Bau Mulut, Masalah Utama yang Membuat Illfeel Saat Berbicara dengan Orang Lain

Bau mulut atau dalam dunia kesehatan disebut Halitosis menjadi masalah yang tak bisa dihindari oleh semua orang. Terlebih orang-orang tertentu yang memang kondisinya memiliki bau mulut yang kurang sedap setiap saat. Hampir orang disekelilingnya merasa enggan ketika diajak berbicara olehnya. Bahkan ada yang sampai menghindari obrolan hanya karena bau mulut seseorang yang mengganggunya.

Pada dasarnya setiap orang berpotensi untuk dapat menimbulkan bau mulut. Akan tetapi hanya orang-orang tertentu yang memang memiliki bau mulut sangat mengganggu saat berbicara. Bau mulut yang ditimbulkan pun penyebabnya berbeda-beda karena ada banyak faktor yang memicu timbulnya bau mulut ini. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, masalah kesehatan hingga gaya hidup dapat menjadi faktor penyebabnya. So, jika mau tahu lebih dalam mengenai masalah bau mulut, lanjut bacanya ya, Dears.

Pencetus Bau Mulut

Bau mulut diakibatkan oleh kondisi mulut atau lebih tepatnya organ pencernaan di bagian atas memiliki masalah. Biasanya bau mulut ini timbul ketika seseorang mengonsumsi makanan yang menimbulkan bau kurang sedap seperti bawang, ikan, keju, kopi hingga minuman beralkohol. Selain itu bau mulut ini juga disebabkan oleh bakteri yang hidup di dalam saluran cerna yang menghasilkan sulfur di permukaan lidah. Bakteri ini akan bereaksi dan menghasilkan volatile sulphur compounds (VSC) yang membuat mulut berbau kurang sedap.

Terkadang seseorang yang memiliki masalah bau mulut kurang menyadari jika ketika mereka berbicara atau hanya menghela nafas menimbulkan bau mulut yang mengganggu lawan bicaranya. Bau mulut ini juga dapat disebabkan karena suatu penyakit atau kondisi mulut yang kurang sehat seperti gigi berlubang, plak gigi bahkan dehidrasi. Yap! seringkali kita tidak menyadari ketika mulut kering dapat memicu timbulnya bau kurang sedap pada mulut. Untuk itu mulut harus selalu terhidrasi agar memproduksi air liur yang berguna untuk membersihkan mulut secara alami.

Mengecek Bau Mulut Sendiri

Untuk orang yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki masalah bau mulut pasti tidak akan pernah tahu jika tidak ada yang berkata langsung kepadanya. Namun sebagai lawan bicaranya terkadang kita merasa kurang sopan jika komplain dengan bau mulut seseorang. Nah untuk mengetahui apakah mulut berbau kurang sedap bisa mengecek sendiri loh. Bagi sebagian orang memang terkesan jorok, tapi tak perlu khawatir jika memang untuk kebaikan sendiri ‘kan.

Cara pertama dapat dilakukan dengan menjilat pergelangan tangan, kemudian tunggu hingga kering dan selanjutnya cium aromanya. Dengan begitu dapat mengetahui apakah mulut berbau kurang sedap atau tidak. Cara lainnya dengan memperhatikan saat pengecapan, biasanya ludah yang cenderung kental dan berbusa akan menimbulkan bau kurang sedap di mulut. Ditambah lagi jika terdapat sisa makanan di dalamnya.

Dan untuk cara terakhir juga dapat meminta bantuan orang lain. bukan untuk mempermalukan diri sendiri, namun untuk lebih memastikan jika kedua cara pengecekan sebelumnya kurang berhasil. Yaitu dengan bertanya apakah lidah kamu memiliki lapisan putih atau tidak. Karena lidah yang memiliki lapisan putih merupakan salah satu tanda jika memiliki masalah bau mulut akibat sulfur yang diproduksi seperti penjelasan sebelumnya.

Mengatasi Bau Mulut Kurang Sedap

Menjaga kebersihan memang suatu cara ampuh agar tidak mudah terkena berbagai masalah kesehatan termasuk kesehatan mulut seperti bau mulut. Dengan rajin menggosok gigi 2x sehari dan selalu menjaga mulut tetap terhidrasi adalah langkah mudah untuk mencegah timbulnya bau mulut ini. Namun, kesehatan gigi seperti gigi berlubang atau penggunaan gigi palsu juga dapat menjadi pemicu masalah bau mulut seseorang yang sulit dihilangkan.

Selain itu cara lainnya adalah berkumur dengan obat non alkohol, karena alkohol sendiri dapat menjadi pemicu timbulnya bau mulut jika dikonsumsi. Dan pastinya mengunjungi dan periksa ke dokter gigi secara berkala adalah solusi terbaik jika masalah bau mulut sulit untuk dihilangkan.

Nah itu dia, Dears, beberapa hal yang harus kamu ketahui jika memiliki masalah dengan bau mulut. Setiap orang memang berpotensi untuk memiliki masalah seperti bau mulut ini, namun selama bisa dicegah dengan cara yang mudah mengapa tidak melakukannya saja, Dears.

Sumber: Kurio (yang telah dimodifikasi)

 

Featured image: Photo by  Oleg Magni on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *