9 Tips Hindari Sakit Mag Agar Lancar Berpuasa

Dears, tanpa terasa kita sudah melewati beberapa hari di bulan Ramadan. Apakah puasamu berjalan dengan baik dan lancar-lancar saja?

Sebagaimana yang kita ketahui, bagi umat Muslim, puasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan selama sebulan penuh. Namun bagi kamu yang memiliki penyakit mag, terkadang melakukan puasa akan mengalami kendala karena penyakit tersebut bisa kambuh pada saat kamu berpuasa. Tetapi sebenarnya tak perlu khawatir, Dears, kamu tetap bisa kok menjalankan ibadah puasa dengan lancar dengan mencoba beberapa tips simpel berikut ini. Baca, yuk!

1. Jangan Abaikan Makan Sahur

Beberapa orang terkadang enggan makan sahur karena merasa tidak nyaman makan di waktu yang tak biasa untuk makan. Namun bagi kamu yang berpenyakit mag sebaiknya jangan sampai melewatkan makan sahur. Akan lebih baik lagi kamu makan di saat menjelang berakhirnya batas waktu makan sahur (waktu imsak), sehingga lambung tidak kosong dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Jangan Tunda Berbuka Puasa

Berbuka puasalah tepat pada waktunya agar lambung segera terisi. Sebaiknya berbuka puasa dengan makanan porsi kecil dahulu. Lebih dianjurkan makan dengan porsi kecil tapi sering dibanding langsung makan dengan porsi yang besar.

3. Menghindari Makanan Pedas dan Asam

Makanan pedas dapat menimbulkan iritasi pada dinding lambung sehingga lambung akan terasa nyeri dan perih. Sedangkan makanan yang asam mengandung acid reflux yang akan meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut.

4. Menghindari Makanan yang Mengandung Gas Tinggi

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan gas dalam lambung, seperti pisang ambon, nangka, sawi, dan kol. Makanan mengandung gas ini akan membuat asam lambung cepat menjadi naik.

5. Konsumsi Karbohidrat Komplek pada saat Sahur

Karbohidrat komplek adalah karbohidrat yang lambat dicerna sehingga kamu merasa kenyang lebih lama. Makananan yang termasuk karbohidrat komplek antara lain, beras merah, roti gandum, kacang-kacangan, oatmeal, dan lain-lain.

6. Minumlah Air Putih yang Banyak saat Sahur dan Berbuka

Mungkin sebagian besar orang menyukai minuman yang manis-manis terutama saat berbuka puasa. Namun bagi penderita mag, lebih baik minum air putih yang banyak karena air putih dapat membersihkan lambung dari sisa makanan yang menempel di dinding lambung dan bisa menetralisir bakteri pada luka lambung.

7. Menghindari Kopi dan Minuman Bersoda

Minum kopi dan minuman bersoda akan memicu keinginan sering berkemih sehingga dapat menimbulkan dehidrasi. Jika sering berkemih akan mengeluarkan pula lebih banyak mineral dan garam dari tubuh yang sesungguhnya dibutuhkan pada saat berpuasa. Selain itu, kedua minuman tadi juga akan menyebabkan naiknya asam lambung.

8. Jangan Makan Menjelang Tidur

Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan ketika akan tidur. Jika itu kamu lakukan, maka akan memberi beban saluran pencernaan untuk segera memproses makanan pada saat seharusnya sudah beristirahat. Berhentilah makan tiga atau empat jam sebelum tidur.

9. Konsumsi Obat-obatan yang Dibutuhkan

Apabila perlu, kamu juga sebaiknya meminum obat secara teratur pada saat sahur dan berbuka untuk mengatasi penyakit mag yang kamu alami. Akan lebih baik bila berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dapat menentukan obat yang tepat untuk diminum.

Demikianlah, dengan melakukan tips-tips di atas semoga memperkecil kemungkinan kambuhnya penyakit mag pada saat kamu berpuasa ya, Dears. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *