8 Macam Spons Makeup yang Harus Kamu Pahami Kegunaannya, Cari Tahu yuk, Dears!

Spons menjadi salah satu aplikator yang banyak digunakan untuk mengaplikasikan makeup. Dengan menggunakan spons, makeup yang diaplikasikan ke wajah akan lebih merata dibanding menggunakan tangan. Saat ini spons makeup sudah banyak dijual dan dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko kosmestik. Jika kalian ingin membeli spons, Dears, sebaiknya pastikan dulu spons seperti apa yang dibutuhkan, karena saat ini terdapat banyak bentuk spons yang memiliki kegunaannya masing-masing.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut, Dears!

1. Basic Beauty Blender

Belum lama ini, beauty blender cukup populer sebagai barang wajib bagi para beauty enthusiast. Spons ini banyak digunakan karena bentuknya yang unik dan nyaman digunakan untuk meratakan makeup yang berbentuk cair. Cara penggunaanya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membasahi sedikit spons beauty blender dengan air sebelum digunakan untuk meratakan makeup.

2. Concealer Blender

Spons yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit mirip dengan bentuk beauty blender pada umumnya. Hanya berbeda pada bagian tengahnya saja, pada beauty blender jenis ini, bagian tengahnya dibuat cekung ke dalam untuk memudahkan kita saat memegangnya. Sesuai namanya beauty blender ini digunakan untuk mengaplikasikan concealer pada wajah. Selain bentuknya yang unik spons jenis ini juga memudahkan kita saat meratakan concealer pada bagian yang sulit dijangkau seperti bawah mata dan pinggir hidung.

3. Foundation Blender

Seperti halnya concealer blender, foundation blender juga memiliki bentuk yang mirip dengan beauty blender. Bedanya, spons ini memiliki bagian pipih yang berfungsi untuk meratakan foundation di bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti area hidung dan sekitar mata.

4. Contouring Blender

Contouring blender memiliki bentuk yang pipih dan rata. Hal ini dikarenakan spons jenis ini dikhususkan untuk melakukan teknik contouring pada wajah. Mengaplikasikan contouring blender biasanya digunakan dengan gerakan melingkar. Penggunaan contouring ini dipercaya bisa memudahkan dalam melakukan teknik contouring yang agak sulit.

5. Powder Sponge

Powder sponge atau biasa dikenal dengan spons bedak biasanya kita temukan dalam kemasan bedak yang dibeli. Spons jenis ini umumnya memiliki 2 bentuk, yaitu persegi dan lingkaran. Spons bedak ini digunakan untuk mengaplikasikan bedak pada wajah, baik bedak padat maupun bedak tabur.

6. Wedges Sponge

Berbeda dengan kebanyakan jenis spons lainnya, spons jenis ini memiliki bentuk bersudut. Spons ini dinilai baik untuk mengaplikasikan bb cream atau melakukan shading pada hidung dan tulang pipi.

7. Cellulose Sponge

Bila spons lain digunakan untuk mengaplikasikan makeup, berbeda dengan jenis spons yang satu ini. Cellulose sponge digunakan untuk membersihkan wajah. Spons ini memiliki pori-pori yang besar dan berdaya serap tinggi. Teksturnya yang lebih halus dari tisu membuat spons ini aman untuk digunakan dan tidak menimbulkan iritasi. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu menuangkan air dan sabun cuci muka pada spons, kemudian aplikasikan pada wajah dengan gerakan melingkar agar sisa makeup dan kotoran serta kulit mati pada wajah terangkat

8. Spons Silikon

Seperti namanya, spons jenis ini terbuat dari silikon. Bahan spons ini dapat memberikan hasil yang lebih merata dibandingkan dengan spons jenis lainnya. Selain itu, spons silikon juga lebih mudah dibersihkan daripada spons jenis lain.

Nah, Dears, itulah 8 jenis spons yang perlu kamu pahami kegunaanya. Jangan sampai salah pakai ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *