mencegah obesitas pada anak

Bagaimana Cara Mencegah Obesitas Pada Anak? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mengatasinya

“Duh, gemes banget sama si dedek endut!”

Kalimat tersebut tentu akan spontan terucap saat melihat seorang balita bertubuh gemuk. Memang, sih, balita yang mempunyai tubuh tambun kelihatan lucu menggemaskan, Dears. Sebagian orang tua juga menjadikan fisik yang gemuk sebagai tolok ukur kecukupan gizi serta kesehatan buah hati. Padahal kenyataannya tidak demikian, Dears. Anak yang gemuk belum tentu sehat, dan balita yang tampak kurus bukan berarti tak bugar. Justru kini obesitas tengah mengintai anak-anak. Sehingga penting bagi orang tua untuk mengetahui cara tepat mencegah obesitas pada anak.

Obesitas atau kegemukan sudah tergolong sebagai penyakit. Kondisi fisik dengan bobot berlebih ini bukan hanya membuat anak minder, tersisih dari pergaulan, atau sulit melakukan beragam aktivitas, tetapi juga memicu berbagai penyakit berbahaya seperti, jantung, diabetes, gejala asma, gangguan tulang dan sendi, sampai kolesterol tinggi. Lalu, langkah apa yang sebaiknya dilakukan orang tua guna mencegah obesitas pada anak?

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
mencegah obesitas pada anak
Foto: Pexels.com

Malas bergerak merupakan salah satu penyebab obesitas pada anak. Oleh karena itu, penting bagimu membiasakan buah hati melakukan aktivitas fisik setiap hari. Beri teladan dengan mengajaknya berolahraga, melakukan permainan di luar rumah, atau sekadar jalan-jalan menemani kamu berbelanja. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan senantiasa bergerak aktif, maka bobot tubuh anak akan terkontrol, kadar kolesterol baik (HDL) naik, dan menghindarkan buah hati dari risiko penyakit berbahaya seperti diabetes atau kanker.

  1. Mengubah Pola Makan Keluarga
mencegah obesitas pada anak
Foto: hellosehat.com

Anak akan meniru segala perilaku orang dewasa yang ada di sekelilingnya. Nah, bila kamu tidak memberikan contoh cara makan yang sehat, jangan harap anak akan berubah, Dears. Si kecil yang terbiasa dengan aneka menu instan, junk food, makanan tinggi kalori dan gula, serta kaya MSG, tak akan mampu mengerem kebiasaan buruknya. Jadi langkah tepat yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua ialah memperbaiki pola makan keluarga dan selalu menambah pengetahuan terkait gizi bagi buah hati. Ketahui pemilihan bahan makanan yang baik serta cara tepat menyajikannya. Sebagai contoh, menyediakan camilan sehat berbahan buah atau sayuran, roti gandum, kentang, dan sejenisnya.

  1. Perbaiki Waktu Istirahat
mencegah obesitas pada anak
Foto: Pexels.com

Tanpa disadari, ternyata pola tidur anak bisa memengaruhi bobot tubuhnya, lho. Hal ini dikarenakan anak yang tidur lebih malam, nafsu makannya cenderung meningkat. Oleh karena itu, kamu harus mendisiplinkan si kecil agar tidur awal, ya, Dears.

  1. Pengertian dan Perhatian
mencegah obesitas pada anak
Foto: Pexels.com

Apabila anak sudah memungkinkan untuk diberikan pengertian, maka kamu wajib memberi tahunya tentang pentingnya melakukan gaya hidup sehat. Edukasi anak supaya mengerti bahayanya makan terus menerus serta apa saja efek yang mengancamnya jika memilih makan tanpa kontrol. Di samping itu, kamu juga harus bersikap tegas apabila anak membandel, enggan melahap makanan bernutrisi, atau terus memelototi layar gawai dan televisi. Ingatkan dia dengan sabar dan konsisten, ya, Dears.

  1. Kontrol Rutin
mencegah obesitas pada anak
Foto: Pexels.com

Saat melihat fisik anak berubah jadi lebih gemuk, kamu harus mengecek berat badannya secara rutin, ya, Dears. Buat jadwal cek bobot tubuh, misalnya seminggu sekali. Ketahui juga tinggi badan si kecil. Sebab bisa saja berat badan anak naik, dikarenakan buah hati bertambah tinggi.

Jangan sepelekan kenaikan berat badan anak yang drastis. Ingat bahwa anak yang mengidap obesitas berpotensi mengalami beragam penyakit kronis. Yuk, cegah obesitas pada anak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *