Begini Cara Mudah Atasi Anak yang Sering Bermain Gadget

Dears, di zaman yang semakin maju ini semua orang pasti memiliki perangkat gawai (gadget) yang dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer. Hampir semua hal dan informasi dapat terpenuhi dengan mudah melalui perangkat telepon pintar ini.

Dibalik segudang manfaat yang kita dapatkan dari kecanggihan teknologi saat ini, pasti ada pula dampak buruknya jika kita tidak dapat menggunakannya dengan tepat. Dampak buruk adanya gadget juga dapat terjadi pada anak-anak jika mereka lepas dari pengawasan.

Untuk anak yang sudah telanjur sering bermain gadget, kali ini ada tips mudah untuk membantu para orang tua. Boleh kamu coba ya, Dears!

sumber : id.pinterest.com

Kurangi Bermain Gadget di Depan Anak

Jika ingin mengurangi kebiasaan anak bermain gadget, harus dimulai dari orang tuanya terlebih dahulu. Peran orang tua disini sangat penting untuk memberi contoh pada buah hati agar tidak sering menyentuh benda tersebut. Anak akan sulit diberi penjelasan mengenai dampak negatif dari smartphone jika orang tuanya sendiri masih sering menggunakannya di depan mereka.

Ganti Konten di Smartphone dengan Game Mendidik

Hal yang paling utama dalam mengatasi masalah anak yang bermain gadget adalah dengan mengurangi intensitas waktu dalam bermain gadget. Cara ini akan lebih mudah mengalihkan perhatiannya sedikit demi sedikit. Tips selanjutnya, kamu bisa mengganti konten atau game di smartphone yang dibawa si kecil dengan game yang lebih mendidik agar ada manfaatnya buat si kecil. Namun meskipun game-nya mendidik, tetap awasi anak agar tidak salah penafsiran dengan game yang dimainkan.

Luangkan Waktu untuk Berkomunikasi dengan Anak

Kebanyakan orang tua yang memberikan fasilitas gadget sejak kecil pada anak karena mereka kurang memiliki waktu untuk berkomunikasi secara intensif dengan anaknya. Orang tua berusaha menyenangkan anaknya dengan memberikan gadget. Nah, jika melihat dampak penggunaan benda ini pada anak di usia dini, sebaiknya mulai sekarang kamu harus lebih meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan si kecil. Kamu bisa bercerita tentang sekolah, teman-temannya, lingkungan, dan hal lainnya yang menarik minat anak.

Berikan Mainan yang Mendidik untuk Anak Sejak Balita

Untuk kamu yang memiliki balita dan sudah sering bermain gadget, lebih baik hentikan secara bertahap mulai saat ini sebelum sampai pada taraf kecanduan. Gantilah dengan memberi mainan untuk anak kecil seusianya agar sesuai dengan perkembangannya. Lebih baik lagi jika memberikan mainan yang mendidik seperti audio huruf abjad dan huruf hijaiyah.

Dears, memberikan fasilitas gadget kepada buah hati memang tidak salah, namun jika usianya belum cukup hanya akan menghambat perkembangan si kecil dan membuatnya menjadi anak yang antisosial. Kamu pasti tak mau melihat buah hatimu menolak bergabung dengan teman sebayanya dan lebih memilih fokus bermain dengan gadget, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *