anisa rahma

Anisa-Anandito, Dari Kenalan Hingga Pelaminan, Semua Dilalui Secara Syar’i

Seminggu terakhir, dunia hiburan tengah diramaikan dengan berita pernikahan Anisa Rahma Adi atau yang dulu dikenal sebagai Anisa Chibi. Iya, salah satu mantan personil girl band Cherrybelle itu menikah dengan Anadito Dwi Sepdiawan. Ramainya diperbincangkan karena sepasang anak muda yang telah resmi menjadi suami istri itu melewati rangkaian proses syar’i dalam hubungan mereka, dari awal hingga menikah.

Kisah Anisa dan Anandito yang sekaligus dijadikan sebuah project kerjasama ini sangat patut dijadikan panutan terutama bagi para single Sholih dan Sholihah untuk bisa menjalani hubungan yang sesuai dengan aturan agama Islam. Sangat baik untuk dijadikan teladan di tengah maraknya pergaulan muda mudi yang bebas di luar sana. Kisah mereka merupakan cermin bagaimana seorang laki-laki dan perempuan berhubungan.
Tak berhenti sampai di situ, semua proses dalam acara pernikahan mereka juga dilakukan secara syar’i. Simak aja yuk Dears penjelasan lengkapnya.

Melalui Proses Ta’aruf

anisa rahma
Foto: Instagram @anisarahma_12

Zaman sekarang sudah sangat umum anak muda menjalin hubungan pacaran. Dimulai dari ikrar jadian hingga menjalani hari-hari sebagai sepasang kekasih. Sudah sangat umum melihat anak muda bergandengan tangan, bermesraan bahkan di ruang publik dengan status yang belum diakui secara agama dan negara. Hubungan pacaran itu juga yang umum dijalani sepasang kekasih sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah.
Namun tidak dengan Anisa dan Anandito. Keduanya tidak mengenal hubungan pacaran sebelum menikah. Bahkan mereka hanya sempat bertemu 3 kali saja mulai dari perkenalan hingga pernikahan. Iya, mereka menjalani proses ta’aruf.

Ta’aruf dalam Islam memang dilakukan untuk mengenal calon pasangan sebelum mantap melangkah ke pernikahan. Proses ini menghadirkan kedua calon dengan perantara untuk saling mengenal data diri masing-masing, karakter bahkan soal pandangan hidup. Kedua calon juga harus bertemu untuk melihat secara langsung sebagai bahan pertimbangan.
Di era milenial ini sangat pantas untuk diapresiasi pasangan yang masih memegang teguh syar’iat Islam dalam menjalani perkenalan sebelum menikah. Hal ini bertujuan untuk saling menjaga kehormatan satu sama lain dan untuk menghindari dosa akibat zina.

Tanpa Foto Prewedding

anisa rahma
Foto: Instagram @anisarahma_12

Selesai ta’aruf dan yakin dengan keputusan masing-masing untuk melangkah ke pelaminan, Anisa dan Anandito masih tetap konsisten memegang aturan Islam. Tidak seperti kebanyakan pasangan lain yang melakukan sesi foto prewedding, keduanya justru tidak melakukannya.

Pilihan Editor:

Bikin Baper Para Singlelillah, Ini Dia 7 Fakta Perjalanan Cinta Anisa Rahma dan Anandito yang Bikin Iri

Tradisi berfoto sebelum pernikahan itu memang sebenarnya tidak ada dalam Islam. Hal ini tidak dianjurkan dalam Islam karena adanya unsur bercampur antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya. Tentu saja ini dilarang untuk menghindari dosa.

Anisa dan Anandito justru merencanakan sesi foto postwedding setelah mereka resmi menjadi sepasang suami istri. Sesi foto ini juga termasuk dalam lanjutan kerjasama mereka. Rencananya akan mereka lakukan di Korea sembari berbulan madu. So sweet banget kan, Dears?

Tata Rias dan Gaun Pengantin Syar’i

anisa rahma
Foto: Instagram.com/anisarahma_12

Sudah menjadi barang tentu bahwa sebuah pernikahan haruslah ada penampilan yang tidak biasa. Pengantin yang biasa dijuluki sebagai ratu dan raja sehari tidak lengkap rasanya tanpa riasan dan busana yang indah.
Ini pula yang ditunjukkan di acara akad nikah Anisa dan Anandito hingga acara resepsinya. Anisa mengenakan gaun putih bersih di acara ijab qabul, senada dengan baju setelan yang dipakai Anandito. Sedangkan untuk acara resepsi di malam harinya keduanya nampak sangat serasi dengan pasangan gaun dan jas berwarna pastel.
Dalam tampilan mereka yang sempurna itu, mereka tetap tidak meninggalkan kaidah-kaidah Islam. Terlihat dari gaun yang dikenakan Anisa berbentuk gamis panjang yang longgar lengkap dengan jilbab lebar yang menutup bagian dada. Untuk riasan wajah, Anisa juga mengaku tidak mencukur alisnya seperti yang diharamkan dalam hadits Nabi SAW.

Sebuah potret pernikahan pasangan muda yang sangat menginspirasi ya, Dears. Nggak ada salahnya contoh yang baik ini kita ikuti atau kita teruskan di masyarakat kita. Selain semua prosesnya yang nggak ribet, kita pun juga bisa terhindar dari dosa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *