langkah berikutnya untuk menghilangkan bruntusan dapat diterapkan dengan lebih efektif.

Kamu dapat terapkan metode deep cleansing yang bertujuan untuk membersihkan wajah sampai ke bagian dalam seperti pori-pori. Gunakan face wash yang sesuai dengan kulit wajahmu untuk hasil yang lebih maksimal. Lalu, langkah kedua kamu dapat mengatasi bruntusan dengan double cleansing menggunakan water based cleanser, dan dilanjut dengan facewash seperti biasa.

Namun, apabila masih belum memberikan hasil, lamu dapat gunakan exfoliating untuk pengangkatan sel kulit mati dan mengurangi produksi sebum atau minyak kulit berlebih yang menjadi pemicu bruntusan. Pakai produk eksfoliasi dengan kandungan salicylic acid yang memiliki kandungan kuat untuk mengangkat sel kulit mati hingga menembus ke pori-pori. Lakukan eksfoliasi 1 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Selain pembersihan secara bertahap, pakai produk skincare yang benar-benar sesuai dengan kulit wajah

Pict by. Hello Sehat

Cara lain untuk untuk mengatasi bruntusan yaitu dengan mengaplikasikan vitamin wajah seperti serum untuk memberi nutrisi pada kulit wajah. Kandungan serum mampu menangkal zat niacinamide, benzoyl, dan peroxide yang menjadi pemicu bruntusan.

Selain itu kamu juga dapat menggunakan toner, yang bermanfaat untuk mengembalikan PH wajah dan membersihkan sisa makeup yang membandel.

4 . Kurangi penggunaan makeup agar bruntusan lebih cepat mereda

Pict by. Cantika.com

Selain membersihkan dengan benar serta menutrisi wajah dengan produk skincare, kamu juga dapat mengatasi bruntusan dengan mengurangi penggunaan makeup sehari-hari. Meskipun makeup cukup penting untuk penampilan, namun untuk saat ini kurangi pemakaiannya agar kulit wajah punya cukup ruang untuk bernapas.

Konsisten dengan pemakaian produk wajah serta gunakan skincare secara berurutan. Urutan skincare paling umum yakni cleanserfacewash, toner, serum, moisturizer, kemudian masker.

5. Beberapa bahan alami seperti madu, teh hijau, dan lemon, dapat kamu pakai untuk meredakan bruntusan

Pict by. IDN times

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan menggunakan madu, cukup oleskan merata di wajah dan diamkan selama ckurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Bahan alami lain yang memiliki kandungan alami untuk mengurangi bruntusan yakni teh hijau, karena di dalamnya terdapat zat antioksidan yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan campurkan lemon dengan putih telur dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Itulah, beberapa hal tentang bruntusan dan cara untuk mengatasinya. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin dan konsisten,ya,Dears!

 

Featured image: Photo by  Tembela Bohle on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *