bubur abon

Bikin Bubur Simpel Tabur Abon untuk Menu Sarapan, Mudah dan Sehat!

Apa menu sarapan favorit kamu? Lontong sayur, soto ayam, jus dan potongan buah yang sehat, atau bubur ayam?

Untuk menu terakhir, biasanya kita beli jadi, ya. Bubur ayam memang jadi favorit banyak orang. Tapi, kalau mesti bikin sendiri, rasanya agak berat dan males sudah pasti. Bikin buburnya sih gampang, tapi taburan dan kuahnya itu agak lama dan ribet.

Hmm, daripada galau pengen makan bubur tapi malas bikin kuah bumbu sama taburannya, mending bikin bubur sehat versi saya. Bukannya males, tapi bubur satu ini benar-benar simple dibuat di pagi hari, hemat waktu, hemat tenaga, jadi bisa cepet disajikan untuk anak-anak yang mau sekolah online di rumah. Beneran, bukan males, kok 😀

Apa pun itu, buat saya membuat bubur memang nggak semudah masak nasi di ricecooker, iyalah! Karena banyak perintilannya itu, lho. Mending beli jadi, tapi pandemi begini agak susah nyari tukang bubur lewat di depan rumah. Solusinya memang harus bikin sendiri.

Sebelum pandemi, menu sehari-hari yang biasanya masih bisa diselang seling beli di warung padang, sekarang mesti dibuat sendiri semuanya. Sampai bosan pokoknya masak itu lagi…kwkwk.

Daripada emak-emak bete, mending kita putar otak supaya bisa menyajikan menu sehat, enak, tapi gampang dibuat!

nona tuna

Bahan:

1 cup beras

Secukupnya air

Sedikit garam

Topping:

Abon tuna

Taburan bawang goreng

Cara membuat:

  • Rebus beras bersama air dengan api kecil. Sering-sering diaduk, ya biar nggak gosong dan bubur matang sempurna.
  • Setelah siap, tambahkan sedikit garam, kemudian aduk.
  • Penyajian: Tuang bubur di mangkuk, tambahkan taburan bawang merah dan abon di atasnya. Jika mau pakai sambal, silakan ditambahkan juga.
  • Bubur tabur abon pun siap disantap! Mudah banget, kan? Yang mager pun bisa menyantap bubur kayak gini juga karena bikinnya gampang parah. Dimakan hangat-hangat yummy!

Cara membuat bawang goreng renyah

nona tuna

Untuk taburan bawang gorengnya saya bikin sendiri, lho. Caranya gampang juga, tapi mesti telaten.

  • Tinggal bersihkan bawang merah dan iris tipis memanjang.
  • Kemudian beri sedikit garam dan aduk rata.
  • Panaskan minyak goreng dengan api keci, goreng bawang yang sudah dicampur garam barusan, aduk terus sampai keemasan.
  • Ingat, ya, nggak boleh ditinggalin itu bawang goreng. Wajib terus diaduk sampai matang. Angkat.

Saya memang selalu stok bawang goreng karena anak-anak doyan banget. Dimakan dengan nasi panas plus telur ceplok aja sudah nikmat…hadeh, jadi ngiler, kan?

Abon Tuna Nona Tuna

abon nona tuna

Kalau kamu bosan makan abon ayam atau daging sapi, coba varian abon lainnya, deh. Salah satunya pakai abon tuna dari Nona Tuna! Kenapa harus coba abon Nona Tuna?

  • Dibuat dari 100% tuna asli
  • Bersertifikat halal MUI
  • Tanpa MSG
  • Tanpa pengawet
  • Punya varian rasa pedas dan tidak pedas

Jadi, yakin aman banget andai dikonsumsi dalam jangka panjang plus nggak khawatir juga kalau dikonsumsi oleh anak-anak. Kebetulan, anak-anak nggak doyan pedas, saya pilih varian abon tuna yang nggak pedas. Sedangkan untuk emaknya, favorit banget yang pedas dong.

Rasa dan Kemasan Nona Tuna

Soal rasa, Nona Tuna ini enak banget, terutama yang pedas. Pedasnya nggak galak…kwkwk. Pas aja di lidah, nggak bikin kesel pas makan… 😀

Kemasannya pun cakep banget. Kalau kita traveling, bisalah diselipin di ransel. Soalnya kalau jalan-jalan, kadang suka ribet sama menu buat anak-anak. Kebanyakan nggak cocoknya kalau makan di luar.

Kalau ada abon, tinggal siapin nasi panasnya. Jangan lupa bawang gorengnya biar ada sensasi kres-kresnya 🙂

Gimana? Mau coba juga bikin bubur tabur abon seperti saya? Jangan lupa bikin bawang gorengnya plus pakai abon tuna Nona Tuna, ya! Dijamin nagih 😀

Salam hangat,

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *