7 Tradisi Unik Menyambut Hari Kemerdekaan, Nomor 7 Paling Seru

Agustus adalah bulan istimewa untuk negara kita tercinta. 74 tahun silam, dua tokoh nasional Indonesia memproklamirkan kemerdekaan bangsa yang terbebas dari penjajah asing.

Oleh karenanya, berbagai tradisi unik dirayakan untuk memperingati hari bersejarah ini. Setidaknya ada 7 tradisi di bulan Agustus yang dilakukan masyarakat Indonesia:

1. Pasang Bendera

Hanya di bulan Agustus, kamu akan menemui setiap rumah memasang bendera merah putih. Bahkan di sepanjang jalan, gang dan gapura perumahan, masing-masing penduduknya dengan sukarela memasang umbul-umbul serta bendera ukuran mini yang berjejer rapi sepanjang jalan. Melihat rentetan merah putih di mana-mana, membuat kamu merasa bangga lo jadi warga Indonesia.

2. Pedagang Bendera

Karena pemerintah telah mengeluarkan aturan mengenai pemasangan bendera saat bulan Agustus tiba, maka kamu pun akan menjumpai banyak pedagang dadakan yang menjual bendera merah putih di sepanjang jalan utama, dengan berbagai model dan ukuran. Alhamdulillah, bulan Agustus membawa keberkahan tersendiri ya, untuk sebagian orang.

3. Upacara Bendera

Puncak kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, akan diperingati dengan dikibarkannya Sang Saka Merah Putih dalam upacara. Tak hanya instansi pemerintah atau sekolah, upacara pengibaran bendera dilakukan oleh berbagai kalangan. Bahkan, beberapa di antaranya melakukan dengan cara yang unik. Ada yang melakukan pengibaran bendera di bawah laut, ada pula upacara bendera di puncak gunung.

Nah, buat kamu yang belum bisa menyempatkan hadir pada upacara bendera, jangan khawatir, Dears. Kamu bisa menyaksikannya lewat layar kaca, karena upacara bendera resmi dari istana negara selalu disiarkan langsung oleh semua stasiun televisi nasional.

4. Kerja Bakti

Biasanya, banyak dari warga yang berinsiatif melakukan kerja bakti dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka dengan sukarela bergotong royong membersihkan fasilitas umum, menghias area taman bermain, dan membuat gapura 17-an. Bahkan, ada yang melakukan kegiatan sosial untuk membantu penduduk sekitarnya. Kalau kegiatan positif seperti ini, harus ditiru, ya, Dears.

5. Renungan Suci

Acara lainnya yang dilakukan pada bulan Agustus adalah renungan suci. Renungan yang berisi doa ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan, yang telah mengorbankan jiwa raganya demi memperoleh kemerdekaan dari penjajah. Renungan ini dilakukan pada malam 17 Agustus. Para anggota militer, para siswa pasukan pengibar bendera, biasanya melakukan kegiatan ini sebelum esok hari mereka bertugas mengibarkan bendera.

6. Panggung Hiburan

Di beberapa daerah, perayaan hari jadi Kemerdekaan disambut suka cita dengan adanya panggung hiburan. Jenisnya pun beragam, menonton bersama melalui layar tancap, atau menampilkan pentas kreasi seni anak-anak dengan tema budaya Indonesia adalah yang paling sering dilakukan.

7. Lomba Tujuh Belasan

Gegap gempita hari kemerdekaan tentu tak lepas dari lomba, Dears. Hampir semua lingkungan mengadakan kegiatan ini. Mulai dari sekolah, kantor, bahkan sampai tiap kampung.

Berbagai macam perlombaan seru khas Agustusan seperti lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang adalah yang paling diingat. Buat kamu yang merindukan momen indah mengikuti aneka lomba ini, jangan khawatir, sebentar lagi kamu akan menjumpainya, Dears.

Bahkan, jika kamu belum berkesempatan merayakan lomba 17-an secara fisik, kamu bisa lo berpartisipasi melalui dunia maya. Lomba karya tulis, membuat konten dengan tema kemerdekaan adalah beberapa contoh lomba yang bisa kamu ikuti sebagai generasi milenial.

Jadi, sudah punya rencana apa untuk menyambut Hari Kemerdekaan negara kita, Dears? Tentukan kesertaanmu dari sekarang, yuk!

Merdeka!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *