solo traveling

7 Tips Solo Traveling untuk Introvert, Tetap Seru Meski Sendirian!

Berwisata memang selalu seru, apalagi jika bareng keluarga atau sahabat. Tapi, solo traveling juga enggak kalah serunya.

Meski bepergian seorang diri, akan banyak pengalaman baru dan sensasi menyenangkan yang bakal kamu dapatkan. Lumayan, buat re-charge energi sekaligus untuk menyegarkan pikiran.

Bagi kalian yang introvert, enggak perlu merasa khawatir bakal awkward selama bepergian sendiri. Kamu juga bisa menikmati keseruan demi keseruan melakukan solo traveling.

Yuk ikuti, 7 tips solo traveling buat introvert berikut ini!

 

1. Belajar cara membuka obrolan santai

Pict by. Kelas Cinta

Meski bukan tipe orang yang terbiasa basa-basi, tetap saja belajar membuka obrolan itu suatu hal penting. Cobalah membuka suatu percakapan dengan santai supaya momen solo traveling gak membosankan. Lagi pula, esensi traveling sendiri adalah kemungkinan untuk bertemu dengan orang-orang baru.

Jadi, gak ada salahnya kan membuat suatu percakapan singkat? Baik untuk bertanya rute yang kamu belum pahami, sekadar berbincang santai, atau untuk keperluan lain yang mungkin gak kamu duga sebelumnya.

 

2. Bawa jurnal atau buku bacaan untuk temani perjalanan

Pict by. Balai Bahasa Sumatera Utara

Saat bosan, isi waktu solo travelingmu dengan menulis jurnal atau membaca buku-buku seru. Disamping mengusir rasa bosan, kamu yang introvert juga dapat lebih menikmati atmosfer di sekitarmu lewat kegiatan sederhana tersebut.

Jadi, kalau kamu punya rencana solo traveling, jangan lupa masukkan jurnal atau buku inspiratif favoritmu ke dalam list barang bawaan.

 

3. Mendengar lagu dengan earphone saat mulai terganggu dengan keramaian

Pict by. Liputan6.com

Ada kalanya si introvert akan mulai merasa terganggu jika terlalu lama berada di tengah keramaian. Baik ramainya orang orang sekitar atau ramai karena bisingnya kendaraan, saat mulai merasa terganggu kamu mesti secepatnya mengatasi itu agar solo traveling kamu tidak terganggu.

Salah satu cara efektif meredam perasaan terganggu saat berada di tengah keramaian adalah dengan mendengarkan lagu kesukaanmu lewat earphone. Simpel, kan?

 

4. Hindari area duduk di tengah ruangan ketika berada di resto atau kafe

Pict by. Itjeher

Berada di tengah-tengah orang saat makan kerap membuat individu berkepribadian introvert merasa canggung. Apalagi jika makannya sendirian. Padahal yang kamu butuhkan saat ini adalah perasaan nyaman ketika sedang menikmati makanan.

Sekadar tips buat kamu yang introvert, coba hindari memilih area tempat duduk di tengah ruangan. Pilihlah, tempati area pinggir atau pojok ruangan di mana kamu gak akan merasa jengah dibuatnya.

 

5. Daftarkan diri ke kelas-kelas seru selama berwisata

Pict by. Udemy

Sebaiknya kamu aktif mencari informasi tentang kegiatan seru di destinasi solo travelingmu. Di beberapa kota tujuan wisata, ada yang membuka kelas seperti contohnya: memasak, beryoga, atau lainnya yang gak kalah mengasyikkan.

Selain bisa bertemu dengan orang baru, mengisi waktu dengan kegiatan akan lebih baik daripada harus bingung mau ngapain dan cuma berdiam diri di penginapan.

 

6. Gak ingin situasi terlalu ramai? Pilih momen solo traveling di waktu weekday

Pict by. Itjeher

Ingin bepergian ke tempat-tempat hits tapi malas kalau harus terjebak di antara padatnya pengunjung? Untuk menghindari masalah tersebut, kamu bisa melakukan kegiatan solo traveling di waktu weekday.

Setidaknya jika kamu memilih menyambangi suatu tempat ketika weekday, tentu keadaannya gak akan seramai ketika momen akhir pekan.

7. Jangan sungkan minta bantuan orang lain mengambil fotomu

Pict by. IDN Times

Kamu memang bisa membidik foto sendiri. Namun jika sudah jenuh berselfie ria, cobalah minta bantuan pada orang sekitar untuk mengambil foto dirimu. Biar gak terlalu canggung, kamu bisa mulai berinisiatif. Contohnya saat melihat ada sebuah keluarga yang sedang berfoto, tawarkanlah bantuan. Dari sana, kamu bisa balik minta tolong. Jangan pernah sungkan karena sebenarnya ini gak akan  se-awkward yang kamu bayangkan.

Buat para introvert, ini waktunya kamu buat memulai pengalaman solo traveling yang berkesan seperti orang-orang. Ikuti juga tips-tips yang bisa kamu lakukan, dijamin perjalanan kamu akan tetap seru walau pergi seorang diri!

 

Featured image: Photo by Visionpic.net on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *