menjelang melahirkan

7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Menjelang Persalinan, Namun Nomor 6 Sering Terlewat

Semakin mendekati waktu persalinan, memang semua hal pasti akan dipersiapkan. Terlebih bagi ibu yang mengandung anak pertama. Belum punya pengalaman dalam persalinan, menemui kebingungan dalam menyiapkan segala sesuatunya memang sangat wajar.

Namun kadang pengetahuan yang minim bisa jadi menyebabkan persiapan menyambut kelahiran sang buah hati menjadi tidak sempurna. Padahal proses persalinan itu bisa dikatakan proses yang melibatkan nyawa ibu dan bayi. Jadi yang diharapkan oleh semuanya adalah keselamatan keduanya.

Dalam mempersiapkan persalinan, sangat penting bagi kamu untuk berdiskusi ya, Dears. Bukan hanya berdiskusi dengan suami, namun juga penting berdiskusi dengan anggota keluarga yang lain, bahkan dengan tenaga medis yang bisa membantumu. Semua agar proses persalinan berjalan sesuai rencana dan tidak menemui kendala yang berarti.

Hal-hal di bawah ini bisa mulai kamu persiapkan saat usia kehamilanmu memasuki trimester akhir atau bahkan bisa juga sejak awal kehamilan ya, Dears.

Fisik

menjelang persalinan
foto: pexels

Untuk yang satu ini akan lebih baik dipersiapkan sejak awal kehamilan. Apalagi jika kamu berkeinginan untuk bisa melakukan persalinan secara normal. Kamu bisa melakukan hal sederhana, mulai dari membiasakan diri berjalan kaki lebih sering dari biasanya. Bisa juga melakukan senam kehamilan sesuai yang disarankan ahli kandungan, melakukan yoga, berlatih merangkak, duduk di atas gymball, yang terpenting harus semakin banyak bergerak.

Tidak lupa, menjaga stamina menjelang melahirkan juga sangat penting. Ini juga bisa dimulai sejak awal usia kehamilan. Konsumsi makanan dan minuman yang baik untuk ibu hamil. Periksakan secara rutin tekanan darah agar kondisi badan tetap fit untuk menjalani proses persalinan.

Kebutuhan Bayi dan Ibu

menjelang persalinan
foto: pexels

Kebutuhan yang dipersiapkan untuk menyambut kehadiran anggota keluarga baru, biasanya seputar kebutuhan pakaian dan tempat. Dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi sebagian besar calon ibu. Mulai dari belanja perlengkapan bayi, hingga menyiapkan kamar atau tempat tidur untuknya.

 


Pilihan Editor:

Intip 3 Metode Persalinan Super Nyaman yang Bikin Para Bumil Nggak Parno Lagi Jelang HPL

7 Don’ts Dalam Menghukum Anak, Nomor 7 Paling Penting!

5 Tips Kembali Langsing Pasca Melahirkan, Ternyata Simpel dan Mudah


 

Untuk proses persalinan itu sendiri, hingga setelahnya, kebutuhan ibu juga tidak boleh terlewat untuk disiapkan. Mulai dari pakaian yang nyaman, pembalut khusus nifas dan kebutuhan lain yang membuat ibu nyaman. Bahkan kamu bisa menyiapkan bantal khusus dan selimut jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kamu bisa mulai menyiapkan semua itu dalam tas agar saat muncul tanda-tanda kelahiran, barang bawaanmu sudah siap, tanpa harus menunggu lagi.

Kendaraan

menjelang persalinan
foto: pexels

Yang satu ini juga sangat penting. Saat memasuki bulan di mana tanggal perkiraan kelahiran sudah semakin dekat, maka kamu juga harus memastikan ada kendaraan yang bisa membawamu ke klinik bersalin atau rumah sakit. Jika memiliki kendaraan sendiri, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap digunakan kapan saja.

Budget

menjelang persalinan
foto: pexels

Ini sudah pasti dan tidak bisa dilewatkan. Menyiapkan budget khusus untuk persalinan bisa dengan menabung. Juga sangat penting juga untuk menyiapkan budget tambahan untuk berjaga-jaga apabila proses persalinan membutuhkan penanganan khusus. Tentunya budget yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

Tenaga Medis dan Tempat Persalinan

menjelang persalinan
foto: pexels

Sejak awal kehamilan kamu perlu memilih dengan siapa kamu nyaman berkonsultasi tentang kehamilanmu dan yang kamu percayai untuk membantumu melahirkan nanti. Tidak masalah itu bidan atau dokter, yang terpenting kamu mendapatkan pelayanan yang baik sesuai keinginanmu.

Jika kamu berencana untuk melahirkan di klinik persalinan terdekat dengan dibantu bidan setempat, kamu tetap perlu mencari referensi rumah sakit dan dokter yang siap membantumu jika terjadi kondisi darurat yang tidak bisa ditangani oleh bidan. Kamu bisa meminta nomer kontak mereka agar sewaktu-waktu bisa dihubuingi ketika dibutuhkan.

Pendonor Darah

menjelang persalinan
foto: klikdokter

Ini satu persiapan penting tapi justru sering terlewat karena tidak banyak orang yang menyadari. Pendonor darah ini sangat dibutuhkan karena bisa saja saat melahirkan kamu mengalam kejadian tak terduga, seperti pendarahan misalnya. Dan belum tentu darah yang kamu butuhkan langsung teredia. Untuk itu kamu perlu meminta kesediaan orang lain sebagai pendonormu.

Yang paling mudah adalah mencari pendonor dari orang terdekat, saudara dan keluarga. Selain kemungkinan mereka pasti bersedia membantu, kemungkinan darahnya cocok denganmu juga besar.

Mental Psikologis

menjelang persalinan
foto: pexels

Kesehatan fisik ibu hamil memang sangat berpengaruh pada kelancaran proses persalinan. Namun, kondisi psikologis ibu juga menentukan keadaannya ketika melahirkan. Ibu yang mentalnya tidak siap ketika menghadapi kelahiran, bisa menemui kendala saat melahirkan. Misalnya, tekanan darah tinggi, proses kelahiran yang lama dan mengakibatkan baby blues syndrome setelahnya.

Karenanya, sangat penting untuk juga mempersiapkan mental ibu. Bisa dilakukan dengan cara meditasi, menetralkan pikiran, menghindarkan diri dari situasi-situasi menegangkan, dan merilekskan tubuh. Selain itu menguatkan diri dengan banyak-banyak berdoa juga sangat diperlukan. Dukungan moral dari keluarga dan terutama suami juga akan menambah semangat ibu menghadapi kelahiran.

Baik ibu hamil maupun orang di sekitarnya harus memperbanyak wawasan guna menghadapi kehamilan dan persalinan nantinya. Agar kita bisa menyiapkan dengan baik dan memperoleh kondisi sesuai harapan kita. Terlebih bagi pasangan suami istri yang mendapatkan pengalaman pertama, tentu segala hal yang masih baru itu harus disertai dengan pengetahuan dan kesiapan ya, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *