konmari

Belajar Berbenah dari Ratu Rapi Dunia! Inilah KonMari, Teknik Berbenah Orang Jepang Ini Buat Hidup Lebih Gembira

Dears, pernah nggak, sih kamu menghabiskan banyak waktu untuk berbenah rumah yang berantakan tapi hanya sekejap rapinya? Menghadapi kondisi  seperti itu sering kali membuat kita kesal, benar nggak, Dears? Pastinya akan sangat menyenangkan ya, jika setiap saat yang kita lihat adalah kerapian dengan barang-barang yang tersusun secara teratur.

Nah, ngomongin soal kerapian, ada orang Jepang yang dijuluki sebagai “Ratu Rapi” dunia. Dia adalah Marie Kondo.  Marie Kondo dikenal sebagai konsultan yang berjasa membantu para kliennya menyulap kondisi rumah yang berantakan menjadi tempat tinggal yang damai dan menyenangkan. KonMari adalah nama metodenya. KonMari yang diperkenalkan dalam buku Marie Kondo yang berjudul , ‘The Life-Changing Magic of Tidying up“, memang cukup fenomenal. Dengan penjualan  lebih dari 6 juta kopi di seluruh dunia, membuktikan bahwa banyak orang ingin mengubah hidup lebih bahagia dengan merapikan barang-barang mereka. Apa dan bagaimana KonMari yang  booming itu, yuk, cari tahu di sini.

Apa itu KonMari ?

Sejatinya KonMari adalah cara hidup dan keadaan pikiran  seseorang yang mendorong untuk menghargai hal-hal yang memicu kegembiraan dalam kehidupan. Jadi di sini dimaksudkan bahwa barang yang kita simpan hanya barang yang dibutuhkan dan yang  memicu kegembiraan. Jika sesuatu di rumah penuh dengan barang yang tidak dibutuhkan dan  tidak kamu senangi, bukankah lebih baik jika memberikannya kepada yang membutuhkan, setuju kan, Dears?

Lakukan Refleksi Diri Sebelum Aksi Berbenah.

Marie Kondo mengajak kamu melakukan refleksi diri terlebih dahulu sebelum aksi bebenah. Antara lain dengan bertanya pada diri sendiri apa sih tujuan merapikan rumah, gambaran kondisi rumah bagaimana yang diinginkan, apakah kamu termasuk orang yang tetap nyaman jika kondisi berantakan ataukah itu akan menggangu pikiranmu? Jika kamu telah siap dan memang butuh  kerapian barulah action dilakukan.

Berbenah Sekali Tapi Menyeluruh

Dalam aksi rapi-rapi, lakukan secara menyeluruh jangan tanggung-tanggung. Misalnya kita akan beberes pakaian, maka lakukan secara keseluruhan. Keluarkan semua pakaian, sortir mana yang benar-benar diperlukan dan kamu senangi. Dengan melihat banyaknya baju dan mungkin juga banyak juga yang tidak kamu perlukan, maka kamu akan lebih ikhlas memberikannya pada orang lain. Hal ini memberikan tujuan jelas, untuk apa menimbun barang yang tidak akan kamu pakai.

Lakukan Menurut Kategori, Bukan Berdasarkan Lokasi

konmari
Foto: harpersbazaar.co.id

Marie Kondo menyarankan untuk mengikuti aksi  bebenah menurut urutan yang telah dibuatnya. Alasannya adalah agar mood  dan semangat kita tetap terjaga. Urutannya yaitu:

  1. Pakaian (atasan, bawahan, kaus kaki, baju dalam, tas, aksesori, pakaian khusus, sepatu).
  2. Buku.
  3. Kertas.
  4. Komono (pernak-pernik).
  5. Barang sentimentil (foto, surat, file dan sebagainya).

Jika urutan dari pakaian sampai barang sentimentil sudah kamu ikuti berarti kamu sudah paham metode KonMari ini. .

Target Utamanya Adalah Kesederhanaan, Hanya Menyimpan Barang yang Dibutuhkan.

Karena targetnya hanya menyimpan barang yang dibutuhkan, jadi meski kamu beli tempat penyimpanan atau boks kontainer sebesar apapun tidak akan menjadikan solusi.

Tekhnik Melipat dan Menyimpan

Foto: shadesofbeingme.com

Metode KonMari dalam  melipat pakaian adalah  persegi panjang yang disimpan secara vertikal atau  tegak.  Dengan teknik lipat tegak didalam laci membuat kamu mudah melihat semuanya secara sekilas karena tidak ada barang ditumpukan  bawahnya. Teknik penyimpanan vertikal ini juga akan membuat pakaian kamu tidak mudah kusut.

Bagamana, Dears? tampaknya asyik ya, mengikuti arahan sang “Ratu Rapi” dalam bebenah. Pastinya aksi bebenah ini mendatangkan banyak manfaat. Beberapa klien Marie Kondo bahkan mengatakan bahwa hasilnya bisa mengubah hidup mereka. Perasaan “plong” saat mengetahui hanya ada hal-hal yang memberikan kejelasan, tidak terbebani dengan barang atau hadiah yang tidak diinginkan, pakaian yang sudah tidak lagi cocok atau kecemasan tentang masa depan.  Jadi, apakah kamu tertarik, Dears? Lakukan secara santai saja, dimulai dari lemari baju kamu, sudahkah tertata rapi?

One thought on “Belajar Berbenah dari Ratu Rapi Dunia! Inilah KonMari, Teknik Berbenah Orang Jepang Ini Buat Hidup Lebih Gembira”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *