8 Aktivitas Murah Meriah yang Bisa Kamu Lakukan di Akhir Pekan Bersama Keluarga

Akhir pekan adalah waktu yang ditunggu oleh seluruh anggota keluarga setelah berkutat dengan pekerjaan dan urusan sekolah. Pada akhir pekan biasanya anak-anak menuntut waktu kebersamaan yang menyenangkan. Namun kadang-kadang waktu berkumpul bersama seluruh anggota keluarga memerlukan biaya yang tidak sedikit, karena dibutuhkan dana untuk transportasi, biaya tiket tempat wisata, dan makan bersama. Orang tua perlu mencari alternatif acara kumpul keluarga yang murah meriah tanpa mengurangi kebahagiaan setiap anggota keluarga. Nah, ini dia beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di akhir pekan.

 

Bertanam di Kebun

Memiliki kebun yang tidak pernah ditengok atau digarap sendiri? Ini saatnya mengajak anak-anak bertanam di kebun, Dears. Anak akan tahu bahwa orang tua memiliki aset yang perlu diolah dan digarap, meskipun saat ini diolah dan digarap oleh orang lain. Anak bisa kita ajarkan hal-hal kecil seperti mencabuti rumput di sekitar tanaman pokok yang ditanam atau kita ajarkan menanam tanaman obat. Selain itu memberi pupuk bersama-sama juga mengajarkan pelajaran berharga untuk anak-anak bahwa tanaman juga perlu dirawat agar menghasilkan. Yang paling menyenangkan, tentu saja memanen hasil kebun untuk dinikmati di kebun. Mungkin buah-buahan atau kelapa muda, sambil mengajarkan anak kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan.

 

Main Lumpur di Sawah

Bermain bikin kotor, siapa takut? Tidak ada salahnya mengajak anak bermain di sawah. Untuk anak-anak, berjalan di pematang sawah itu luar biasa sulit, karena selain licin juga dibutuhkan keseimbangan agar tidak tergelincir. Di area persawahan kita akan menemukan banyak binatang dan tanaman yang mengundang rasa penasaran dan kekaguman bagi anak-anak. Beberapa binatang di sawah adalah binatang yang sudah jarang ditemukan di sekitar rumah, misalnya bekicot, sehingga dapat menjadi hal yang sangat menarik. Bahkan tanaman padi juga mengundang rasa penasaran yang luar biasa bagi anak-anak karena selama ini mereka hanya mengenal beras dan nasi. Yang paling menarik apabila kita menemukan orang-orangan sawah dan gubug di tengah sawah serta bagaimana petani mengusir kawanan burung yang memakan padinya.

 

Nostalgia di Pinggir Sungai

Bermain di sungai pada zaman lampau adalah kesenangan yang tiada tara. Sedangkan saat ini bermain di sungai untuk anak-anak tentu sangat mengkhawatirkan.  Pernahkan terbayang untuk menghadirkan kesenangan dan nostalgia kita bersama anak-anak di sungai? Kenapa tidak dicoba, Dears? Ajaklah anak-anak main di sungai alam, bukan sungai irigasi. Ajak mereka bermain air di antara bebatuan dan mencari ikan atau udang kecil di sela-sela batu. Bahkan beberapa anak yang punya ketertarikan terhadap bentuk dapat mengumpulkan batu-batu berbentuk dan berwarna unik untuk menambah koleksinya. Satu hal yang perlu diwaspadai, di sungai alam ada kemungkinan banjir, sehingga pastikan bermain di musim kemarau atau tidak sedang hujan. Jangan lupa untuk bergantian berjaga dengan suami atau orang dewasa lainnya sehingga saat cuaca tidak memungkinkan atau aliran air bertambah deras, segera keluar dan menjauh dari kawasan aliran sungai.

 

Memberi Makan Ikan di Kolam

Kolam ternyata juga sangat menyenangkan sebagai tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. Kamu dan keluarga bisa memancing atau berburu menggunakan ayakan ikan. Jika tidak memiliki kolam sendiri, tak ada salahnya ajak keluarga ke kolam pemancingan berbayar. Atau bisa silaturahim ke keluarga yang memiliki kolam. Tentu saja tidak harus selalu memancing dan berburu ikan di kolamnya. Memberi makan ikan di kolam, mengenali berbagai jenis ikan, dan duduk-duduk di tepi kolam sambil makan camilan juga cukup menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Lebih menyenangkan jika di tengah kolam ada gubug atau saung untuk beristirahat. Hemm, rasanya tidak ingin cepat beranjak pulang..

 

Mandi di Air Terjun

Beberapa kota memiliki air terjun alami yang belum tergarap menjadi objek wisata berbayar, atau kalau pun berbayar, harga tiketnya murah meriah dan sangat terjangkau. Ajaklah anak-anak bermain di air terjun dan rasakan sensasi pijatan air saat mandi di air terjun. Pastikan kondisi cuaca dan lingkungan bersahabat, ya, sehingga tidak membahayakan anak-anak. Air terjun sangat menyenangkan jika airnya jernih dan ini biasanya hanya ditemukan saat musim kemarau. Di arena ini seluruh keluarga bisa berswafoto dengan latar belakang air terjun dan di atas bebatuan yang ditumbuhi lumut.

 

Berinteraksi dengan Binatang

Bermain di kebun binatang tetap menyenangkan untuk anak karena binatang-binatang tersebut tidak ditemukan setiap hari. Beberapa kebun binatang sudah menerapkan sistim Interactive Zoo sehingga anak dapat bermain dan memberi makan binatang yang ada. Tiket masuk biasanya murah meriah. Namun jika benar-benar ingin gratis, kamu dapat mengajak anak bermain ke peternakan ayam, sapi, atau kambing di sekitar rumah. Pemilik biasanya tidak berkeberatan jika ada pengunjung yang datang apalagi jika kamu membeli produknya, seperti telur ayam/bebek atau susu kambing/sapi yang masih segar. Anak-anak biasanya diberi kesempatan untuk memegang dan memberi makan binatang yang ada. Jangan kaget kalau anak-anak enggan diajak pulang ya, Dears.

 

Jalan-jalan di Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Makan di luar rumah dengan budget terbatas? Bisa kamu lakukan dengan cara membawa makanan dan peralatannya dari rumah. Lakukan makan bersama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di dekat rumah. Sambil jalan-jalan pagi dan membiarkan anak bermain di ruang yang lebih luas, agendakan untuk makan bersama. Ruang Terbuka Hijau (RTH) biasanya menyediakan saung kecil dan meja kursi taman yang nyaman untuk acara makan. Bahkan kadang-kadang kita akan menemukan atraksi tradisional yang digratiskan untuk pengunjung. Yang paling menguntungkan, ketika berakhir pekan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah kita akan mendapatkan asupan oksigen yang luar biasa segar karena banyak pohon yang siap menyuplainya untuk kita.

 

Jogging di Alun-alun Kota

Car freeday setiap akhir pekan sudah dilakukan hampir di semua kota, meskipun lokasinya berbeda-beda. Momen ini bisa juga menjadi momen kebersamaan bagi keluarga kita. Jogging mengelilingi alun-alun bersama,  bersepeda beriringan, main bola dengan anak-anak, atau main gelembung sabun, kemudian diteruskan dengan santai di pinggir alun-alun kota sangat menyenangkan. Kadang-kadang kita bisa menikmati sarapan bersama dengan menu sederhana, seperti bubur ayam, atau opor sayur dilokasi car freeday. Murah meriah, dan yang penting tetap bersama keluarga tercinta ya, Dears.

 

Nah itu dia beberapa alternatif kebersamaan yang bisa kita lakukan dengan keluarga tanpa mengeluarkan banyak biaya. Selain murah meriah, banyak hal yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak dari alam di sekitar kita. Have a nice weekend!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *