Bokek Tapi Tetap Pengen Kulit Wajah Cantik dan Sehat? Bahan Alami Solusinya!

Dears, masa pandemi membuat pemasukan berkurang? Artinya banyak pos pengeluaran yang harus dipangkas, ya. Mungkin salah satunya adalah skin care. Kebutuhan ini bukan merupakan kelompok primer, tapi tetap penting bagi kita kaum hawa.

Dilema nggak sih, saat harus tampil cetar tapi budged tidak memungkinkan. Nggak perlu risau, ada kok solusi tepat menjaga wajah tetap cantik dan sehat walau dengan dana terbatas. Kamu bisa manfaatkan bahan alami yang ada di sekitarmu, walau dana minimal tapi hasilnya bisa tetap maksimal. Skin care apa saja yang bisa menggunakan bahan alami? berikut daftarnya.

Facial

Pict by, Dokter Sehat

Wajah kusam karena sel kulit mati menumpuk? Bisa kok facial di rumah. Idealnya facial dilakukan minimal sebulan sekali, tapi biayanya nggak murah, ya. Nah, lakukan facial dengan bahan alami di rumah saja, Dears. Kamu bisa manfaatkan gula pasir sebagai scrub alami untuk proses eksfoliasi atau mengelupasan sel kulit mati.

Campurkan gula pasir secukupnya, 1 sdm minyak kelapa, 1 sdm madu, dan air lemon, aduk hingga merata. Usapkan ke area wajah sambil diusap pelan. Vitamin C dari lemon mampu meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan minyak kelapa bermanfaat mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam. Gula dan madu merupakan pelembab alami yang mampu menangkal penuaan dini. Setelah 5 menit, bilas wajah dengan air bersih.

Alternatif kedua, campurkan gula pasir dan minyak zaitun. Kandungan omega 3 dan vitamin E pada minyak zaitun, ampuh melembutkan wajah. Gula pasir dengan kandungan asam glikolatnya berfungsi sebagai pengelupas sel kulit mati sehingga membuat wajah lebih fresh dan cerah.

Basmi Komedo

Pict by, Hipwee

Komedo di area hidung menganggu penampilan? Angkat dengan campuran madu dan putih telur. Basuh muka menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori agar lebih mudah mengangkat komedo. Campurkan 1 sdm madu dan putih telur, aduk rata lalu oles menggunakan kuas pada area wajah dengan komedo membandel. Diamkan selama 15 menit hingga mengering, lalu tarik perlahan, dan komedo akan terangkat.

Putih telur mengandung protein dan kolagen, yang membantu membuat kulit lebih kencang, juga mengurangi pembentukan komedo. Sedangkan madu menghambat perkembangan bakteri pada wajah. Jangan lupa oleskan es batu untuk menutup kembali pori-pori setelah pengangkatan komedo, ya.

Tebalkan Alis

Pict by. Hello Sehat

Alis berfungsi membingkai wajah, Dears. Tak perlu risau bila alismu tipis, apalagi berniat sulam alis. Pakai saja lidah buaya. Caranya cukup mudah, tinggal ambil sikat alis, olesi dengan gel yang terdapat pada daging lidah buaya. Kemudian oleskan secara merata pada alismu, tunggu hingga 25-30 menit, lalu bilas air dingin. Kandungan vitamin A, C, E pada lidah buaya akan membantu pertumbuhan sel rambut alismu.

Tak hanya itu, mata panda juga bisa dihilangkan dengan ramuan lidah buaya. Tanaman ini mengandung nutrisi yang mampu mencerahkan pigmen kulit. Blender daging lidah buaya hingga lembut, rendam kapas di dalamnya. Lalu tempelkan kapas yang telah direndam di area mata panda, tunggu 10-15 menit, dan bersihkan dengan air dingin.

Simple dan murah, kan, Dears. Dijamin kulit wajahmu tetap cantik dan sehat walau tanpa perawatan mahal. Selamat mencoba, ya.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *