Anak Suka Bohong? Lakukan 6 Langkah Sederhana Ini Agar Buah Hatimu Berani Berkata Jujur

Dears, kamu tentu tidak ingin memiliki anak suka berbohong, bukan? Dalam hal apa pun setiap orang tua pasti mengharapkan kejujuran melandasi jiwa anak-anaknya sebagai salah satu bekal menghadapi kerasnya kehidupan di masa yang akan datang.

Akan tetapi, mengarahkan anak agar tidak berbohong ternyata bukan perkara instan. Perlu pembiasaan sejak dini untuk bisa membuat mereka tidak melakukan hal buruk ini. Bagaimanapun, cara mendidik dan lingkungan berpengaruh besar pada kemauan anak untuk tidak berbohong dalam segala hal dan kepada siapapun, terutama orang tua.

Lalu, bagaimana caranya agar anak tidak berbohong? Simak langkah sederhana berikut ini, Dears!

1. Berikan Contoh

Bagi anak, orang tua adalah teladan terbaik. Segala perkataan dan perbuatan orang tua akan dengan mudah dicontoh anak. Selalu menjaga diri dari berkata dan berbuat bohong adalah langkah utama mengajarkan anak tentang kejujuran.

2. Tanamkan Pengertian untuk Cerita Apa Adanya

Mengalami kejadian seburuk apa pun tidak seharusnya ditutup-tutupi. Sedini mungkin anak harus dipahamkan bahwa berkata bohong hanya akan menyulitkan dirinya sendiri.

3. Hindari Memberi Banyak Aturan

Orang tua sering tidak sadar memberikan terlalu banyak aturan untuk memproteksi anak. Niatnya mungkin baik, yaitu agar anak disiplin, rapi, tertib, dan tujuan baik lainnya. Akan tetapi, terlalu banyak aturan justru akan membuat mereka terkekang dan ingin berontak. Buatlah aturan sesederhana mungkin dan buatlah anak mengerti bahwa aturan itu dibuat untuk kebaikan mereka.

4. Beri Anak Ruang untuk Berkata Jujur

Cobalah untuk mendengarkan dan menyimak dengan baik. Berikan komentar semestinya dan tidak memojokkan. Anak-anak yang sering disalahkan dan dipojokkan tanpa ada upaya orang tua untuk memahami, jika dibiarkan hanya akan membuat jiwanya kerdil dan bermental lemah.

5. Beri Pujian Saat Berbuat Baik

Memberi anak pujian saat berbuat baik membuat anak terdorong untuk selalu berbuat baik dan terus mengulangnya. Jangan hanya ketika berbuat salah saja anak ditegur,ya, Dears!

6. Evaluasi Hubungan Saat Ini

Bisa jadi anak berbohong karena sedang mencari perhatian. Kualitas hubungan yang kurang baik mendorong anak berbuat tidak semestinya untuk mendapatkan perhatian khusus dari orang tua. Yuk, limpahi anak-anak dengan perhatian dan kasih sayang sewajarnya, agar mereka mengerti bahwa mereka tidak perlu mencarinya dengan cara yang kurang baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *