Badan Makin Melebar Saat #DiRumahAja, Dears? Kenali 5 Jenis Diet Ini Sesuai Kebutuhan Badanmu!

PSBB dan anjuran untuk tetap #dirumahaja, bikin angka timbangan bertambah besar? Sepertinya banyak yang memiliki pengalaman serupa, ya. Berkurangnya aktivitas fisik dan banyaknya waktu luang membuat jumlah kalori yang dibakar mengalami penurunan.

Sudah mencoba beragam diet tapi belum berhasil? Kenali dulu jenis diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan apa saja keuntungannya. Nah, berikut beberapa jenis diet, cara melakukannya, dan beberapa kelebihannya. Mungkin salah satunya adalah yang kamu butuhkan, Dears.

Dukan

https://nova.grid.id/

Jenis diet ini diciptakan oleh seorang ahli nutrisi dari Perancis bernama Pierre Dukan. Diet Dukan, diklaim ampuh dalam menekan produksi hormon yang menimbulkan rasa lapar, mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga cepat menurunkan berat badan. Diet Dukan menitikberatkan pada konsumsi makanan dengan protein tinggi, aneka jenis oatmeal, perbanyak asupan air putih, dan ritual rutin berjalan kaki dengan ritme cepat selama minimal 20 menit setiap hari.

Paleo

Diet ini juga dikenal sebagai diet manusia purba. Diet Paleo mewajibkan penganutnya hanya mengonsumsi asupan dari aneka buah, sayur, serta kacang-kacangan. Haram untuk memasukkan makanan dengan kandungan gula, susu, gandum, dan makanan olahan lain sebagai menu sehari-hari. Diet ini cocok untuk menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula dalam darah, mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang tinggi.

Mediterania

food.detik.com

Disebut diet mediterania karena diet ini menganjurkan untuk meniru kebiasaan konsumsi makanan orang-orang di wilayah Mediterania. Makanan mediterania identik dengan kandungan omega 3 dan lemak sehat yang tinggi. Asupan ini bisa didapatkan dari ikan, minyak zaitun, buah, sayur, serta kacang-kacangan. Diet ini bagus untuk pencernaan yang bermasalah, karena bisa meningkatkan produksi bakteri baik untuk kesehatan ususmu, Dears. Diet mediterania bahkan bisa membuat pelakunya terhindar dari stress, berfungsi meningkatkan massa otot dan kesehatan tulang.

Keto

Diet keto adalah jenis diet yang juara dalam mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Diet keto memiliki fungsi membakar lemak untuk memproduksi energi. Diet ini dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan lemak. Tujuannya adalah untuk mendapatkan energi dari pembakaran lemak tubuh, atau dengan kata lain mencapai kondisi ketosis, Dears.

Mayo

Menjalani diet mayo, memaksamu mempertahankan kebiasaan pola hidup sehat. Mampu menurunkan berat badan dan menganjurkan menu makanan yang terukur nilai kalorinya. Dalam diet mayo ada piramida makanan yang wajib diperhatikan. Posisi terbawah ditempati oleh kelompok buah dan sayuran. Sedangkan protein dan karbohidrat memiliki porsi yang lebih kecil. Sedang menjalani diet mayo? Olahraga adalah hal yang wajib dilakukan, ya.

Apapun jenis diet yang kamu pilih, pelajari dulu dengan seksama. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter pribadimu. Tak ada hasil yang bisa didapatkan secara instan, lakukan semua proses dengan benar, agar kesehatanmu tetap terjaga. Tak ada gunanya mampu menurunkan berat badan secara cepat, tapi berisiko pada kesehatanmu, Dears.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *