Bahagia itu Mudah dan Berkah, Mau Tahu Rahasianya?

Apakah kamu sudah bahagia? Apa, sih definisi bahagia menurutmu? Bahagia itu sebenarnya mudah dan berkah kalau tahu rahasianya. Bahagia itu kita sendiri yang menciptakan, bukan orang lain, Dears.

Banyak orang merasa bahagia saat mereka berhasil melakukan sesuatu atau mendapatkan apa yang mereka inginkan.  Namun, berapa lama mereka akan merasa bahagia?

Kebahagiaan sejati menurut Islam adalah kebahagian yang sesungguhnya, tidak bisa diukur dengan banyaknya harta atau kekayaan, status atau pangkat sosial dalam kemasyarakatan, dan atau semua kemewahan yang dimiliki seseorang. Kebahagiaan itu terletak pada ketenangan hati dan jiwa.

Banyak cara untuk membuat kita bahagia, tapi ada dua cara yang paling mudah dan berkah mendapatkan kebahagian yang sejati.

Selalu Bersyukur

Inti dari kehidupan ini adalah bersyukur atas nikmat kehidupan yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Di dalam surah Ar-Rahman, kalimat ini selalu diulang sampai 31 kali, Fa-biayyi alaa’i Rabbikuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?), yang diletakan di akhir setiap ayat, yang menjelaskan karunia Allah yang diberikan kepada manusia.

Ada nasihat yang baik dari para Ulama dalam menjalani kehidupan ini untuk selalu tetap bersyukur.

· bila kita sukses dalam hidup, janganlah lupa untuk bersyukur.

– bila kita gagal, harus bersabar dan jangan selalu melihat keatas, ihatlah di bawah kita. Masih banyak yang lebih menderita.

Beberapa penelitian ilmiah pun telah menyebutkan bahwa menerapkan pola rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat berkali-kali lipat, di antaranya, memberikan perasaan nyaman dan hati menjadi tenang.

Selalu Berbagi

Profesor Adam Grant dari Wharton Business School yang terkenal dengan bukunya “Give and Take” , memaparkan konsep “Membantu orang dalam 100 jam”. Dengan meluangkan 100 jam selama setahun, atau rata-rata 5 menit dalam sehari untuk membantu sesama manusia, dapat menimbulkan rasa kebahagiaan dan mengurangi perasaan depresi dan stres.

Berbagi tidak musti harus kaya atau harus pintar.  Cara yang paling mudah untuk berbagi adalah dengan berbagi senyuman untuk orang lain.

Mari kita budayakan setiap hari, setiap waktu untuk selalu bersyukur, gemar berbagi dan berbuat kebaikan kepada orang orang lain untuk mendapatkan kebahagian yang sejati.

Seperti kutipan pepatah Cina mengatakan
Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan dalam satu jam, tidurlah.
Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan dalam sehari, pergilah memancing.
Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan dalam setahun, mintalah keberuntungan.
Bila kau ingin mendapatkan kebahagiaan seumur hidupmu, maka tolonglah orang lain

Ternyata mudah, ya, Dears, untuk merasa bahagia. Jangan lupa rahasianya, selalu bersyukur dan berbagi agar hidup semakin berkah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *