Benarkah Dipijat Bisa Memperburuk Kondisi Sendi dan Tulang?

Dears, pernah ke tukang pijat ketika badan mengalami pegal atau setelah terkilir akibat kecelakaan? Dipijat memang bisa meredakan nyeri di bagian sendi atau tulang yang sakit, tetapi efek sampingnya ternyata bisa memperburuk kondisi keduanya juga, lo.

Banyak orang yang sudah terbiasa dipijat, baik itu di tempat spa ataupun di tempat orang tertentu yang memiliki keahlian memijat. Dengan melakukan pemijatan, dipercaya dapat mengurangi dan bahkan menyembuhkan sakit nyeri akibat terkilir ataupun karena pegal sendi. Di balik kenyamanan yang diperoleh setelah pemijatan, ternyata ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dari efek pemijatan ini, Dears.

1. Tidak Sepenuhnya Tahu Kondisi Sendi dan Tulang

Orang yang memijat tidak pernah tahu kondisi sendi maupun tulang yang dikeluhkan pasien. Mereka hanya menggunakan insting dan sugesti dalam dirinya untuk memijat di sekitar area yang dirasa sakit oleh pasiennya, sehingga, jika memijat tanpa tujuan menyembuhkan sesuai yang diharapkan, justru bisa memengaruhi kondisi tulang maupun sendi si pasien.

2. Keahlian Tanpa Pengetahuan Ilmiah

Seseorang yang berani membuka praktik pemijatan tentu sudah memiliki keahlian di bidang tersebut. Tapi, apakah bisa dibuktikan jika keahlian itu berdasar pengetahuan ilmiah mengenai struktur anatomi tubuh manusia? Jika si pemijat tidak bisa menjamin keahlian yang digunakan, harus dipertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk dipijat. Karena praktik tanpa dasar ilmu yang jelas bisa membahayakan pasien.

3. Praktik Ilegal Pemijatan

Bukannya bermaksud memberikan statement buruk terhadap tempat praktik pijat, akan tetapi, melakukan treatment pemijatan di tempat yang belum memiliki perizinan yang jelas haruslah berhati-hati. Jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri karena datang di tempat pijat yang tidak berlisensi jelas.

4. Kondisi Setelah Pemijatan

Jika si pasien dipijat hanya karena pegal sendi, efek dari pijatan tubuh menjadi lebih rileks dan enteng. Tapi kebanyakan orang yang sudah terbiasa melakukan pijatan, merasa ketergantungan saat tubuh mulai lelah dengan rutinitas harian. Memang tidak ada masalah terhadap sendi saat itu juga, namun jika keseringan dan menjadi kebiasaan pasti ada pengaruh pada sendi saat sudah mulai menua, karena selalu dipijat saat sendi dan tubuh merasa pegal-pegal.

5. Kejadian Tidak Diharapkan dari Pemijatan

Pemijatan tidak hanya dilakukan pada orang yang mengalami pegal sendi maupun pegal tubuh saja, tetapi bisa menjadi alternatif saat ada anggota tubuh yang terkilir akibat jatuh atau kecelakaan. Hal inilah yang sebaiknya dipertimbangkan kembali sebelum pemijatan.

Pasalnya, banyak kasus yang tidak diharapkan setelah seseorang melakukan pemijatan akibat terkilir atau kecelakaan. Di antara kasus yang sering terjadi, posisi tulang menjadi semakin buruk akibat pemijatan yang salah hingga harus dilakukan amputasi pada bagian yang salah pemijatan. Seperti alasan sebelumnya, orang yang memijat tidak bisa memastikan dengan benar kondisi sendi maupun tulang yang dialami pasien, sehingga jika salah tindakan juga bisa berdampak buruk bagi anggota tubuh yang dipijat.

6. Periksa Kondisi ke Rumah Sakit

Sebaiknya, apa pun keluhan yang dialami, baik itu yang berhubungan dengan sendi maupun tulang, kamu tidak bertindak sembarangan dengan melakukan pemijatan. Jika mengalami masalah pada anggota gerak atau tulang, sebaiknya langsung diperiksakan ke rumah sakit untuk di-rontgen agar jelas kondisi yang dialami pasien. Jika hanya nyeri sendi, bisa saja terjadi kelebihan purin yang menjadi pemicu terjadinya asam urat, dan untuk solusinya bisa dicek untuk kadar asam uratnya.

Dears, itulah yang harus dipertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk melakukan pemijatan. Meski banyak yang berhasil setelah pemijatan, namun kondisi dan keluhan yang berbeda untuk setiap orang bisa berdampak pada hasil pemijatan yang dilakukan berbeda pula.

 

*Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *