Bau Mulut Mengganggu? Ikuti 5 Tips Ini untuk Napas Tetap Segar Selama Berpuasa

Dears, bau mulut atau holitolis merupakan masalah kesehatan mulut yang sering dialami terutama ketika berpuasa. Jika tidak diatasi, hal ini tentu akan membuatmu tidak nyaman ketika sedang berbicara dengan orang lain, serta akan memengaruhi kekhusyukan dalam berpuasa.

Ketika berpuasa, kita tidak makan atau minum selama berjam-jam sehingga memengaruhi produksi air liur di dalam mulut dan saluran pencernaan. Hal inilah yang menjadi penyebab bau mulut atau holitolis.

Namun, jangan khawatir ya, Dears, berikut ini ada 5 tips agar napas tetap segar dan terhindar dari bau mulut selama berpuasa. Simak, yuk!

1. Perbanyak Minum Air Putih

Foto: Pinterest.com

Untuk mencegah bau mulut ketika berpuasa, salah satunya yaitu dengan memperbanyak minum air putih ketika makan sahur dan berbuka puasa. Dengan minum banyak air putih dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga membantu produksi air liur di dalam mulut. Kurangnya produksi air liur menjadi penyebab utama bau mulut.

Jadi, pastikan asupan cairan untuk tubuh terpenuhi agar terhindar dari bau mulut serta napas tetap segar selama berpuasa.

2. Minum Teh Hijau

Foto; Pinterest.com

Teh hijau biasanya dipakai untuk membantu menurunkan berat badan. Namun ternyata khasiat lain dari teh hijau yaitu dapat membantu menyehatkan gusi dan mulut.

Kandungan polifenol pada teh hijau terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan pada gigi dan gusi. Teh hijau juga dipercaya memiliki kandungan anti bakterial dan antivirus sehingga sangat cocok sebagai pencegah bau mulut.

3. Berkumur dengan Air Garam

Foto: Pixabay.com

Memiliki napas segar, apalagi ketika sedang berpuasa tentunya menjadi hal yang diinginkan, namun bau mulut justru menjadi masalah yang kerap dialami ketika berpuasa. Kamu dapat mencoba berkumur dengan air garam untuk mencegah bau mulut.

Larutan garam dipercaya mampu berperan sebagai antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut, sehingga napas tetap segar meskipun sedang berpuasa.

4. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Berbau Tajam

Foto: Pixabay.com

Cara lain untuk mencegah bau mulut ketika berpuasa yaitu dengan menghindari makanan yang berbau tajam saat makan sahur, seperti bawang bombay, jengkol maupun pete. Makanan yang berbau tajam tentunya akan meninggalkan aroma yang menyengat dan menyebabkan bau mulut.

5. Memakai Obat Kumur

Foto: Pinterest.com

Di pasaran kini sudah banyak beredar obat kumur yang mengandung anti bakterial yang berfungsi untuk membunuh kuman serta bakteri, bahkan ada juga yang dilengkapi aroma yang dapat membuat napas menjadi segar.

Untuk menjaga napas tetap segar ketika berpuasa, kamu dapat menggunakan obat kumur ketika selesai makan sahur. Namun, pastikan bahwa obat kumur tersebut aman dan halal serta tidak mengandung bahan kima yang berbahaya.

Bagaimana, Dears? Tidak perlu khawatir lagi, ya, mengenai bau mulut ketika berpuasa. Selain dengan mencoba tips di atas, menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang terpenting agar napas tetap segar dan terhindar dari bau mulut. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *