7 Kondisi Ini Hanya akan Terjadi Selama Bulan Ramadhan, Kalau di Tempatmu Bagaimana Dears?

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat muslim. Karena di bulan inilah semua amal kebaikan yang dilakukan mendapat pahala berlipat dibanding bulan-bulan biasanya. Tak hanya amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan, banyak hal yang hanya bisa dilakukan saat datangnya bulan ini. Sehingga tak heran jika semua umat muslim selalu menanti kedatangannya.

Bulan ke sembilan dalam penanggalan kalender hijriyah ini menjadi salah satu bulan istimewa bagi umat muslim yaitu bulan Ramadhan. Amalan utama di bulan ini adalah dilaksanakanya puasa Ramadhan dan salat tarawih satu bulan penuh bagi orang yang sudah aqil baligh dan mampu secara fisik. Di bulan ini juga semua ibadah wajib pahalanya dilipat gandakan 70x, sedangkan amalan sunnah disamakan dengan pahala amalan wajib di luar bulan Ramadhan. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan datangnya bulan ini sebaik dan semaksimal mungkin.

Berbicara mengenai bulan Ramadhan, rasanya ada yang kurang jika tidak membicarakan mengenai kebiasaan dan kondisi yang hanya akan dijumpai saat bulan ini tiba. Kebiasaan tiap daerah pun berbeda-beda, namun pada hakikatnya semua memiliki tujuan untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Berikut di antara kondisi yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan terutama di Indonesia.

1. Penjual Makanan di Pinggir Jalan Meningkat

Image by Tribunnews

Saat bulan puasa tiba, hampir di setiap pinggir jalan banyak penjual dadakan yang hanya berjualan ketika Ramadhan tiba. Begitu istimewanya bulan pembawa berkah ini hingga dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk menjual aneka makanan menu buka puasa. Mulai dari beragam minuman, makanan camilan hingga lauk pauk tersedia di sepanjang jalan utama yang biasanya sepi penjual.

2. Ngabuburit

Image by Hipwee

Kegiatan menunggu waktu buka puasa tiba dikenal dengan istilah ngabuburit. Kegiatan ini dilakukan dengan beragam cara dan biasanya dilakukan anak muda. Mulai dari berburu kuliner untuk menu buka puasa, berjalan-jalan, bermain hingga hadir dalam ceramah menjelang buka puasa di masjid. Tujuannya mengalihkan rasa lapar dan haus saat mendekati waktu buka puasa dan kegiatan ngabuburit ini memiliki ciri khas tersendiri di masing-masing daerah di Indonesia.

3. Berbagi Makanan dengan Tetangga dan Saudara

Image by gomuslim

Bulan ramadhan menjadi bulan penuh berkah dan dilipat gandakannya pahala yang kita lakukan. Momen inilah menjadi kesempatan untuk berbagi kepada sesama, yang biasanya berupa makanan atau menu buka puasa kepada saudara atau tetangga. Bahkan ada juga yang memberikannya ke masjid untuk dimakan bersama sebagai hidangan buka puasa ataupun saat sahur dan dibagikan ke pengemudi di jalan.

4. Jumlah Jamaah di Masjid Meningkat

Image by Pinterest

Mungkin untuk kondisi ini hanya terjadi di beberapa tempat yang mayoritas warganya sibuk bekerja. Saat hari-hari biasa jamaah yang hadir untuk salat bersama di masjid hanya sedikit, namun ketika bulan Ramadhan terutama pada awal Ramadhan dan di 10 hari terakhir jamaah yang hadir ke masjid meningkat hingga di barisan shof terakhir. Meski hanya di bulan Ramadhan, alangkah lebih baiknya jika jamaah di masjid terus dipertahankan jumlahnya agar masjid yang sudah dibangun tidak hanya menjadi pajangan dan tempat beribadah saat hari raya dan salat jumat saja.

5. Antri dengan Imam Sholat untuk Minta Tanda Tangan

Image by Kompasiana

Pun untuk poin kelima ini bisa saja hanya terjadi di beberapa daerah saja. Anak-anak setelah selesai mengikuti sholat di masjid langsung menunggu imam keluar dari pintu utama masjid untuk meminta tanda tangan. Yap! buku kegiatan bulan Ramadhan yang diberikan kepada siswa tingkat SD isinya berupa amalan dan ibadah yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan wajib diisi semua dan dibuktikan dengan paraf, termasuk kegiatan salat tarawih ataupun salat wajib. Jadi tak heran jika anak-anak harus mengantri dan menunggu imam keluar dari masjid dan dimintai tanda tangan sebagai bukti bahwa si anak sudah melaksanakan salat.

6. Mengadakan Acara Bukber Mulai Teman SD Hingga Teman Kantor

Image by Tribun Timur

Acara buka bersama juga menjadi momen yang tak bisa ketinggalan saat datangnya bulan Ramadhan. Ajang untuk silaturahmi sekaligus reuni selalu dimanfaatkan oleh kebanyakan orang terlebih yang tidak pernah berjumpa lagi sejak lulus sekolah. Mulai dari teman SD hingga teman kantor yang biasanya bertemu tiap hari juga mengagendakan acara buka bersama ini. Terlebih saat menjelang akhir puasa ajakan untuk buka bersama justru semakin banyak. Padahal tahu sendiri jika akhir bulan puasa juga ada ritual rutin untuk beli baju baru ‘kan, Dears. Kalau kamu gimana Dears, apa setiap tahun selalu mengikuti acara buka bersama?

7. Berburu Baju dan Kue untuk Lebaran

Image by Pinterest

Nah, untuk yang satu ini juga kondisi yang bisa dikatakan relatif. Pasalnya tidak semua orang selalu berburu baju dan kue lebaran, terlebih orang dengan ekonomi yang sederhana tak mungkin untuk bisa mendapatkan satu setel baju baru meski ada keinginan untuk memilikinya. Namun bagi orang yang memiliki budget sendiri untuk lebaran, pastinya tidak mau ketinggalan untuk membeli satu set baju keluarga dengan motif dan corak yang sama atau orang biasa menyebutnya sarimbit. Tak ketinggalan juga kue lebaran atau berbagai camilan khas yang hanya ditemui saat lebaran tiba juga harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba.

Kalau di daerahmu bagaimana Dears, apa kondisi seperti itu masih ada dan hanya ada saat bulan Ramadhan? Namun sayangnya karena pandemi yang belum berakhir ini mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi pada Ramadhan tahun ini. Yang pasti perubahan apapun yang terjadi, jangan sampai mengurangi semangat untuk menjalani ibadah Ramadhan kali ini ya Dears.

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *