8 Jenis Makanan Berlemak Tinggi Ini Menyehatkan dan Sangat Penting

Makanan berlemak terasa sangat enak dan nikmat. Tapi, makanan tersebut membuat tubuh menjadi gemuk dan dapat menimbulkan beberapa penyakit. Sebenarnya, anggapan demikian tidak benar karena makanan berlemak terdiri dari lemak baik dan jahat. Lemak jahat adalah lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol (LDL) dan dapat menimbulkan risiko banyak penyakit di antaranya penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Lemak baik adalah lemak yang membantu melindungi jantung dan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Untuk menunjang kesehatan hendaknya kita banyak mengonsumsi lemak baik. Lemak tersebut terdapat pada:

1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung lemak baik, serat, zat besi, magnesium, dan antioksidan. Mengonsumsi coklat hitam lima kali dalam seminggu dapat terlindung dari penyakit jantung.

2. Selai Kacang

Selai kacang mengandung lemak baik dan kalori tinggi. Sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selai kacang enak dimakan dengan roti, dicampur blueberry smoothies, atau dioleskan pada buah pisang.

3. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak yang tinggi. Tapi tak perlu khawatir karena lemak yang terkandung adalah lemak baik, yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat enak dikonsumsi dalam bentuk jus.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya vitamin E, K, dan antioksidan sehingga mampu menurunkan kolesterol,
Tekanan darah, dan penyakit jantung. Gunakan minyak zaitun untuk menumis atau sebagai dressing saat membuat salad.

5. Telur

Telur adalah makanan yang mengandung lemak baik sehingga dapat dikonsumsi setiap hari. Selain itu telur juga mengandung karotenoid, dan zeaxanthin yang dapat menyehatkan mata.

6. Ikan Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 merupakan lemak baik yang terkandung dalam ikan salmon. Mengonsumsi dua porsi ikan salmon dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung, depresi, dan demensia

7. Kacang Mede

Kacang Mede layak sebagai camilan yang dikonsumsi setiap hari. Kandungan lemak baik, protein, dan magnesium pada kacang Mede baik untuk kesehatan jantung dan tulang.

8. Biji Chia

Biji chia atau chia seed adalah biji-bijian kecil berasal dari tanaman Salvia hispanica L tanaman yang tumbuh di Mexico, America Selatan. Namun sekarang telah masuk di Indonesia dan merupakan makanan favorit. Chia seed mengandung protein, serat, antioksida, dan lemak baik yang tinggi. Sehingga dapat melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah, dan penyakit jantung.

Mulai saat ini kami harus selektif dalam mengonsumsi makanan berlemak ya. Dan jangan menganggap semua lemak jahat, ternyata ada juga lemak baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *