Badan Mudah Lelah? Mungkin Kamu Kurang Berjemur, Dears!

Dears, lelah sering dialami oleh kebanyakan orang yang memiliki aktivitas cukup padat di setiap harinya. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika jarang beraktivitas namun tubuhmu cepat lelah, hingga mata berkunang-kunang seperti akan pingsan?

Jika kamu pernah mengalami hal seperti di atas, coba perhatikan kembali kebiasaan sehari-harimu, Dears. Kebiasaan yang kurang sehat atau salah juga berpotensi memperburuk kesehatan tanpa kita sadari, seperti halnya kurang paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Sayangnya, bagi kebanyakan orang, berjemur di bawah terik matahari menjadi salah satu kebiasaan yang tidak disukai, padahal manfaatnya luar biasa, lho!

Kegiatan berjemur seringkali diabaikan dengan alasan karena takut dengan terik matahari yang menimbulkan kulit terbakar akibat paparan sinar UV. Pernyataan seperti itu juga tidak salah jika berjemurnya di atas jam 11 siang. Sedangkan selama kita tahu kapan waktu terbaik untuk berjemur. Manfaat yang kita dapat juga maksimal dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Kapan Waktu Terbaik Berjemur?

Waktu terbaik yang disarankan ketika berjemur adalah di pagi hari sekitar pukul 8 hingga 9 pagi, selama 15 hingga maksimal 30 menit tanpa menggunakan pelindung kulit. Jika melebihi waktu tersebut disarankan menggunakan pelindung kulit, seperti tabir surya, karena paparan sinar UV sangat berbahaya mulai jam 11 hingga 1 siang.

Untuk yang enggan berjemur langsung masih diperbolehkan di dalam rumah yang sinar mataharinya menembus kaca. Meski melewati kaca, namun pantulan sinarnya tetap dapat dirasakan oleh tubuh untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari.

Manfaat dan Dampak Jika Tidak Berjemur bagi Tubuh

Manfaat utama yang kita dapatkan dengan berjemur, terutama di pagi hari, adalah produksi vitamin D secara alami di dalam tubuh yang diperlukan untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang. Untuk itu, tak heran jika bayi pada umumnya di jemur di pagi hari dengan maksud untuk membantu proses pembentukan tulangnya.

Pada orang dewasa juga tetap membutuhkan vitamin D, ya, Dears. Jika kekurangan vitamin ini dampak paling nyata dapat menyebabkan tubuh mudah lelah hingga sampai pingsan pada sebagian orang. Selain itu, kekurangan vitamin ini juga memperburuk kondisi jantung dan mengakibatkan kecenderungan mengalami penyakit lemah jantung.

Selain itu, kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan timbulnya berbagai masalah seperti penyakit diabetes tipe 1, nyeri tulang dan otot, kanker payudara, prostat, ovarium, usus besar, dan kerongkongan. Untuk itu, selama tubuh dapat menghasilkan vitamin D dengan berjemur, sebaiknya manfaatkan kegiatan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, meski kelihatan sepele dan banyak yang kurang menghiraukan manfaatnya, ternyata jika tubuh kurang paparan sinar matahari dapat berpengaruh pada kesehatan, Dears. Mulai sekarang, biasakan untuk berjemur di pagi hari minimal 3 kali dalam seminggu, ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *