Anak Penurut Tak Selalu Baik, Inilah Alasannya

Dears, sebagai orang tua tentunya kita selalu menginginkan memiliki anak yang tidak suka membantah. Alangkah senangnya memiliki buah hati yang mudah diatur. Orang tua tidak perlu repot lagi memikirkan berbagai cara agar anak selalu mematuhi apa yang diperintahkan kepada mereka.

Akan tetapi, kamu harus berhati-hati dalam mendidik anak, ya, Dears. Jangan sampai terlalu memaksakan anak jadi penurut secara berlebihan sehingga membuatnya tidak punya alasan sama sekali untuk menolak perintahmu. Membentuk anak jadi terlalu penurut itu tidak selalu baik. Inilah alasannya:

Anak Menjadi Kurang Kreatif

Seorang anak yang dibentuk jadi penurut akan menjadi anak yang kurang kreatif karena ia sudah terbiasa mengikuti apa yang diperintahkan. Ia jadi tidak memiliki inisiatif untuk melakukan segala sesuatu atas dasar keinginannya sendiri. Ide-ide kreatif akan terhambat karena kurang mendapat kesempatan untuk dikembangkan.

Anak Menjadi Tidak Mandiri

Jika hanya menurut saja, anak akan menjadi kurang mandiri. Ia selalu bergantung kepada orang lain. Anak selalu merasa takut berbuat salah dan kurang percaya pada dirinya sendiri.

Anak Tidak Memiliki Pendirian

Anak yang terbentuk penurut bisa menjadi orang yang kurang berpendirian dan tidak memiliki keteguhan hati. Ia akan selalu ragu karena tidak yakin pada dirinya sendiri. Hal ini bisa membuatnya selalu sulit dalam mengambil keputusan.

Mudah Dipengaruhi dan Dikendalikan Orang Lain

Ini juga bisa jadi suatu masalah bagi anak penurut. Karena pendiriannya yang labil ia mudah dipengaruhi orang lain. Tentu saja akan baik kalau pengaruh yang datang membawa ke arah kebaikan. Namun jika sebaliknya, akan memberikan dampak yang buruk pula bagi dirinya.

Dears, tentunya kita juga tidak ingin memiliki anak yang pembangkang, bukan? Namun ketika menginginkan anak mematuhi keinginan orang tuanya, didiklah mereka menjadi patuh terhadap orang tua karena memiliki alasan yang benar. Jadi mereka melakukan sesuatu karena mengerti bahwa apa yang dilakukannya adalah suatu pekerjaan yang baik. Mereka akan ikut bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya, bukan hanya sekadar melakukan perintah saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *