atasi mual saat hamil

7 Tips Jitu Atasi Mual Saat Hamil Muda, Biar Hidupmu Lebih Bahagia

Hamil muda bagi sebagian ibu hamil adalah fase yang tak mudah untuk dilewati. Selama fase ini, kamu akan mengalami banyak keluhan sebagai reaksi alami dari perubahan tubuh. Salah satunya adalah rasa mual saat hamil muda. Menurut Dr. Marjojie Greefield, ahli kandungan dan penulis The Working Woman’s Pregnancy Book, sekitar 70% perempuan mengalami mual di awal kehamilan dan 50% mengalami muntah.

Setiap orang akan memiliki frekuensi mual dan muntah yang berbeda. Ada yang ringan, tapi ada juga yang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengatasinya. Yuk, catat cara mengatasinya!

1. Minum yang Cukup

atasi mual saat hamil
Foto: Pexels.com

Saat hamil, kebutuhan cairan dalam tubuh akan meningkat dibanding sebelum hamil. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 10-12 gelas per hari. Hal ini tak hanya akan memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu saja, tapi juga untuk menjaga suhu tubuhmu.

2. Makan Sedikit Demi Sedikit
atasi mual saat hamil muda
Foto: Pexels.com

Salah satu penyebab rasa mual saat hamil muda adalah asam lambung yang meningkat. Hal ini tak hanya memunculkan rasa mual yang tak tertahankan, tapi juga membuat nafsu makan menjadi berkurang. Sayangnya, kebutuhan nutrisi harian harus tetap terjaga agar janin dalam rahim bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Agar nutrisi tubuh tetap terjaga, kamu bisa makan sedikit demi sedikit tapi sering. Memaksakan makan banyak hanya akan memperberat kerja sistem pencernaan sehingga rasa mual justru akan semakin bertambah.

Kamu juga bisa menyiapkan camilan biscuit ke mana pun kamu pergi untuk menahan rasa mual, Dears. Jangan sampai perutmu kosong ya, Dears.

3. Konsumsi Jahe

atasi mual saat hamil
Foto: Hipwee.com

Bila kamu merasakan mual saat hamil muda, cobalah untuk mengkonsumsi jahe hangat untuk meredakan mual. Minumlah hingga rasa mual hilang. Selain jahe hangat, kamu juga bisa mengkonsumsi permen jahe atau olahan jahe yang lain saat mual datang.

4. Ketahui Hal yang Membuatmu Merasa Mual

atasi mual saat hamil
Foto: Pexels

Rasa mual biasanya datang dari sesuatu yang tidak kamu suka. Coba perhatikan apa saja yang membuatmu merasa mual. Apakah karena aroma masakan tertentu? Atau kamu punya sumber-sumber lain yang dapat memicu mual? Carilah tahu sumber-sumber tersebut agar kamu bisa menghindarinya.

5. Cium Aroma Wewangian yang Segar
atasi mual saat hamil
Foto: australiaunwrapped.com

Rasa mual pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh penciuman yang sensitive. Hal ini disebabkan oleh hormone esterogen pada masa kehamilan. Jadi, ketika kamu mencium aroma yang tidak kamu suka, kamu akan merasa mual dan muntah. Cobalah hirup aroma wewangian yang segar, seperti lemon atau rosemay untuk mengurangi mual saat hamil muda. Pilih wewangian yang mengandung bahan alami ya, Dears.

6. Alihkan Perhatian dengan Melakukan Hal yang Kamu Suka
atasi mual saat hamil
Foto: Pexels.com

Rasa mual terkadang memang cukup mengganggu. Kamu bisa mengalihkan pikiran dengan hal lain yang kamu suka untuk melupakan rasa mual sesaat. Kamu bisa memilih untuk membaca buku, bermain games, berjalan-jalan, atau berendam untuk rileksasi. Beberapa ibu hamil biasanya melakukan olahraga ringan untuk mengurangi rasa mual mereka.

7. Istirahat yang Cukup

atasi mual saat hamil
Foto: Pexels.com

Hal sederhana yang paling ampuh untuk meredakan mual dan berbagai keluhan ibu hamil adalah dengan istirahat yang cukup. Luangkan waktu untuk tidur sejenak. Menurut para ahli, tidur adalah cara yang paling tepat untuk menghindari morning sickness.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi mual saat hamil muda, Dears. Ingat, mual dan muntah yang kamu alami saat hamil adalah sesuatu yang wajar terjadi pada setiap wanita yang sedang mengandung. Maka, nikmatilah itu sambil melakukan banyak hal menyenangkan supaya janin dalam kandunganmu pun ikut bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *