Berlibur ke Semarang? Wajib Bawa 4 Oleh-Oleh Ngehits Ini, ya, Dears

Hai, Dears, kemana kamu akan berlibur akhir pekan ini? Mungkin Semarang bisa jadi salah satu alternatifnya. Selain aksesnya mudah karena dapat menggunakan berbagai alat transportasi umum, di sana kita juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik. Mulai dari melihat indahnya alam di Bandungan, melihat candi-candi di Gedong Songo, merasakan aroma mistis di Lawang Sewu, dan berbagai objek wisata lain yang tak kalah bagusnya.

Oh iya, tentunya liburan terasa kurang lengkap tanpa buah tangan untuk sanak saudara, bukan? Alangkah senangnya mereka mendapat perhatian dari kita. Apalagi kalau oleh-oleh yang dihadiahkan adalah ciri khas sebuah tempat. Begitu pun di Semarang, memiliki berbagai makanan istimewa yang menjadi ciri khasnya. Berikut adalah 5 oleh-oleh yang wajib kamu bawa ketika berlibur ke Semarang.

1. Lumpia

Lumpia atau “lunpia” Semarang memiliki ciri khas, yaitu isian utamanya yang berasal dari rebung. Namun kita bisa memilih berbagai varian, seperti telur, ayam, maupun udang. Hmm, rasanya renyah di luar, lezat di dalam. Tak heran jika lumpia menjadi salah satu kuliner yang wajib dibungkus ketika ke Semarang. Lumpia yang terkenal di Semarang diantaranya adalah Lunpia Cik Mei Mei dan Lunpia gang Lombok.

2. Wingko Babat

Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Sebenarnya wingko babat berasal dari Babat, Lamongan, Jawa Timur, tapi justru terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang. Wingko Babat yang terkenal adalah merk Kereta Api dan NN Meniko Stoom Mini.

3. Tahu Bakso

Kalau di Bandung terkenal dengan bakso tahu dalam batagor, maka di Semarang terkenal dengan tahu bakso. Tahu goreng yang isinya bakso. Biarpun tahu bakso banyak, tapi dari Semaranglah yang paling enak. Lembut di luar, kenyal di dalam. Dalam artian, tahunya lembut dan baksonya kenyal serta terasa dagingnya. Dari semua tahu bakso yang ada di Semarang, yang paling terkenal adalah merk “Tahu Baxo Ibu Pudji”. Outletnya pun banyak dan besar, sehingga cukup mudah ditemukan.

4. Bandeng Presto

Bandeng presto atau bandeng duri lunak sebenarnya merupakan makanan khas Juwana, sebuah tempat di Kota Pati, Jawa Tengah. Namun bandeng presto telah menjadi salah satu ikon kota Semarang. Bandeng Presto yang terkenal diantaranya merk Bandeng Juwana dan Bandeng Erlina. Outletnya ada di tengan kota sehingga mudah menjumpainya

Nah Dears, selamat berlibur, ya! Semoga raga, hati dan pikiran kembali prima. Sanak saudara pun turut bahagia karena oleh-oleh yang kita hadiahkan bagi mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *