7 Tips Tetap Bugar di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Meski baru sebagian wilayah saja yang merasakannya, namun dapat dipastikan bahwa bulan November sudah merupakan bulan hujan.

Bagi kamu yang kondisi fisiknya kurang fit, pasti akan mudah terkena berbagai penyakit seperti flu, batuk, demam, masuk angin, dan lain-lain. Jika kondisi ini dibiarkan, bukan tidak mungkin aktivitasmu menjadi terganggu.

Yuk, Dears, simak tips agar tetap bugar di bawah ini untuk mengantisipasi agar kondisi badanmu selalu fit di musim hujan.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih yang cukup sangat dianjurkan agar tubuhmu terhindar dari dehidrasi. Banyak orang yang malas untuk minum air putih di saat musim hujan karena merasa tidak haus. Padahal minum air putih tidak hanya saat merasa haus saja, karena tubuh tetap membutuhkan cairan yang cukup untuk bisa mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin

Pergantian musim ini sering membuat kondisi tubuh jadi menurun yang menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit. Agar tidak terlanjur sakit, sebaiknya perbanyak konsumsi vitamin, terutama vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, stroberi, jambu biji, kiwi, nanas, pepaya, dan mangga. Bisa juga dengan minum suplemen vitamin C yang banyak beredar. Namun ada baiknya baca dulu komposisi yang terkandung dalam suplemen tersebut sebelum membeli, ya, Dears.

3. Jaga Pola Makan

Pada musin hujan, biasanya nafsu makan meningkat, namun sayangnya metabolisme tubuh justru menurun. Jika keinginan untuk makan selalu dituruti, malah akan menyebabkan obesitas. Yang harus diingat adalah jangan tunda makan jika perut merasa lapar.

Bagaimana cara membedakan antara lapar dengan keinginan untuk ngemil? Bagaimana cara menyiasatinya? Jika kita merasa lapar, minumlah satu gelas air putih, kemudian tunggu 10-15 menit. Jika masih merasa lapar, berarti tubuh kita memang membutuhkan asupan makanan. Buat yang terbiasa ngemil, jenis camilannya bisa diganti dengan menyediakan buah atau makanan yang low sugar.

4. Tidur yang Cukup

Tips tetap bugar selanjutnya adalah tidur yang cukup. Seperti kamu ketahui, tubuh juga memerlukan istirahat setidaknya 6 jam dalam sehari, karena  dengan tidur, tubuh akan memperbaiki sistem metabolisme dan mengeluarkan racun. Selain itu, dengan tidur yang cukup, pikiran dan tubuh akan menjadi lebih segar dan tetap bugar kembali.

5. Cuci Tangan dengan Sabun Disinfektan

Kebersihan tangan adalah langkah pertama tubuh kita terhindar dari penyakit. Sebaiknya biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun disinfektan sebelum dan setelah selesai beraktivitas.

6. Bawa Hand Sanitizer Jika Bepergian

Jika kamu sedang bepergian ke luar rumah, jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer yang mengandung alkohol sebagai antisipasi saat tidak menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan.

7. Hindari orang yang sedang sakit

Upayakan untuk menghindari orang yang sedang sakit, apalagi jika merasa kondisi badan mulai tidak fit. Jika hal tersebut tidak dapat dihindari, sarankan yang bersangkutan untuk memakai masker agar penyakitnya tidak menular kepada yang lain.

Itu tadi beberapa tips tetap bugar yang sebaiknya kamu tahu, Dears. Sebenarnya tubuh kita akan mengeluarkan “sinyal” saat metabolisme menurun. Jangan abaikan dan segera minum vitamin bila perlu, terutama vitamin C. Minum madu dengan  air putih hangat  juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan menunggu sakit baru minum vitamin, ya Dears. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Sumber foto: Sahabatnestle.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *