Atur Ulang Pola Hidupmu dengan 5 Cara Ini agar Lebih Produktif

Produktivitas sejatinya tidak bergantung dari mana seseorang itu bekerja. Baik bekerja di kantor ataupun di rumah, seseorang masih tetap bisa melakukan hal-hal yang produktif. Sayangnya, seringkali gangguan-gangguan kecil dalam hidup kita mengganggu diri sendiri untuk bisa bekerja lebih produktif lagi. Entah itu dari diri sendiri, maupun dari luar diri.

Tak jarang gangguan tersebut muncul karena kebiasaan yang tanpa sadar kita bentuk. Oleh karena itu, untuk bisa lebih produktif lagi, kita perlu untuk menata ulang pola hidup kita. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur ulang pola hidup agar bisa lebih produktif lagi.

1. Bersihkan Ruangan

Foto: Pexels

Ruangan yang bersih dan rapi akan membantu kita untuk membangun mood saat bekerja. Ada baiknya, sebelum mulai aktivitas apa pun, mulailah dengan membersihkan area kerja kita. Rapikan kembali barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi.

2. Tentukan Target

Foto: Pexels

Target adalah capaian yang ingin kita capai dalam kurun waktu tertentu. Hal ini biasanya akan sangat membantu kita memotivasi diri untuk lebih produktif. Tidak ada salahnya kamu juga membuat target-target khusus untuk dirimu sendiri, Dears. Siapa tahu dengan cara ini akan membuatmu lebih semangat lagi.

3. Atur Rutinitas Harian

Foto: Pexels

Rutinitas harian yang kita lakukan sudah semestinya haruslah sejalan dengan target yang sudah kita buat. Jangan sampai target yang sudah dibuat hanya menjadi pemanis dinding atau meja kerja kita saja. Cobalah buat rutinitas harian dan mulai disiplin menjalankannya.

4. Tantang Diri Sendiri

Foto: Pexels

Kamu juga bisa membuat tantangan untuk diri sendiri lho, Dears. Tantangan tidak membuka HP dan sosial media pada waktu tertentu misalnya. Atau, kamu juga bisa mulai tantangan bangun pagi. Buat tantangan dan tentukan selama berapa lama kamu akan melakukannya. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Apakah kamu berhasil menjalankannya atau tidak. Tantangan semacam ini akan sangat membantu kita untuk membentu pola hidup jika dilakukan secara berulang dalam waktu yang lama.

5. Menulis Jurnal

Foto: Pexels

Jurnal selain dapat digunakan untuk mencurahkan isi hati, ternyata juga bisa kita pakai untuk merencakan agenda-agenda dan list pekerjaan yang ingin kita selesaikan dalam sehari, seminggu, maupun sebulan. Dengan cara ini, hidup kita juga akan lebih jauh terorganisir dan produktif lagi.

Itu tadi 5 langkah mudah yang bisa kamu tiru dalam mengatur ulang pola hidup agar lebih produktif lagi. Selamat mencoba, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *