Anak-Anak Bingung Hadapi New Normal? Ini Tip untuk Membantu Mereka!

Penetapan status pandemi Covid-19, membuat kita semua harus menghadapi banyak perubahan dalam kehidupan. Hal ini merupakan hal baru bagi semua orang termasuk anak-anak. Banyak hal baru yang membingungkan, ya, Dears. Para orang dewasa pun, masih banyak yang belum memahaminya, apalagi anak-anak.

Saat inilah peran orang tua sangat penting untuk membuat anak-anak mengerti kondisi yang harus dialami dan beradaptasi dengan beragam perubahan. Perubahan tentang cara berinteraksi merupakan satu yang jelas terlihat. Dulu, kita terbiasa menyuruh anak untuk salim dan mencium tangan orang dewasa saat bertemu, tapi kini, itu adalah hal yang pertama harus dihindari. Perubahan ini pasti membuat si kecil bingung.

Untuk membantu anak-anak mengatasi kebingungan terhadap perubahan, ada beberapa tips dari Najeela Shihab yang bisa diterapkan, nih, Dears.

Cari Informasi Bersama

Perubahan di masa new normal ini merupakan hal baru yang dihadapi semua orang. Bahkan para pakar kesehatan pun, masih harus banyak belajar menghadapi situasi pandemi ini. Kondisi ini bisa menimbulkan kepanikan dan kecemasan pada si kecil. Peran kita sebagai orang tua, untuk membantu mereka mengatasi rasa ini. Berikan informasi yang benar dengan bahasa mereka, agar mudah dipahami. Bila perlu, carilah informasi bersama-sama tentang kondisi yang harus dihadapi.

Beri Contoh

Pict by. Fimela.com

Banyak kebiasaan yang harus berubah di masa new normal. Hal ini membutuhkan proses dan waktu untuk diterapkan. Agar pembiasaan ini efektif, anak-anak perlu diberi contoh. Daripada hanya menyuruh secara lisan, lebih baik kamu lakukan hal-hal yang sesuai dengan protokol kesehatan. Berikan contoh untuk sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan.

Tularkan Optimisme dan Rasa Berguna

Pict by. Nakita.ID

Orang tua yang panik akan membuat anak-anak merasakan hal yang sama. Jadi penting kiranya untuk selalu menunjukkan rasa optimis kepada anak-anak. Manusia diberi kelebihan akal dan pikiran, dengan modal ini, kita pasti bisa melewati semua perubahan. Selalu libatkan si kecil untuk mencari solusi dan mengutarakan pendapat, agar dia merasa memiliki peran dan andil dalam melewati masa sulit ini.

Ajarkan Empati

Pict by. CNN Indonesia

Masa sulit ini dialami hampir oleh semua orang di dunia. Ini merupakan saat yang tepat untuk memupuk rasa empati pada buah hati. Ajarkan anak-anak untuk mulai berbagi walau hanya hal sederhana kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Kamu bisa mengajarkan si kecil untuk berdonasi membantu orang di sekitar, Dears. Hal ini akan memberikan energi positif bagi banyak pihak untuk mampu menghadapi masa sulit ini.

Ajarkan Beradaptasi

Pict by. Parentalk

Semua orang akan mengalami perubahan. Bila anak terbiasa menghadapi perubahan, maka mereka akan mudah beradaptasi. Namun, tak perlu khawatir, Dears, anak-anak memiliki kemampuan beradaptasi lebih bagus dari pada orang dewasa. Hanya saja kita harus memberikan banyak wawasan dan informasi untuk mereka.

Dibalik semua kejadian dan peristiwa, pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Hal ini tentunya akan membuat kita menjadi manusia yang lebih baik. Pandemi ini pasti akan berakhir, walau memang kita takkan tahu kapan. Yang terpenting, harus selalu optimis dan tenang, ya, Dears.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *