Bingung Saat Ingin Memulai Berbisnis, 5 Tips Ini Bisa Jadi Penuntun Untuk Pemula

Bagi seseorang yang belum pernah berbisnis, memulai suatu bisnis tentulah tidak mudah. Sering kali ada keraguan-keraguan sehingga membuat seseorang menunda keinginannya untuk memulai berbisnis. Beberapa hal yang kerap membuat seseorang ragu untuk memulai berbisnis diantaranya adalah tidak memiliki modal yang besar, merasa belum memiliki pengalaman dalam berbisnis, bingung menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan, khawatir gagal dalam bisnisnya dan lain-lain. Dengan alasan-alasan tersebut itulah yang akhirnya membuat seseorang tidak kunjung berani untuk mulai berbisnis.

Dears, untuk memulai bisnis sesungguhnya yang harus kamu persiapkan adalah mental dan ide bisnis. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, sebenarnya kamu lebih mudah menjalankan suatu bisnis karena bisa dimulai dari mana saja. Bahkan jika kamu seorang karyawati atau ibu rumah tangga yang memiliki segudang kesibukan sekalipun, bisnis tetap bisa kamu jalankan.

Untuk kamu yang pemula dan masih bingung ingin berbisnis, 5 tips berikut ini bisa menjadi penuntunmu memulai berbisnis :

1. Memulai Berbisnis dengan Hal-hal yang Disukai

Foto: Unsplash

Apakah kamu memiliki hobi terhadap suatu kegiatan? Mungkin kamu suka memasak, menjahit, menulis, dan lain-lain. Semua itu bisa dijadikan bisnis. Hobi memasak bisa memilih bisnis kuliner, hobi menjahit bisa berbisnis menjahit pakaian, bahkan hobi menulis bisa dijadikan bisnis pula. Jadi kamu tidak perlu bingung mau memulai berbisnis apa atau pun sekedar mengikuti bisnis orang lain karena sudah melihat kesuksesannya. Ingatlah setiap orang itu berbeda, kamu harus mengetahui dahulu bisnis semacam apa yang cocok untuk kamu. Bisnis yang dimulai dengan hal-hal yamg kamu sukai akan lebih bertahan dan bertumbuh karena kamu pasti akan lebih gigih memperjuangkannya jika menghadapi rintangan dalam menjalankan bisnis tersebut.

2. Memulai Bisnis dari Keahlian

Foto: Unsplash

Hampir sama dengan poin yang di atas, keahlian yang kamu miliki juga merupakan hal yang paling layak untuk dijadikan bisnis. Misalnya kamu punya keahlian berbahasa Inggris, kamu bisa membuka kursus bahasa Inggris. Kamu ahli membuat kue, kamu bisa berbisnis kue. Atau membuka kursus membuat kue. Kamu memiliki keahlian merajut, kamu bisa membuat kerajinan tangan dari merajut dan menjualnya.

3. Melakukan Riset Pasar

Foto: Unsplash

Kamu bisa menentukan bisnismu dengan memulai melakukan riset pasar. Coba kamu amati apa saja yang sedang dibutuhkan masyarakat saat ini, hal-hal apa yang sedang trend dan menjadi gaya hidup di masyarakat serta seberapa besar kemampuan daya beli mereka. Dengan begitu kamu bisa menentukan bisnis yang tepat yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini, baik itu berupa barang atau pun jasa.

4. Belajar dari Orang yang Sudah Berbisnis

Foto: Unsplash

Jika kamu masih bingung ingin memulai bisnis? Tidak ada salahnya berkonsultasi pada orang lain. Barangkali kamu punya teman yang sudah sukses menjalankan sebuah bisnis. Mungkin saja ia akan dengan senang hati berbagi tips-tips dalam memulai dan menjalankan bisnisnya. Bisa jadi setelah mendengarkan cerita darinya, kamu akan menemukan sebuah ide bisnis dan dengan penuh semangat untuk segera memulainya.

5. Memulai Bisnis yang Bermodal Kecil

Foto: Unsplash

Masih ragu-ragu berbisnis karena belum berpengalaman? Kamu bisa memulai berbisnis dengan modal kecil dahulu. Dengan modal kecil kamu akan dapat terhindar dari risiko kerugian yang besar apabila usaha kamu mengalami kemacetan. Jadi jika usaha kamu berjalan lancar, kamu bisa mengembangkannya menjadi lebih besar lagi. Beberapa pengusaha besar juga memulai dari usaha kecil-kecilan dahulu.

Kamu juga bisa memulai suatu bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah sehingga tidak membutuhkan tempat yang perlu disewa. Dengan kemajuan teknologi saat ini berbisnis dengan media internet semakin populer dan berkembang. Kamu bisa menjadi reseller sebuah produk dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Dengan modal yang minim ini pun kamu pun berpeluang mendapat penghasilan yang lumayan.

Dears, beberapa tips di atas bisa menjadi penuntun kamu untuk memulai berbisnis sehingga tidak bingung dan ragu-ragu lagi. Dengan uraian di atas, mudah-mudahan kamu dapat menentukan gambaran bisnis apa yang ingin kamu jalankan.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Setiap isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *