7 Manfaat Bermain Boneka, Terlihat Sepele, Nyatanya Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

“Bermain adalah kebutuhan primer bagi anak. Dengan bermain, anak akan memiliki kesempatan untuk lebih berkembang, baik secara fisik, psikologi, sosial, akal, maupun ruhiyahnya. Bermain bersama dapat memperlihatkan kecenderungan fitrah anak, apakah cenderung suka berbaur dan berkelompok…” (Dr. Khalid Ahmad Syantut).

Dears, di era teknologi kini, terkadang gawai menggantikan peran mainan anak.  Meski gawai menyuguhkan aneka permainan edukasi, si kecil akan belajar lebih banyak dan efisien dari interaksi nyata, seperti bermain dengan boneka.

Ternyata bermain dengan boneka itu berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, karena adanya interaksi nyata antara anak dengan mainannya. Menurut Cosby S. Rogerd dan Janet K, pada usia 12-18 bulan anak mulai menggunakan objek sebagai simbol dan meniru tingkah laku, dan di usia 2 tahun ia mulai bermain dengan boneka.

Nah, Dears, apa sajakah manfaat bermain boneka yang penting untuk tumbuh kembang anak? Berikut 7 di antaranya.

1. Melatih Percaya Diri

Bermain dengan boneka membuat si kecil merasa mampu. Sesuatu yang belum waktunya dilakukan, sudah dapat ia simulasikan. Kesesuaian tugas dan kemampuan ini lebih mudah dan menjamin keberhasilan anak. Karena berhasil, anak merasa kompeten  dan lebih percaya diri.

2. Melatih Tanggung Jawab

Dengan mengenal berbagai kemampuan seperti menyuapi, memandikan, dan memakaikan baju pada boneka, anak belajar memahami arti sebuah tanggung jawab.

3. Melatih Mengendalikan Emosi

Bermain peran dengan boneka kesayangan, dapat digunakan untuk mengajarkan anak agar ia dapat mengendalikan emosinya. Caranya adalah dengan mengondisikan boneka seperti keadaan yang dialami oleh anak.

4. Melatih Imajinasi

Bermain dengan menggunakan boneka yang karakter dan bentuknya mendekati tokoh nyata, akan dapat mengembangkan imajinasi si  kecil. Biarkan imajinasi anak berkelana, seperti ‘menyulap’ sofa menjadi terowongan, ruang makan menjadi kastil, atau tempat ia menjamu teh boneka-bonekanya. Biarkan rumah menjadi tempat anak untuk mengeksplor ide dan imajinasinya.

5. Melatih Anak Bersosialisasi

Dengan bermain boneka, terlebih dengan teman sebaya atau kelompok bermainnya, akan melatih dan menumbuhkan jiwa sosial anak. Di sanalah anak akan belajar bersosialisasi.

6. Meningkatkan Kreativitas Anak

Ketika bermain, akan banyak ide permainan yang keluar dari anak. Ide-ide itulah yang menjadikan anak menjadi lebih kreatif.

7. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Dengan bermain boneka, anak akan lebih tertarik untuk mengenal dan memahami kata-kata yang diajarkan. Kosakata dan pemahaman bahasa anak sangat terbantu dengan bermain, apalagi bermain boneka.

Itulah 7 manfaat bermain boneka yang penting untuk tumbuh kembang anak. Dengan bermain boneka, anak akan memiliki kesempatan untuk bertumbuh dan lebih berkembang, baik dari segi kepercayaan diri, tanggung jawab, emosi, imajinasi, sosialisasi, kreativitas, maupun kemampuan bahasanya. Yuk, Dears, ajak anak bermain boneka hari ini, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *