Bayi Tidak Dianjurkan Menggunakan Tisu Basah, Ternyata Ini Alasannya

Dears, perlengkapan apa saja sih yang wajib ada saat membawa bayi keluar rumah? Pastinya sangat banyak ya, apalagi jika pergi hingga berjam-jam, perlengkapan yang dipersiapkan juga semakin banyak. Salah satu perlengkapan yang wajib dibawa adalah tisu basah.

Tisu basah sangat membantu untuk membersihkan kulit bayi. Biasanya digunakan untuk mengelap saat kulit bayi kotor, mengelap keringat, hingga membersihkan air seni dan tinja. Namun, tidak semua bayi aman saat menggunakannya. Ada yang mudah mengalami iritasi kulit hingga alergi parah, tetapi ada juga yang tidak menimbulkan reaksi apa pun.

Berikut penjelasan klinis mengenai penyebab tisu basah bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi, serta alternatif pengganti lainnya dari tisu basah.

Kandungan Bahan

Produk apa pun yang menimbulkan efek samping, pasti ada kaitannya dengan komposisi bahan yang digunakan. Begitu juga dengan tisu basah. Bahan yang mudah menyebabkan iritasi kebanyakan berasal dari alkohol dan pewangi. Memang kedua bahan itulah yang membuat tisu basah disukai banyak orang karena ada aroma yang bisa menetralkan bau. Tapi di sisi lain, bahan tersebut juga penyumbang iritasi kulit pada bayi yang masih memiliki kulit sensitif terhadap bahan-bahan dengan konsentrasi tinggi.

Efek Tisu Basah

Efek yang biasanya timbul berupa ruam merah, gatal, iritasi kulit seperti lecet, hingga bengkak. Bagian tubuh yang sering terjadi iritasi umumnya di daerah selangkangan, pantat dan di sela-sela jari. Bagian itu mudah terjadi iritasi kulit karena termasuk daerah lipatan tubuh dan lembab jika sering bersentuhan dengan bahan sensitif seperti kandungan yang terdapat dalam tisu basah.

Kondisi Terburuk Penggunaan Tisu Basah

Jika efek ringan dari penggunaan tisu basah berupa gatal dan ruam kulit saja, maka efek ke depannya jika tidak segera dihentikan penggunaannya akan timbul alergi yang cukup hebat hingga tidak kunjung sembuh. Jika sudah seperti itu, segera periksakan ke dokter ya, Dears, mengingat kulit bayi masih sangat tipis dan sensitif, sehingga perlu perhatian dalam setiap penggunaan perlengkapannya.

Pengganti Tisu Basah

Ada masalah tentu ada solusinya. Penggunaan tisu basah yang sangat membantu bagi orang tua yang memiliki bayi bisa diganti dengan cara yang lebih aman, seperti penggunaan air hangat untuk membilas air seni atau tinja bayi. Sedangkan untuk membersihkan, cukup dengan lap bersih dan dibantu air jika sulit dilap. Selain itu, jika ada jenis tisu basah yang tanpa mengandung alkohol maupun pewangi masih aman digunakan ya, Dears, karena masalah iritasi kulit disebabkan kandungan bahan tersebut.

Memang penggunaan air tidak sepraktis tisu basah, namun mengingat besarnya risiko jika penggunaan terus menerus pada bayi juga bisa berakibat buruk, lho. So, daripada menimbulkan efek samping setiap digunakan, sebaiknya kamu hindari ya, Dears.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Setiap isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *