Bosan dengan Menu Diet? Ini 5 Menu Diet Anti Bosan Bonus Turun Belasan Kilogram!

Menu diet bikin bosan? Atau kamu baru mau mulai diet? Mencari referensi menu diet sebelum kamu melakukan diet itu penting banget lho, Dears. Kamu harus tau dulu selama diet makanan yang boleh kamu makan apa aja dan yang nggak boleh apa aja supaya nanti proses diet kamu berjalan lancar dan nggak boring. Makanan diet yang selama ini kamu ketahui mungkin cuma makanan yang nggak lebih dari sekadar rendah kalori dan hambar, tanpa gula dan tanpa garam.

Wah, kalo gini caranya sih bisa cepet bosan ya saat menjalankan diet? Apalagi saat ketemu sama temen-temen dan diajak makan di cafe atau dinner di restoran Korea, wah bisa-bisa gagal total dalam semalam deh dietnya. Nah, kali ini aku punya daftar menu diet yang dijamin bikin kamu nggak akan bosan dan yang pasti lebih sehat, plus bisa bikin kamu turun belasan kilogram! Langsung cek aja yuk!

Siomay Rebus atau Dimsum

food.detik.com

Jangan takut untuk makan Siomay abang-abang di pinggir jalan ya, Dears. Ternyata ini juga bagus untuk menu diet kita. Eiitss, tapi beli siomay nya jangan yang digoreng ya, melainkan yang direbus. Nah, tips beli siomay untuk kamu agar dietnya tidak gagal adalah “kurangi porsi saus kacangnya!”. Kalau bisa minta ke abang-abangnya untuk pisahin bumbu kacang sama siomaynya ya, jadi kamu bisa takar sendiri bumbu siomay agar tidak terlalu banyak. Karena, 1 sendok bumbu kacang saja kalorinya sudah besar banget lho, kira-kira bisa mencapai100 kalori.

Begitu juga dengan dimsum, walaupun bumbunya nggak sepekat bumbu siomay, tapi sebisa mungkin dikurangi, ya makan bumbu-bumbu atau dressing-nya, karena di situ pasti banyak mengandung gula, garam dan penyedap rasanya, lho. Mulai sadari hal kecil itu dari sekarang ya, Dears agar proses dietnya nggak gagal terus.

Gado-Gado atau Pecel Sayur

Sumber: google.com

Ini sih salad sayur versi Indonesia ya, tapi jangan lupa kalau gado-gado juga dimakan dengan bumbu kacang yang menggoda selera nih. Ingat ya, bumbu kacang itu tinggi kalori lho, Dears, jadi harus hati-hati. Kalau bisa, bumbu kacangnya minta dipisah juga ya seperti siomay tadi. Gado-gado tetap enak kok walaupun bumbu kacangnya sedikit, belum pernah coba, kan? Coba dulu deh!

Oiya, karena biasanya di gado-gado ada kerupuknya, kali ini kamu harus mengorbankan kerupuknya ya Dears, karena kerupuk adalah salah satu menu yang bisa menggagalkan diet kamu. Ringan, tapi berlemak jahat. Dan lebih baik request jangan pakai lontong ya, karena di dalam bumbu kacang juga sudah mengandung karbohidrat.

Bihun Goreng dan Nasi Goreng Diet

masakapahariini.com

Nah kalau ini kamu harus bikin sendiri di rumah ya. Karena kalau di tukang nasi goreng biasa, pasti nggak menyediakan menu ini hehehe. Untuk bikin nasi goreng diet kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, atau kalau kamu ingin mencari alternatif lain yang lebih murah, kamu bisa mencoba menggantinya dengan cauliflower alias kembang kol, yang bentuknya mirip brokoli tapi warna putih itu ya, Dears.

Kalau bihun goreng diet ini sebenarnya sama saja kok dengan yang dijual di rumah makan. Bedanya, porsi bihunnya harus lebih sedikit dari porsi sayurannya ya, Dears. Sayurannya bisa kamu mix sesuai dengan kesukaanmu sendiri, seperti brokoli, wortel, caisim, dan bisa juga ditambah dengan telur orak arik. Ingat penggunaan minyak tidak boleh lebih dari 1 sdm ya. Perbedaan kalori pada nasi goreng biasa atau bihun goreng biasa dengan menu diet ini cukup jauh lho, aman banget, kan?

Bread Toast Teflon tanpa Mentega

cookpad.com

Mau manggang roti tapi nggak punya toaster? Kamu bisa panggang roti kamu di panci anti lengket atau teflon kamu lho. Ingat ya, panggangnya tanpa mentega atau minyak apa pun. Letakkan roti di teflon dengan api sedang, lalu balik sebelah sisinya agar terpanggang merata. Selain sensasi makan roti panggang yang lebih crunchy, rasanya juga nggak kalah dengan roti bakar yang dijual abang-abang roti bakar lho, dan yang pasti roti panggang ini lebih aman karena mengandung lebih sedikit kadar gula daripada roti yang nggak dipanggang ya, Dears.

Untuk topping-nya, bisa pakai smashed avocado, omelette, atau protein lain yang sehat ya, usahakan jangan pakai selai yang ada di supermarket karena sudah pasti selai-selai itu tinggi gula. Kalau mau, kamu bisa coba cari selai kacang yang 100% kacang tanpa campuran gula apa pun, tapi tetap jangan banyak-banyak ya selai kacangnya.

Sushi Nasi Merah

Buat kamu pencinta makanan Jepang, pasti susah banget ya kalau sedang diet lalu ngidam makanan Jepang. Salah satunya sushi ini. Nah, aku punya tipnya agar kamu bisa makan sushi tapi tetap di jalur diet yang benar. Kamu hanya perlu mengganti nasi sushimu dengan nasi merah. Kemudian, untuk isi sushinya sebisa mungkin kurangi makanan-makanan yang berkalori tinggi. Kamu bisa mengisinya dengan timun, wortel, ikan panggang atau ikan rebus, dan yang pasti harus minim penyedap rasa ya, Dears.

Sandwich Omelette Sayur

google.com

Nah, kalau sandwich paling cocok dimakan saat sarapan ya, Dears. Kalau sandwich yang biasa kamu buat banyak menggunakan saus tomat, saus sambal dan juga mayonaise, maka kali ini kamu harus kurangi penggunaan saus-saus itu ya. Boleh, tapi hanya sedikit saja, hanya sekadar menambah rasa agar tetap seperti sandwich pada umumnya.

Untuk isinya, yang biasa kamu kasih smoked beef, chicken, cheese, maka kali ini kamu lebih disarankan untuk menggunakan omelette sayur yang terdiri dari brokoli, bawang bombay, wortel, daun bawang, dan sayuran lain yang kamu suka. Ini sebagai alternatif buat kamu yang nggak sempet masak sayur untuk makan ya, Dears. Jangan lupa, sandwich menjadi kurang lengkap kalau nggak ditambah dengan irisan tomat, timun, dan juga selada. Dijamin enak dan mengenyangkan!

Pisang Bakar Madu Cinnamon

cookpad.com

Hayo siapa yang udah pernah cobain resepnya Mbak Dewi Hughes yang berhasil turunin berat badan puluhan kilogram hanya dengan waktu singkat? Nah, salah satu menu diet beliau yang enak adalah pisang bakar ini, bisa jadi dessert sekaligus menu sarapan yang praktis. Kamu cuma perlu memanggang pisang di teflon, tanpa mentega atau minyak, tunggu hingga pisang nya berwarna lebih gelap dan bisa sedikit dipipihkan, kemudian angkat dan letakkan di piring kamu.

Sajikan dengan madu dan taburi sedikit bubuk kayu manis. Rasanya enak banget deh, tanpa gula rasanya sudah sangat manis dan aromanya juga wangi banget. Bikin mood kamu baik sepanjang hari!

Pancake Pisang

menu diet
Foto: Pexels.com

Pancake pisang ini cocok untuk kamu makan di pagi hari atau di malam hari ya, Dears. Caranya nggak ribet kok, kamu cuma membutuhkan perbandingan 1:1, yaitu 1 butir telur dan 1 buah pisang. Tapi ini juga bergantung dengan ukuran pisangnya ya, Dears. Pertama, kamu harus mengocok lepas telurnya, kemudian masukkan pisang dan hancurkan pisang sampai benar-benar halus. Kamu nggak perlu menambahkan garam lagi.

Tinggal dipanggang deh di teflon, sama seperti bikin pancake biasa. Nah setelah matang, tinggal di tumpuk cantik di piring, bisa kamu tambahkan madu dan potongan buah pisang atau berry agar lebih segar. Rasanya dijamin bikin kamu kaget dan mau lagi!

Nah, menu di atas bisa nemenin diet kamu agar kamu nggak bosan dengan makanan diet yang hambar dan nggak bervariasi ya.Terus semangat dan jangan putus asa ya untuk hidup sehat!

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

2 thoughts on “Bosan dengan Menu Diet? Ini 5 Menu Diet Anti Bosan Bonus Turun Belasan Kilogram!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *