Anak Mimisan Bikin Panik? Tenang, Dears, Ini 5 Cara Pengobatan yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Dears, pernahkah mengalami kejadian anak mimisan dan hidungnya mengeluarkan darah? Setiap orang tua pasti bingung saat melihat darah segar membasahi baju si kecil atau bantalnya di saat tidur. Sebetulnya, mimisan lumrah dialami siapa pun. Akan tetapi bila hal ini dialami oleh si kecil tentu rasa khawatir orangtua lebih besar, bukan?

Mimisan tidak terjadi begitu saja. Ada banyak hal yang memicu terjadinya mimisan, seperti hidung terkena benda keras, si kecil mengorek-ngorek hidungnya, cuaca terlalu kering, atau infeksi.

Bila anak mimisan, hal pertama yang harus dilakukan orang tua adalah menenangkannya. Kita bisa memintanya duduk tenang dan tidak menangis. Katakan padanya dengan sayang bahwa penyakitnya bisa segera disembuhkan. Setelah si kecil berhasil ditenangkan, lakukan enam langkah penting berikut ini.

1.Tekan Pangkal Hidungnya dengan Ibu Jari dan Telunjuk

Lakukan langkah ini sekitar 5 sampai 7 menit tanpa dilepas. Biasanya anak akan bernapas melalui mulutnya dan mimisan berhenti karena darah membeku. Luka bekas mimisan membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari. Akan tetapi, bila hidungnya dikorek-korek kembali, maka si kecil akan mimisan lagi.

2. Hindarkan Asap Rokok

Hindari anak dari pengaruh asap rokok karena asap rokok mengeringkan lapisan di dalam hidung. Inilah yang menyebabkan pembuluh darah halus di hidung mudah berdarah.

3. Kurangi Mengonsumsi Aspirin

Pada kondisi anak mimisan, aspirin membuat darah lebih encer dan dikhawatirkan sulit untuk membeku.

4. Beri Krim Antibiotik Jika Diperlukan

Jika perlu, dokter biasanya akan memberikan resep krim antibiotik untuk mengatasi infeksi di hidung yang menjadi penyebab pendarahan.

5. Bawa ke Dokter

Dears, bila semua upaya sudah dilakukan tetapi pendarahan belum sembuh segera bawa ke dokter. Bisa jadi si kecil membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Jika pendarahannya agak banyak, biasanya dokter berupaya menghentikan dengan cara “membakar” pembuluh darah halus yang robek dengan alat yang dimasukkan ke dalam lubang hidung.

Demikian langkah mudah mengatasi anak yang mimisan, Dears. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah menjaga untuk tidak menampakkan kepanikan dan ketakutan berlebihan di depan anak. Sebab bila anak melihat kita panik, dia akan sulit ditenangkan dan pengobatan pun makin sulit dilakukan. So, be calm, ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *