Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 5 Tanaman ini di Ruanganmu Yuk, Dears!

Rumah yang nyaman dan sehat tentunya menjadi idaman setiap orang. Salah satunya dengan cara meletakkan tanaman pada ruangan agar udara pada ruangan menjadi segar dan wangi. Tak hanya bisa membantu menyaring udara kotor, tanaman juga bisa mempercantik ruangan dan membuatnya wangi. Dengan udara yang segar dan wangi membuat rumah terasa segar dan fresh sehingga bikin mood kamu selalu bagus.

Nah, lalu tanaman apa saja, sih, yang cocok diletakan di dalam ruangan sekaligus membuat segar dan wangi? Simak daftarnya berikut ini yuk, Dears!

1. Lavender

Pict by. Dekoruma

Siapa yang enggak jatuh hati dengan tanaman berbunga cantik warna ungu ini? Menempatkan bunga Lavender di dalam ruangan rumah, ternyata memiliki banyak manfaat, lho, Dears. Diantaranya yaitu meningkatkan kualitas tidur, bisa mengusir nyamuk serta memberi aroma yang menenangkan untuk rileksasi, tutur laman Simple Most.

Bunga lavender bisa ditanam baik di luar maupun di dalam ruangan. Jika ditanam luar ruangan, tanam di tanah dengan drainase yang baik dan terkena paparan sinar matahari penuh. Jika ditanam di dalam ruangan maka kamu harus memastikan jika tanaman lavender tersebut mendapat sinar matahari yang cukup dan dalam suhu yang sejuk.

2. Geranium Beraroma Lemon

Pict by. Dekoruma

Tanaman berikutnya yang cocok diletakkan di dalam ruangan yakni tanaman geranium. Dari semua jenis geranium, pelargonium crispum atau geranium beraroma lemon adalah yang paling terkenal. Tanaman geranium ini dapat mengeluarkan aroma jeruk lemon yang segar dan menenangkan, jelas laman Scent Geranium. Selain itu, aroma dari pelargonium crispum ini bisa mengusir nyamuk, lho, multifungsi, kan, Dears?

Perlu kamu tahu bahwa yang beraroma lemon yakni daunnya, bukan bunganya. Tanaman ini bisa tumbuh dengan tinggi hingga 7 meter dan bunganya akan mekar antara bulan Agustus ke April. Tak hanya bunganya yg bermanfaat, daun dan tunas mudanya juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak esensial.

  1. Begonia Mawar

 

Pict by. botaniku.com

Begonia mawar (Begonia fibrous hybrid) merupakan jenis tanaman berikutnya yang cocok ditempatkan di dalam ruangan.Tanaman dengan bunganya yang berwarna pink ini, tidak hanya menyejukkan hati dan indah dipandang, tapi juga dapat mengeluarkan aroma yang harum dan menenangkan. Kamu bisa menanam bunga ini di tanah pekarangan ataupun di tempatkan di pot kecil, lalu digantung di dekat jendela.

Begonia mawar merupakan tanaman yang memerlukan kelembapan tinggi dan sedikit sinar matahari. Sehingga tanaman ini kurang cocok di tempat dengan cuaca dingin. Selain itu, perubahan suhu yang mendadak bisa membuat daunnya berguguran. Di antara beberapa jenis begonia, yang memiliki aroma paling harum yaitu begonia mawar.

4. Anggrek

Pict by. Dekoruma

Tentunya kamu tahu bahwa anggrek adalah bunga yang cantik dan menjadi ikon nasional Indonesia. Beberapa jenis anggrek juga memiliki aroma yang lembut serta menenangkan.

Namun, banyak orang menganggap bahwa tanaman anggrek adalah tanaman yang high maintenance. Sehingga sedikit orang yang memelihara bunga anggrek, karena takut tidak dapat merawatnya dengan baik.

Padahal, tnggapan tersebut tak sepenuhnya benar, lho, Dears. Berdasarkan laman Orchid Info, setidaknya kamu perlu menempatkan anggrek di tempat yang terang namun terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Kemudian, apabila mulai ada daun yang menguning, itu tandanya tanaman anggrek tersebut terlalu banyak terkena sinar matahari. Siram anggrek seminggu sekali dengan cara mencelupkan akar ke dalam ember berisi air.

5. Anyelir

Pict by. ibad garden

Tanaman lain yang bisa kamu tanam di dalam rumah adalah anyelir. Tanaman dengan nama latin Dianthus caryophyllus, memiliki bunga yang tak hanya cantik dan wangi, namun juga bisa hidup di lingkungan berpolusi udara. Kemudian, menariknya lagi, kelopak bunganya memiliki aroma cengkeh yang kuat serta bisa dimakan, biasanya dipakai sebagai campuran pada salad.

Tak hanya itu, Dears, bunga anyelir juga bisa dipakai sebagai pengganti kelopak mawar untuk pembuatan sirup. Tanaman ini bisa tumbuh hingga tinggi 46 cm, pastikan tanahnya selalu lembap dan disiram rutin setiap hari.

Nah, itulah 5 tanaman yang dapat membuat ruangan dalam rumahmu menjadi segar dan harum. Bagaimana, Dears, ada rencana hendak menanam yang mana? Selamat mencoba.

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *